Comscore Tracker

IWF 2020: Zero to Hero, Perjalanan Karier Fajar Nugros yang Inspiratif

Sosok penting di balik film Yowis Ben #IWF2020

Fajar Nugros menjadi salah satu sutradara yang paling berpengaruh di dunia perfilman Indonesia, salah satu filmnya yang paling populer adalah Yowis Ben, yang akan segera menayangkan jilid ketiganya.

Sebelum menjadi sutradara sukses seperti saat ini, ternyata banyak sekali tantangan yang harus dilewati oleh Fajar Nugros. Berikut perjalanan karier Fajar Nugros yang inspiratif, wajib ditiru generasi Millennials!

1. Menulis cerita secara rutin

IWF 2020: Zero to Hero, Perjalanan Karier Fajar Nugros yang InspiratifYouTube.com/IDN Times

Meski terdengar klasik, nyatanya hal pertama yang menginspirasi Fajar Nugros untuk menjadi penulis berawal dari kegemarannya menulis cerita. Menurut Fajar untuk membuat sebuah tulisan yang bagus, hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis secara rutin.

Tidak seperti sekarang, di zaman Fajar Nugros muda, menemukan wadah untuk mempublikasikan cerita sangatlah sulit. Akhirnya Fajar Nugros membuat mading sendiri, dimana didalamnya berisi semua karya yang ditulis oleh Fajar Nugros muda.

2. Keliling warnet untuk menulis

IWF 2020: Zero to Hero, Perjalanan Karier Fajar Nugros yang InspiratifPixabay.com/StockSnap

Fajar Nugros mengungkapkan jika dulu ia tak memiliki laptop untuk menulis, tak pantang menyerah ia kemudian memutuskan menulis di warnet secara rutin.

Dari warnet ke warnet, Fajar Nugros kemudian mengunggah hasil karyanya melalui media sosial Facebook, kuncinya jangan jadikan keterbatasan sebagai halangan kamu untuk mewujudkan mimpi.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Fajar Nugros Bikin Film dari Budaya Lokal

3. Mengikuti berbagai seminar untuk menunjang soft skill

IWF 2020: Zero to Hero, Perjalanan Karier Fajar Nugros yang InspiratifPixabay.com/nikolayhg

Mengikuti berbagai seminar mungkin bisa membantu menambah pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan kamu, diungkapkan oleh Fajar Nugros jika dirinya mendapatkan ilmu berharga ketika mengikuti salah satu seminar.

Dalam seminar tersebut, Fajar memperoleh ilmu jika dalam menulis kamu harus bisa menemukan sudut pandang berbeda. Sebuah sisi unik dalam sebuah kejadian, yang tidak bisa dilihat orang lain.

4. Mulai berani mengirimkan karya ke penerbit

IWF 2020: Zero to Hero, Perjalanan Karier Fajar Nugros yang InspiratifPixabay.com/jadc01

Setelah berhasil menuliskan begitu banyak karya tulisan, Fajar kemudian memberanikan diri untuk mengirimkan karyanya ke perusahaan penerbit.

Dari ratusan karya yang dikirimkan, hanya 13 karya saja yang diterima. Meski tak terlalu banyak, nyatanya ini menjadi langkah awal yang bagus untuk karier Fajar di dunia kepenulisan.

5. Merantau ke Jakarta, Fajar sempat magang sebagai penggulung kabel, lho!

IWF 2020: Zero to Hero, Perjalanan Karier Fajar Nugros yang InspiratifPixabay/Pexels

Memiliki ketertarikan dalam industri perfilman Indonesia, Fajar Nugros memutuskan untuk merantau ke Jakarta, agar bisa magang di sebuah production house.

Berbagai tugas saat proses pembuatan film pernah dilakukan oleh Fajar, termasuk menggulung kabel, lho. Tak langsung mendapatkan posisi yang nyaman, Fajar mengungkapkan jika selama magang ia mendapatkan banyak sekali pelajaran.

Jadi ketika kamu sedang melaksanakan magang, jangan berfokus pada bayaran dan kerja yang lelah, tapi cobalah untuk mencatat pelajaran dan pengalaman penting yang didapat selama magang.

Itulah perjalanan karier Fajar Nugros yang inspiratif, ternyata untuk mewujudkan mimpi butuh kerja keras dan disiplin diri, ya! Tetap semangat untuk kamu yang sedang berjuang, semoga kisah Fajar Nugros ini bisa jadi menginspirasi kamu, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruan setiap sesinya di situs kami, idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!

Merisa Risna Dini Photo Verified Writer Merisa Risna Dini

Girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya