Comscore Tracker

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FF

Makin sayang sama tokoh favoritmu!

Fanfiction (biasa disingkat FF) atau fiksi penggemar adalah cerita fiksi tentang tokoh terkenal, karakter dalam buku, TV series, atau tokoh kesukaan yang dibuat oleh penggemar bersangkutan dan memiliki alur cerita yang berbeda dengan kisah yang asli.

Ada banyak platform yang tersedia bagi penulis fanfiksi untuk menuangkan karyanya dan membagikannya kepada komunitas penggemar untuk dibaca. Kalau kamu termasuk salah satu penggemar yang hobi baca FF, pertahankan itu, ya, karena ada beberapa dampak positif yang bisa kamu dapat dari baca FF, lho!

1. Menambah teman

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Fanfiksi sangat populer di kalangan penggemar. Ketika kamu aktif membaca FF dan ikut berkomentar untuk me-review sebuah FF, kamu bisa mendapat banyak kenalan baru dari komunitas penggemar, yang artinya menambah teman dekat untuk berbagi banyak hal tentang fandom kesayanganmu!

2. Mengenal karakter lebih dekat

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFjoe.ie

Dalam fanfiksi, tidak jarang penulis mencantumkan fakta-fakta kecil tentang tokoh dalam buku atau TV series yang selama ini mungkin tidak pernah disadari oleh sebagian besar penggemar. Dengan membaca FF, kamu jadi bisa melihat tokoh kesukaanmu dengan berbagai sudut pandang dan hal-hal baru tentangnya. 

Namun, perlu diingat, kamu juga harus tetap bisa membedakan secara bijak, mana yang memang sungguhan terjadi, dan mana yang sekadar teori penggemar belaka. Apalagi kalau kamu penggemar RPF (real person fiction), kamu harus semakin berhati-hati membedakan kenyataan dengan kisah buatan penggemar semata. 

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!

3. Meningkatkan daya imajinasi

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFwallhere.com

Sama halnya seperti membaca karya fiksi lainnya, membaca fanfiksi juga membuat daya imajinasi kamu semakin berkembang. Terlebih, membaca fanfiksi membuat kamu lebih mudah untuk memvisualisasikan tokoh atau latar yang dibangun karena sebelumnya kamu memang pernah mengenal atau melihatnya. 

4. Melatih rasa empati

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFrandomc.net

Membaca fanfiksi membuat kamu melatih kepekaan dan empati pada setiap karakter yang ada dalam cerita. Apalagi dengan tokoh yang kamu sukai dan telah kamu kenal kisahnya sejak lama, fanfiksi membuat kamu lebih mudah untuk larut dan menempatkan diri dalam posisi mereka.

5. Belajar toleransi

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFmovieweb

Dalam fanfiksi, bukan hal yang aneh kalau kamu menemukan karakter favoritmu yang sifatnya bertolak belakang atau tidak sesuai dengan apa yang kamu kenal dan sukai selama ini. Setiap penggemar memang memiliki preferensinya sendiri.

Oleh karena itu, melalui fanfiksi kamu juga bisa belajar toleransi terhadap kesukaan dan imajinasi penggemar yang lain.

6. Menambah hobi membaca

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFdramabeans.com

Kalau kamu selama ini gak suka membaca, lewat membaca fanfiksi, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk hobi membaca. Walaupun tidak semua fanfiksi memiliki muatan edukasi yang baik, setidaknya kamu sudah menapaki langkah pertama untuk senang membaca. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak fanfiksi yang kamu baca, kamu pun bisa semakin selektif untuk memilah mana fanfiksi yang baik dan tidak untuk dibaca.

7. Hiburan di kala penat

Hobi Baca Fanfic? Ini 7 Dampak Positif yang Kamu Dapat dari Baca FFcodipop.com

Bagian terpenting dari membaca FF tentu saja menjadi media hiburan. Buku, film, atau TV series yang sudah tamat, membuat kita merasa rindu, tidak ingin berpisah, atau ingin mengetahui cerita lainnya dari setiap karakter yang ada. Melalui fanfiksi, segala rasa rindu dan penasaran itu bisa terjawab dan tersalurkan!

Membaca fanfiksi memiliki banyak manfaat seperti halnya membaca karya fiksi yang lain. Namun, bagi kebanyakan pembaca fanfiksi, FF itu memiliki sensasi tersendiri yang berbeda dari membaca fiksi biasa.

Selagi kamu bisa memilah mana fiksi yang baik untuk dibaca, dan membedakan mana yang real atau sekadar fiksi, membaca FF akan selalu jadi hobi yang menyenangkan!

Baca Juga: 7 Manfaat Membaca Ini Perlu Kamu Tahu Jika Ingin Jadi Penulis Hebat

Mia Rahmawati Photo Community Writer Mia Rahmawati

Loving, Caring, Thinking

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You