Comscore Tracker

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat Banget

Seperti kata pepatah, life must go on!

Banyak masalah dalam hidup itu sudah biasa. Setiap orang pun bakal memiliki masalah bahkan sejak ia baru dilahirkan. Kalau kamu sudah merasa hidupmu tak berarti, mending pikir ulang, deh.

Daripada berpikir negatif gak jelas, lebih baik berusaha dulu dengan cara menerapkan enam tips ini agar hidupmu lebih berwarna:

1. Menerima kondisi fisik

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat Bangetbalipuspanews.com

Jangan beranggapan kalau orang bilang dirinya sendiri oke adalah tipe orang yang narsis. Padahal cukup mengucapkan satu kalimat itu, kamu bakal merasa lebih percaya diri dan bahagia.

Ssst... Kamu tahu gak? Ukuran fisik itu cuma sebuah konsep, dan adanya konsep itu tergantung bagaimana pola pikir kita. Cukup yakinkan dirimu bahwa kamu keren, percaya deh, orang lain juga akan memandang kamu cantik/ganteng. Begitu pun sebaliknya, kalau kamu merasa jelek di mata orang lain, orang lain juga akan memandang jelek dirimu.

Bisa dibilang ini disebut dengan aura, aura positif dari ekspresi percaya diri. Cewek dan cowok yang pede pasti kelihatan menarik. Betul gak?

2. Buka mata, buka telinga

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat BangetInstagram.com/sssuukkiii

"Tiap hari kan aku sudah buka mata dan telinga."

Yakin kamu sudah membuka mata dan telinga? Apa kamu sudah pernah mendengarkan saran orang lain, atau malah cuma didengarkan tapi gak diterapin?

Jangan menutup mata dan telinga atas solusi yang diberikan pada kamu. Jangan pula merasa dirimu sudah benar dan tidak lagi membutuhkan saran dan bantuan dari orang lain. Percaya atau enggak, sikapmu yang seperti itu bakal membuat orang lain jengah dan malas bergaul sama kamu.

Gak cuma itu, jangan pernah merasa bahwa masalahmu adalah yang paling berat dibanding orang lain.

Buka matamu dan lihatlah bagaimana sulitnya orang lain yang mungkin saja mengalami masalah jauh lebih berat darimu. Setelah kamu membuka mata, kamu akan paham betapa hidup kita baik-baik saja. Dengan itu kamu bakal merasa lebih enteng dalam menjalani hidupmu dan tak lagi memiliki pikiran yang membuatmu jauh dari kata bahagia.

3. Tersenyum

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat BangetInstagram.com/morgane.grn_5

Tak pernah bosan, banyak sekali yang mengingatkan kalau senyum itu obat mujarab buat perasaan sedihmu. Senyum adalah cara yang paling gampang buat memperbaiki suasana hati kita, yang tadinya suram kini mendadak jadi senang tak terkira. Termasuk juga kalau kamu senyum ke orang yang bahkan gak kamu kenal.

Kok bisa? Tentu saja bisa! Kalau kamu senyum pada orang lain, orang tersebut akan ketularan dengan senyummu. Bagaimana perasaanmu jika doi membalas senyum kamu? Pasti senang banget kan. Konsep yang sama bakal terjadi meskipun kamu senyum ke orang yang enggak kamu kenal sekalipun.

Baca Juga: 5 Alasan Buktikan Kenapa Kunci Hidup Bahagia Berawal dari Diri Sendiri

4. ​​​​​​​Nikmati keindahan

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat BangetUnsplash/Tomasz Woźniak

Jangan sedih terus dong! Coba deh kamu bangun pagi lalu jogging ke dataran tinggi. Lihatlah bagaimana matahari terbit dengan indah, nikmati pemandangan itu selama beberapa saat, nikmati keindahannya.

Memandang cerahnya langit, dengarkan kicauan burung merdu, melihat gerak-gerik binatang, lakukan paling tidak selama 15 menit. Dijamin terapi yang menenangkan ini bakal membuat kita sadar betapa kecilnya diri ini di tengah alam semesta ini, dan bersyukur karena masih bisa diberi nyawa untuk hidup.

5. Lepaskan emosimu

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat BangetInstagram.com/samia.jasmin

Jangan pernah memendam masalahmu sendiri. Sepintar-pintarnya kamu memendam masalah, suatu saat nanti kamu pasti nggak tahan dan bakal meledak. Kalau sampai itu terjadi, bahaya banget dong!

Daripada ngamuk nggak jelas, mending ungkapin semuanya dari sekarang. Setiap kali kamu sedih, bete, atau sekadar pengen curhat, segera keluarkan semua unek-unek sama orang yang paling kamu percayai. You'll feel a lot better afterwards.

6. Bersyukur

6 Tindakan Ini Adalah Treatment untuk Hidup Bahagia, Bermanfaat BangetUnsplash/@mnega16

Seberapa kaya, sukses, dan populernya dirimu, kamu wajib dan jangan sampai lupa untuk bersyukur. Pasti kamu sudah sering dengar nasihat ini, kan? Tapi masalahnya, sudahkah kamu menjalankannya? Kalau belum, lebih baik biasakan mulai dari sekarang juga untuk selalu bersyukur.

Satu kebiasaan kecil seperti ini bakal membuatmu sadar betapa tuhan baik sama kamu. Kamu diberikan segala kecukupan bahkan kelebihan buatmu yang belum tentu rajin bersyukur. Malahan bisa saja kamu mengeluh, padahal dengan mengeluh kita bakal jadi orang yang minder, iri hati, enggak pernah puas, juga keropos di bagian dalam. So, buruan ubah sikap kita, everything happens for a reasons, kok.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tips biar hidupmu lebih bahagia, kan? Jangan sedih dan terpuruk terus dong! Because life must go on, hidup harus terus berjalan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Selama Ini Pura-pura Bahagia, Sadari Sebelum Terlambat! 

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya