Comscore Tracker

5 Cara Bersahabat dengan Emosi Negatif

Ternyata emosi negatif tak selamanya buruk, lho!

Pernah gak sih begitu emosinya sampai menimbulkan dampak negatif yang cukup berat? Rasanya semua orang pernah, ya. Mulai korban perasaan diri sendiri maupun orang lain bahkan rugi secara tenaga hingga finansial.

Tapi nih kamu harus paham bahwa segala sesuatu yang negatif tak selamanya berdamak buruk, lho. Bagaimana mungkin? Hal tersebut mungkin saja jika kita mau melihatnya dari kacamata lain. Yang mana dengan kacamata lain itu mampu membuatmu yang mengenal emosi negatif sebagai musuh yang harus dihindari menjadi sahabat, lho. Tanpa lama-lama lagi langsung aja deh simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Menerima adanya emosi negatif

5 Cara Bersahabat dengan Emosi NegatifPixabay/Free-Photos

Bayangkan jika kamu memberikan maaf pada orang lain tapi sebenarnya belum menerima kesalahan yang telah ia lakukan. Apakah hal tersebut sia-sia? Iya pastinya. Maka dari itu, langkah pertama juga paling sederhana dari berdamai dengan emosi yang negatif ya harus menerimanya. Hal itu karena bagaimana mungkin kamu bisa bersahabat dengannya jika kamu tak mampu menerima kehadirannya. Jadi, seberat apapun emosi negatif yang muncul belajar untuk tidak menolaknya, ya!

2. Jangan berusaha mengontrol emosi negatif

5 Cara Bersahabat dengan Emosi Negatifpixabay.com/Victoria_Borodinova

Begitu banyak orang yang ingin bisa mengontrol emosi negatifnya supaya tak berdampak buruk, nih. Baik dampak buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental yang berkepanjangan. Oleh karenanya mampu mengontrol emosi negatif didasarkan pada keinginan untuk sesegera mungkin mengakhirinya.

Padahal emosi negatif yang muncul itu ialah suatu respon yang terjadi secara otomatis, lho. Bagaimana mungkin kamu mampu mengontrol hal yang otomatis? Rasanya tak mungkin, ya. Yang ada nih saat kamu berusaha mengontrol emosi negatif hasilnya ada kontradiktif, lho. Jadi, mulai sekarang lebih baik tak perlu bersusah payah untuk mengontrol emosi negatif yang muncul, ya.

3. Nikmati timbulnya emosi negatif

5 Cara Bersahabat dengan Emosi NegatifPixabay/Pexels

Kehidupan dari semua manusia pastinya tak ada yang selalu bahagia. Yang mana jika hari ini sedang mendapatkan nikmat maka esok hari kamu harus bersiap untuk mengelola masalah hidup yang hadir, nih. Begitupun dengan sebuah emosi negatif, dimana merupakan bagian dari hidup yang tak bisa terpisahkan. Jika sudah seperti itu lantas kamu bisa apa? Tak bisa apa-apa pastinya.

Saat kamu menolak juga emosi negatif yang hadir otomatis juga ia tak akan pergi begitu saja. Maka, kebih baik kamu menikmati prosesnya saja deh. Jika emosimu sedang naik tak masalah kok untuk marah-marah. Atau jika emosimu sedang terluka juga tak masalah kok untuk menangis serta jangan ragu untuk berteriak sekencang-kencangnya.

Baca Juga: Jangan Emosi, Pakai 7 Cara Ini Saat Hadapi Komentar Negatif

4. Manfaatkan adanya emosi negatif

5 Cara Bersahabat dengan Emosi Negatifpixabay.com/mcredifine

Nah, selain menikmati proses emosi negatif yang tak mudah kamu juga bisa menjadikannya bermanfaat untukmu, lho. Dengan menjadi sahabat dari suatu emosi negatif otomatis kamu dapat memanfaatkannya. Mungkin saja, saat sedang marah yang meluap-luap kamu bisa membuat karya puisi yang begitu puitis. Atau saat hatimu begitu terluka kamu bisa menuangkannya dalam sebuah lirik lagu. Dari hal tersebut bukanlah banyak sekali hal produktif yang bisa dilakukan dengan adanya emosi negatif? Iya pastinya.

5. Emosi negatif akan hilang saat masanya telah habis

5 Cara Bersahabat dengan Emosi NegatifPixabay/4653867

Setiap segala sesuatu akan akan masa habisnya, nih. Seperti halnya manusia yang akan meninggal dunia saat takdir usianya telah usai. Begitu juga dengan adanya emosi negatif yang telah diterima, tidak memaksa untuk dikontrol, dinikmati, serta menjadi manfaat yang produktif. Maka setelah itu saat dari emosi negatif berakhir masanya. Layaknya permasalahan hidup yang akan berganti dengan kenikmatan hidup, maka emosi negatif akan berganti dengan sebuah perasaan yang perlahan menjadi rileks.

Ketika emosi negatif itu datang rasanya begitu susah untuk menikmati prosesnya, ya. Akan tetapi saat kamu jalani dengan sebaik mungkin, maka pada waktu yang tepat kamu akan berhasil melaluinya. Percayalah saat itu kamu berhasil berdamai dan menjadi sahabat dari sebuah emosi yang negatif. Bukankah seorang sahabat tak akan menyakiti sahabatnya sendiri? Itu juga berlaku saat kamu bersahabat dengan emosi yang negatif, lho!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam Diri

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya