Comscore Tracker

Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia 

Jangan sedih mulu ya

Kebahagiaan adalah hal yang tentunya diinginkan oleh banyak orang. Tetapi terkadang kamu mungkin sering kali merasa tidak bahagia hanya karena beberapa hal kecil yang menggangu kehidupanmu. Kamu sering membandingkan hidupmu dengan orang lain yang kamu rasa sangat bahagia, padahal belum tentu mereka itu sesuai dengan apa yang kamu bayangkan. Sebenarnya, hidup bahagia tergantung bagaimana cara menjalaninya. Kebahagiaan tidak diukur dari apa yang ingin dan belum dimiliki tetapi bagaimana untuk selalu mensyukuri dan menikmati hidupmu sendiri. So guys, kalau saat ini kamu merasa sedang tidak bahagia, coba deh renungkan beberapa hal dibawah ini.

1. Kesedihan yang terlalu lama tidak ada gunanya

Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia unsplash.com/@tjump

Tidak apa-apa untuk merasa sedih sesekali tapi jangan berlarut-larut ya guys. Kesedihan dan menangis memang sebenarnya bisa memberikan manfaat kesehatan. Tapi, kamu harus bisa mengontrol diri kamu mana kesedihan yang baik dan bisa membuat kamu lebih peka dan produktif dalam berkarya misalnya. Jangan bersedih jika kesedihan itu tidak ada gunanya dan kalau kau masih bisa memperbaiki keadaan.

2. Setiap hari adalah kesempatan

Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia unsplash.com/@lawlesscapture

Setiap hari, semua orang mendapat kesempatan untuk memulai hidupnya kembali dari awal. Setiap hari adalah hari ulang tahun bagi semua orang. Jika hari-hari yang kamu jalani sebelumnya terasa sangat berat dan menyedihkan, mulailah untuk segera melupakan itu dengan tetap melakukan apa yang memang harus kamu lakukan. Tidurlah dengan cukup di malam hari sehingga kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiramu agar kamu terbangun di pagi hari dengan perasaan yang lebih baik, seolah kamu baru terlahir kembali.

3. Berhenti mengkhawatirkan hal yang tidak perlu

Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia unsplash.com/@punttim

Kamu harus belajar berkonsentrasi dan hindari memikirkan sesuatu terlalu jauh sehingga membuatmu mengkhawatirkan hal yang tidak perlu. Hiduplah dimana saat kamu berada sekarang. Selama kamu memiliki keyakinan dan tetap berusaha melakukan hal-hal baik yang kamu rasa perlu dilakukan, tidak ada yang perlu dicemaskan. Percayalah, setiap hal yang kamu usahakan akan selalu ada hasilnya. Meskipun belum tentu bisa memuaskan, apa yang kamu dapat tetaplah harus kamu syukuri.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Gantungkan Kebahagiaan di Tangan Pacar 

4. Berbagi kebahagiaan

Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia unsplash.com/@joshappel

Jadilah dermawan dengan membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan. Kamu mungkin tidak tahu bahwa bantuan sekecil apapun yang pernah kamu berikan bisa menjadi sangat berarti bagi seseorang dan membuatnya bahagia bangkit dari keterpurukan. Membahagiakan orang lain memang bukan hal yang mudah, tetapi kamu bisa benar-benar bahagia hanya jika kamu dikelilingi oleh orang-orang yang bahagia pula. 

Itulah beberapa tips untuk hidup bahagia. So guys, apa kamu juga punya tips lain? Share di kolom komentar ya..

Baca Juga: Tak Sepenuhnya Benar, Ini 6 Anggapan Keliru Tentang Kebahagiaan

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You