Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri, Jangan Diabaikan!

Tak perlu tunggu orang lain memotivasi dirimu

Motivasi itu sangat penting bagi hidup seseorang. Karena hampir setiap hal yang kita lakukan bermula dari adanya suatu dorongan motivasi. So, motivasi bukan hal sepele yang bisa diabaikan begitu saja. Sangat penting untuk mulai menerapkan motivasi dari dalam diri sendiri. Mengapa? Simak yuk berikut ini lima alasannya.

1. Tidak selamanya orang lain bisa memotivasimu

5 Alasan Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri, Jangan Diabaikan!unsplash.com/@_bellecollective

Kamu harus sadar bahwa tidak selamanya orang-orang yang selama ini jadi support system-mu akan terus berada di belakangmu untuk memberi motivasi. Akan ada saatnya kamu tak bisa lagi bergantung pada mereka. Karena mereka juga punya kesibukannya masing-masing, minimal kesibukan untuk memotivasi dirinya sendiri.

Itulah alasan mengapa kamu tak boleh terus mengharapkan motivasi dari orang lain. Bangkit dan bangunlah motivasi dari dirimu sendiri. Meski kamu tahu atau tidak, bahwa orang lain pun sedang berjuang untuk memotivasi dirinya sendiri.

2. Kamu lebih tahu tentang keadaanmu

5 Alasan Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri, Jangan Diabaikan!Unsplash.com/Ethan Sykes

Orang lain tak selamanya memahami keadaanmu. Ya, mungkin orang terdekat yang mengenalmu akan paham dengan keadaanmu. Tapi, isi hatimu dan keadaanmu yang lebih mendalam lagi? Belum tentu. Bisa saja ada beberapa keadaan yang memaksamu harus menyimpan semua tentangmu sendirian.

Kamu tak bisa mengungkapkannya dan membagikannya dengan siapa pun. So, hal tersebut bisa menyulitkan orang lain mengetahui keadaanmu yang sebenarnya. Lantas, bagaimana pula mereka bisa memberi motivasi kepadamu? Maka, hanya kamu sendirilah yang bisa melakukannya.

3. Impian yang kamu tuju tak akan datang dengan sendirinya

5 Alasan Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri, Jangan Diabaikan!unsplash/lordmaui

Dalam hidup kita harus bersikap realistis. Sadari, bahwa tidak ada hal apa pun yang bisa dicapai tanpa usaha. Minimal usaha membangun motivasi dari dalam diri. Karena motivasi adalah niat yang menunjukkan seberapa besar keseriusanmu dalam mencapai sesuatu.

Jika, kamu punya cita-cita atau impian yang besar, maka mulailah dengan membangun motivasi yang besar pula dari dalam dirimu. So, semangatmu akan bakal lebih terpacu dan kamu bakal anti malas-malasan dalam meraih impianmu.

Baca Juga: Butuh Motivasi? Yuk, Ucapkan 7 Kalimat Ini Pada Diri Sendiri Tiap Pagi

4. Membangun rasa percaya diri

5 Alasan Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri, Jangan Diabaikan!pexels.com/@zhuhehuai

Ketika ada motivasi yang kuat dari dalam dirimu, kamu bisa lebih memahami dan mengenali apa yang menjadi keinginanmu. Pun, kamu bisa merasa makin percaya diri karena sudah adanya tekad yang kuat melekat di dalam hatimu. Bandingkan, jika dirimu punya suatu tujuan tapi tak jelas arah dan kesungguhan dalam mencapainya.

So, kamu pun bakal merasa tak bersemangat dan tak percaya diri dalam menngejarnya. Jadi, membangun motivasi itu penting untuk menguatkan keyakinanmu, bahwa kamu bisa dan pasti bisa dalam menggapai tujuan, impian dan harapan dalam hidupmu.

5. Menjadi pribadi yang lebih positif

5 Alasan Pentingnya Memotivasi Diri Sendiri, Jangan Diabaikan!pexels.com/bruce mars

Ketika motivasi hadir dari dalam dirimu, maka hasil yang akan muncul adalah persepsi positif dari hal yang kamu jadikan motivasi. Ya, kamu menanamkan hal yang baik maka akan menempuh dan memperoleh hal yang baik pula. Tujuan membentuk motivasi. Motivasi membentuk pola pikir. Dan pola pikir memicu suatu tindakan.

Ketika kamu menanamkan nilai motivasi yang positif dari dalam dirimu, maka yang akan muncul adalah pola pikir yang positif. So, pada akhirnya pola pikir dari buah motivasimu akan memberi efek tindakan positif dari dirimu.

Itulah tadi lima alasan mengapa memotivasi diri sendiri adalah hal yang penting. So, berjuanglah membangun motivasi dari dirimu sendiri. Jangan tunggu orang lain memotivasimu, tapi mulailah motivasi itu dari dirimu sendiri.

Baca Juga: Merasa Minder? Ucapkan 5 Kalimat Motivasi Ini pada Diri Sendiri

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya