Comscore Tracker

5 Keuntungan Investasi Emas, Harga Naik atau Turun Gak Masalah!

Hari gini masih nabung? #IDNTimesLife

Kata investasi rasanya sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita, ya. Melakukan investasi, para pelakunya pasti bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari dana yang diinvestasikan.

Nah, atas dasar itu artinya bagi kamu yang mau berinvestasi dengan menyisihkan gaji bulananmu tentunya tak mau mendapatkan kerugian, dong? Lantas, investasi apa sih yang cocok, dengan jaminan peluang keuntungan yang besar tapi risiko keamanan tetap tinggi?

Investasi emas adalah solusi yang paling tepat. Biar kamu gak ragu, coba simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Sasaran tepat atas kelebihan penghasilanmu 

5 Keuntungan Investasi Emas, Harga Naik atau Turun Gak Masalah!ilustrasi pengelolaan keuangan (pexels.com/Alexander Mils)

Kalau kamu orangnya sangat pekerja keras untuk mendapatkan penghasilan semaksimal mungkin, kini saatnya kamu mencoba berinvestasi. Jangan sampai hasil gaji dari kerja kerasmu hanya berada di level segitu saja tanpa bergerak naik. 

Investasi emas merupakan investasi yang menjanjikan keuntungan besar tapi tetap dengan risiko keamanan yang tinggi. Hal tersebut atas dasar harga emas yang cenderung stabil ke arah naik. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan investasi emas sebagai sasaran empuk dari sisa gaji atau penghasilanmu.

2. Investasi emas lebih menguntungkan daripada menabung uang tunai

5 Keuntungan Investasi Emas, Harga Naik atau Turun Gak Masalah!ilustrasi pengelolaan keuangan (pexels.com/Karolina Grabowsk

Mengapa investasi emas bisa lebih menguntungkan daripada menabung uang tunai atau menabung di bank konvensional? Secara logika, coba deh pikirkan, dengan uang sepuluh ribu di tahun 2010 dibandingkan tahun 2021, bisa lebih banyak jajan di tahun yang mana? Sudah jelas bisa lebih banyak jajan di tahun 2010, ya?

Inflasi nilai tukar mata uang inilah yang menjadi salah satu kerugian menabung secara konvensional. Bisa jadi hari ini tabunganmu terlihat sangat banyak. Akan tetapi, sepuluh tahun kemudian bisa jadi jumlah tabunganmu itu sudah tidak bernilai lagi. 

Lantas bagaiamana dengan investasi emas? Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, harga emas cenderung stabil bergerak pada arah kenaikan. Sehingga, aset investasi kamu nilainya juga akan terus meningkat hari ini ataupun 10 tahun lagi.

Baca Juga: 5 Kesalahan Utama yang Harus Dihindari Saat Investasi Emas 

3. Keuntungan saat harga emas naik 

5 Keuntungan Investasi Emas, Harga Naik atau Turun Gak Masalah!ilustrasi investasi emas (pexels.com/Michael Steinberg)

Logikanya, investasi emas itu, ya, untuk dijual lagi saat harganya sedang naik. Kalau harganya sedang murah, sebisa mungkin kita beli lagi. 

Konsep sederhana di atas bisa kamu rancang sedemikian rupa sesuai dengan rencana jangka panjangmu. Kamu bisa membuat plan jangka pendek atau jangka panjang sesuai kebutuhan.

4. Keuntungan saat harga emas turun 

5 Keuntungan Investasi Emas, Harga Naik atau Turun Gak Masalah!ilustrasi investasi emas (pexels.com/Michael Steinberg)

Pergerakan emas memang cenderung stabil ke arah kenaikan di setiap periodenya. Tapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas dalam suatu periode bisa juga turun, lho.

Nah, momen turunnya harga emas ini adalah kesempatan buat para investor emas untuk membeli sebanyak-banyaknya emas sesuai dengan kemampuan mereka. Aset semakin bertambah, investasi jangka panjang pun semakin menjanjikan.

5. Menunjang penampilan dengan investasi perhiasan emas

5 Keuntungan Investasi Emas, Harga Naik atau Turun Gak Masalah!ilustrasi investasi emas (pexels.com/Pixabay)

Berbicara soal investasi emas tak hanya emas batangan saja, lho! Jangan lupakan investasi perhiasan emas yang keuntungannya juga tak kalah menjanjikan.

Selain terjun ke dunia investasi, memilih emas perhiasan tentunya juga dapat menunjang dan meningkatkan penampilan seorang investor, Jadi, gak cuma menyiapkan masa depan, investasi emas perhiasan juga bisa bikin kamu kece sejak hari ini.

Investasi emas memberikan berbagai kelebihan yang selayaknya bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang masih ragu untuk berinvestasi. Jadi, kamu berencana memilih berinvestasi emas dengan emas batangan atau emas perhiasan? Lebih baik sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemula

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya