Comscore Tracker

5 Tips untuk Menjaga Agar Kamar Tetap Bersih dan Rapi, Mudah Dicoba!

Jadi terasa nyaman untuk beristirahat

Gak semua orang bisa menjaga kamarnya tetap bersih dan rapi. Sebagian orang merasa gak punya waktu untuk membereskan kamarnya. Padahal di sanalah kamu paling banyak beraktivitas ketika di rumah. Yakin gak mau menjaganya agar tetap bersih dan rapi?

Biar kamu gak kesulitan menjaga agar kamarmu tetap bersih dan rapi, lima hal ini bisa kamu lakukan. Mulailah dengan menyiapkan beberapa kontainer untuk memuat barang-barang yang gak setiap hari kamu gunakan.

1. Siapkan kontainer untuh wadah aneka barang

5 Tips untuk Menjaga Agar Kamar Tetap Bersih dan Rapi, Mudah Dicoba!Unsplash/Annie Spratt

Kamu punya beragam barang di kamar yang gak dipakai setiap hari. Seperti mungkin aksesoris, buku yang telah terbaca, koleksi pernak-pernik, atau tas, bisa kamu simpan di dalam kontainer. Pilih ukuran yang sesuai dengan barang di dalamnya.

Dengan memiliki kontainer di kamar, barangmu akan mudah dikelompokkan dan gampang dicari. Jika terburu-buru, kamu bisa langsung memasukkannya dan kamar rapi seketika.

2. Simpan barang yang dibutuhkan

5 Tips untuk Menjaga Agar Kamar Tetap Bersih dan Rapi, Mudah Dicoba!Unsplash/Eduard Militaru

Apakah kamu menyimpan undangan ulang tahun dari sahabatmu beberapa tahun lalu? Jika iya, pertimbangkan lagi untuk menyimpan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Memang, barang tersebut memiliki kenangan buatmu, namun menyimpannya begitu saja justru akan membuat tumpukan yang memenuhi ruangan. Kalau kamu masih pengin menyimpannya, buatlah jurnal kreatif untuk menyatukan semua barang kenangan.

Kamu bisa menempel mulai dari foto di acara penting, undangan berkesan, bill restoran, atau tiket nonton. Dengan menyatukan dan menghiasnya, semuanya akan tersimpan rapi dan artsy.

Baca Juga: 5 Ide Penataan Kamar Tidur ala Tumblr, Bikin Kamar Tampil Beda!

3. Pilih kembali isi lemari

5 Tips untuk Menjaga Agar Kamar Tetap Bersih dan Rapi, Mudah Dicoba!Unsplash/Sarah Brown

Kapan kamu terakhir mengenakan celana yang sudah usang itu? Kalau kamu lupa, segera singkirkan dari lemarimu. Setiap akan membeli barang, pastikan kamu juga mengeliminasi barang dari dalam kamarmu. Ingat kembali kapan kamu terakhir memakainya, jika sudah lupa alangkah baiknya untuk menjual di bazaar atau menyumbangkannya. Sebab lemari yang longgar akan lebih mudah ditata.

4. Bersihkan kamar secara rutin

5 Tips untuk Menjaga Agar Kamar Tetap Bersih dan Rapi, Mudah Dicoba!Unsplash/The Honest Company

Kamu perlu menjadwalkan untuk membersihkan kamarmu. Mulai dari harian, mingguan, atau bulanan. Misalnya menyapu lantai setiap hari, mengepel seminggu sekali, dan membersihkan secara menyeluruh sebulan sekali.

Jika dirasa kesulitan, kamu bisa meminta bantuan anggota keluarga lain jika di rumah atau gunakan jasa kebersihan yang bisa dipesan kapan saja.

5. Ganti seprai secara berkala

5 Tips untuk Menjaga Agar Kamar Tetap Bersih dan Rapi, Mudah Dicoba!Unsplash/Volha Flaxeco

Bisa jadi kamu lupa cuci kaki dan langsung naik ke atas kasur, menonton serial di atas kasur, atau bahkan makan dan minum. Hal itu membuat seprai menjadi benda yang paling kotor dan harus sering diganti. Paling tidak, ganti seprai seminggu sekali dengan yang bersih. Jika perlu, kamu setiap tiga bulan sekali bisa menggunakan jasa pembersih tungau dan kutu untuk kasurmu.

Dengan melakukan lima hal di atas, akan menjaga kamarmu agar tetap bersih dan rapi. Hal yang paling sering dilupakan adalah menyortir pakaian. Mulailah dari menyortir baju yang ada di tumpukan paling bawah. Yuk, menjaga agar kamar tetap bersih!

Baca Juga: 9 Dekorasi Kamar Kos Pakai Tanaman Kering, Estetis bak Kamar Tumblr!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya