Comscore Tracker

Merasa Down dan Kurang Pede? Motivasi Dirimu Dengan 5 Hal Ini

Jadikan masalahmu sebagai ajang perbaikan diri

Kadang kala kita merasa diri sendiri tidak baik karena perkataan orang lain. Karena hal ini pula, kamu akan merasa down dan tidak lagi memiliki rasa percaya diri. Agar down ini tidak menguasaimu, motivasilah dirimu dengan 5 langkah-langkah berikut ini.

1. Ambil langkah kecil

Merasa Down dan Kurang Pede? Motivasi Dirimu Dengan 5 Hal IniUnsplash/@frankbusch

Setiap perubahan, baik itu sebuah perubahan kecil bahkan perubahan besar diawali dengan satu langkah kecil. Kadang kala, tanpa sadar kita membuat diri sendiri berimajinasi dengan berpikir tentang hal-hal yang enak saja. Namun, yang kita butuhkan sebenarnya bukanlah sekadar imajinasi semata, melainkan sesuatu yang lebih besar dan nyata untuk dilakukan.

Cobalah dengan melakukan hal-hal kecil, lalu ulangi terus menerus dengan mengembangkan setiap tahapnya sedikit demi sedikit. Manfaat yang didapat ialah kamu mulai merasa percaya diri akan hasil yang telah kamu peroleh dari langkah-langkah kecil tadi, juga membuatmu termotivasi jika ingin sesuatu terwujud. Maka, jangan hanya berangan-angan saja, melainkan lakukanlah langkah-langkah kecil secara bertahap.

2. Positive thinking

Merasa Down dan Kurang Pede? Motivasi Dirimu Dengan 5 Hal IniUnsplash/@josealjovin

Di saat down sedang menguasaimu, sebenarnya pikiranmu sedang terbebani dengan hal-hal yang membuatmu down. Kamu akan merasa bahwa itu benar adanya, dan justru pemikiran seperti itulah yang membuatmu lebih down dan tidak pede.

Mulai sekarang, cobalah untuk berpikir positif. Katakan hal-hal baik tentang dirimu, dengarkan dan percayai hal itu. Motivasi dirimu dengan berkata "Saya bisa, saya hebat, saya mampu, saya bisa lebih baik". Ulangi terus menerus, dengan begitu perasaanmu akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Pengingat Atasi Kesedihan karena Ucapan Orang, Jangan Lekas Down!

3. Ingatlah, down itu hanya sementara

Merasa Down dan Kurang Pede? Motivasi Dirimu Dengan 5 Hal IniUnsplash/@GoingOregoning

Motivasi dirimu dengan menganggap down itu tidak akan selamanya mempengaruhimu. Dengan begitu, kamu bisa terlepas dari belenggu rasa kurang percaya diri itu. Ingatlah bahwa kamu tidak sendiri, masih ada orang-orang disekitarmu yang bisa membantumu termotivasi.

Jangan lupa bahwa koin memiliki dua sisi. Sama halnya seperti manusia, kadang kala ia memiliki sisi positif, kadang juga sebaliknya. Di saat tidak ada lagi motivasi yang bisa membantumu, putuskan apa yang ingin dan tidak ingin kamu lakukan. Namun sebaliknya, lakukan kebalikan dari apa yang ada di pikiranmu. 

4. Fokus pada satu tujuan

Merasa Down dan Kurang Pede? Motivasi Dirimu Dengan 5 Hal IniUnsplash/@Benblenner

Biasanya, saat kamu sedang down disebabkan karena dirimu memiliki terlalu banyak keinginan yang ingin kamu capai. Maka, fokuskanlah hanya pada satu tujuan agar bebanmu berkurang. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari down, dan tujuanmu tercapai.

Setelahnya, lakukan semua keinginanmu secara bertahap. Sebelum satu tujuan tercapai, usahakan untuk jangan mencari tujuan yang lainnya. Ketika tujuan itu telah tercapai, kamu akan kembali termotivasi dan semangat.

5. Ubah kata-katamu dan cobalah membangun momentum

Merasa Down dan Kurang Pede? Motivasi Dirimu Dengan 5 Hal IniUnsplash/@syddraeney

Secara tidak sadar, terkadang kamu mengatakan hal-hal yang justru membuatmu semakin down. Mulai sekarang, ubahlah nada dan arah berpikirmu, "masalah" menjadi "kesempatan", "kesulitan" menjadi "manfaat", serta "kekurangan" menjadi "kelebihan".

Pikiranmu adalah skill yang bisa kamu kembangkan. Ketika kamu telah membangun pikiran yang momentum, kamu akan menjadi orang yang bisa memotivasi diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Itu dia cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk memotivasi dirimu sendiri agar lebih baik ke depannya. Jangan biarkan pikiranmu teracuni oleh perkataan-perkataan yang membuat percaya dirimu luntur. Semoga kamu termotivasi !

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Lakukan Gaslighting, Bisa Bikin Mental Kamu Down Lho 

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya