Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Kebiasaan untuk Wujudkan Hidup Hemat Ramah Lingkungan 

Selain ramah lingkungan, kamu juga bisa lebih hemat 

Go green lifestyle dianggap bisa menghemat juga, lho. Bagaimana tidak? Karena gaya hidup ini belajar untuk menggunakan barang-barang seperlunya dan berupaya untuk mengurangi sampah.

Jika kamu pernah membeli suatu barang karena keinginan saja, mulai kurangi deh. Karena dengan mengurangi berbelanja barang yang gak penting, jadi #OneGreenStep untuk kurangi sampah dan dompetmu jadi lebih aman. Simak langkah lainnya di bawah ini!

1. Belanja di toko eco bulk

#GreenBeauty 5 Kebiasaan untuk Wujudkan Hidup Hemat Ramah Lingkungan Belanja di eco bulk store (retailmenot.com)

Pengin cobain resep baru, tapi ada bumbu yang harus kamu beli dan dipakai sekali doang? Solusinya belanja aja di toko ecobulk yang ada di kotamu, karena di sana menjual aneka bumbu dan perlengkapan lainnya yang bisa dibeli mulai dari per gram lho. So, boleh banget kamu membeli garam hanya 10 gram saja.

Jadi kamu akan membeli bahan makanan atau bumbu dapur sesuai kebutuhan saja. Sehingga gak akan ada bumbu kedaluwarsa atau terbuang. Selain itu tentu membeli 10 gram akan lebih hemat bukan dibandingkan 100 gram?

2. Berusaha hidup zero waste 

#GreenBeauty 5 Kebiasaan untuk Wujudkan Hidup Hemat Ramah Lingkungan Membuat kompos dari sampah dapur (unsplash.com/Lenka Dzurendova)

Sisa potongan sayur kamu buang begitu saja? Mulai sekarang cobalah untuk menyisakan bagian akarnya dan rendam dalam air, ketika akarnya semakin banyak, pindahkan ke tanah. Metode menumbuhkan kembali bisa membuatmu gak perlu beli daun bawang untuk bikin sup minggu depan.

Kulit bawang dan aneka batang sayur juga bisa jadi kaldu sayuran, lho. Kamu bisa merebusnya dengan api kecil dan menambahkan garam untuk menjadikannya kaldu alami. Coba cari resepnya di YouTube dan coba praktikkan, ya! Untuk sampah lainnya bisa kamu daur ulang atau olah jadi kompos.

Baca Juga: #GreenBeauty Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Mudah Dilakukan

3. Memilih produk yang cruelty-free 

#GreenBeauty 5 Kebiasaan untuk Wujudkan Hidup Hemat Ramah Lingkungan Ilustrasi cruelty-free (wishtrend.com)

Banyak skincare yang melibatkan hewan untuk percobaannya. Jika kamu memilih produk yang cruelty-free Garnier tentu saja berkomitmen akan hal tersebut. Melalui kampanye #GarnierGreenBeauty, Garnier telah menerapkan gerakan ramah lingkungan yang aman untuk bumi.

Produk dari Garnier sudah approved oleh cruelty-free international, menggunakan formula yang lebih ramah lingkungan, mendukung energi terbarukan, dan menggunakan kemasan yang telah didaur ulang serta akan memperbanyak kemasan yang didaur ulang. #GarnierXIDNTimes turut mendukung kampanye ini untuk terus menyuarakan gaya hidup yang ramah lingkungan.

4. Membeli barang ketika sudah rusak 

#GreenBeauty 5 Kebiasaan untuk Wujudkan Hidup Hemat Ramah Lingkungan HP rusak (unsplash.com/Ashkan Forouzani)

Hanya karena tren semata, lantas kamu mengganti barangmu secara reguler meskipun belum rusak. Selain bikin boros, hal ini juga akan menumpuk barang gak terpakai jadi lebih banyak. Untuk menghindarinya kamu bisa pilih barang dengan model yang everlasting dan kualitas yang bagus.

Karena barangmu akan jauh lebih awet dan gak akan out of date. Kalau kamu belum punya, gunakan barang milikmu sampai rusak untuk memutuskan membeli yang baru lagi. Ingat, ngikutin tren gak akan ada habisnya.

5. Memilah dan mengolah sampah 

#GreenBeauty 5 Kebiasaan untuk Wujudkan Hidup Hemat Ramah Lingkungan Mengolah botol kosong (unsplash.com/Jasmin Sessler)

Jangan mikir kejauhan, memilih dan mengolah sampah versi personal gak harus kayak di pabrik, kok. Mulai aja dengan mengelompokkan sampah kertas, plastik, botol, kaca, dan yang lainnya. Jika ada di antaranya bisa kamu gunakan kembali, sebisa mungkin pakai lagi. Misalnya koran atau kertas bisa digunakan untuk membungkus paket.

Kalau ada barang-barang yang gak bisa kamu daur ulang sendiri, antarkan barang tersebut ke pengolahan sampah yang ada di kotamu. Kalau gak ada, banyak lembaga yang mau menjemput sampah agar bisa diolah kembali.

Cari tahu sebanyak mungkin tentang aktivitas untuk jaga bumi, kunjugi juga https://www.garnier.co.id/greenbeauty untuk tahu apa yang telah dilakukan Garnier dalam upaya menjaga bumi tetap lestari. Yuk, lakukan #OneGreenStep versi kamu sendiri!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Mengenali Produk Ramah Lingkungan, Wajib Tahu

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya