Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubah

#PANJATPOIN Sayangilah dirimu!

Seseorang mungkin merasa nyaman dan aman saja dengan apa yang dilakukannya. Bahkan tanpa disadari, dia terus merasa bahwa telah melakukan yang terbaik untuk dirinya. Padahal nih guys, ada beberapa hal yang tanpa kamu sadari bisa jadi suatu kejahatan yang kamu lakukan kepada diri sendiri. Kok bisa? Iya, karena kamu tidak pernah mau memandang sisi terdalam dari dirimu.

Kamu mungkin selama ini hanya melihat hal baik yang di depan matamu sampai kamu lupa bahwa ada hal tidak baik yang telah kamu lakukan. Biar gak terlanjur berbuat jahat kepada dirimu sendiri, coba deh cek lima tandanya di bawah ini. Bisa jadi kamu termasuk kriterianya!

1. Tidak menghargai diri sendiri

5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubahunsplash.com/@officestock

Mungkin sebagian dari kamu adalah sosok yang humoris. Kamu senang berbagi canda tawa dengan orang-orang terdekatmu. Gak jarang juga kamu menceritakan dirimu sebagai bahan tertawaan hingga berakhir menjadi bahan olok-olokan mereka. Stop guys! Kamu gak boleh lakukan hal seperti itu lagi. Boleh bercanda, namun jangan pernah bercanda yang menyangkut harga diri kamu atau orang lain.

Jika kamu ingin dihargai, maka mulailah dengan menghargai diri sendiri. Di sisi lainnya, kamu juga harus berhenti membanding-bandingkan kualitas dirimu dengan orang lain. Kamu ya kamu, dia ya dia! Jadi, jangan pernah memaksa dirimu menjadi dirinya. Karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Malas merawat diri

5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubahunsplash.com/Rex Picker

Tanpa disadari, mungkin hal ini menjadi kebiasaan yang dianggap biasa saja oleh orang-orang. Terutama karena kesibukan seseorang membuatnya bersikap abai terhadap kondisi tubuhnya. Perawatan tubuh bisa mencakup perawatan kesehatan, kecantikan, hingga kebersihan tubuhnya.

Cowok atau cewek sama-sama punya kewajiban untuk memerhatikan perawatan dirinya. Misalnya nih, orang jarang banget memerhatikan apa yang dimakannya. Dia gak peduli dengan kesehatan dan kebersihan makanan yang dimakannya. Alhasil, makanan tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatannya baik itu dampak di masa sekarang atau kelak di masa tuanya. 

3. Tidak suka diberikan komentar atau masukan

5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubahunsplash.com/Yufraz Singh

Bukti kamu sudah jahat kepada dirimu adalah keengganan untuk terus memperbaiki diri. Guys, harus disadari bahwa keberadaan diri kita sebagai manusia gak akan pernah bebas dari kesalahan. Bahkan, terkadang kesalahan itu gak pernah disadari oleh diri sendiri. Inilah yang menyebabkan kamu gak bisa hidup sendiri tanpa dukungan orang lain.

Kamu wajib untuk terus memperbaiki kesalahan, so kamu butuh orang-orang yang akan mengingatkanmu saat melakukan kesalahan. Jadi, terbukalah dengan komentar dan masukan dari orang lain. Bisa jadi yang disampaikan seseorang kepadamu adalah kebaikan yang memang terbaik.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang 

4. Menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat

5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubahunsplash.com/Matthew T Rader

Well, kita semua tahu bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Namun, masih saja kita terkadang menggunakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat. Kalau kamu sayang dirimu, kamu harus terus mengusahakan waktu yang kamu miliki agar digunakan sebaik mungkin.

Hargailah dirimu dengan menghargai waktu yang kamu punya. Susunlah jadwal aktivitas yang menjadi prioritasmu. Kemudian, pilahlah aktivitas-aktivitas tersebut mulai dari yang sangat bermanfaat, bermanfaat sampai yang kurang bermanfaat bagi dirimu.

5. Memiliki ego yang tinggi

5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubahunsplash.com/Ismail Hamzah

Ego yang tinggi bakal berdampak buruk kepada dirimu maupun cara pandang orang lain terhadapmu. Ego yang tinggi membuat kamu merasa gak membutuhkan keberadaan orang lain. Kamu pun akan merasa seolah sanggup melakukan semua hal sendirian. Ketahuilah kalau kamu adalah makhluk sosial, kamu belum tentu memiliki semua keahlian dan kesanggupan dalam segala hal di dunia ini.

Jangan memperburuk keadaanmu dengan memaksakan dirimu yang memang tidak mampu melakukan sesuatunya sendirian. Terbukalah dengan bantuan orang lain. Serta ulurkanlah juga tanganmu untuk membantu orang lain. Well, pasti kehidupan bakal damai dan kamu bakal hidup dengan nyaman.

Nah, itulah tadi lima tanda kamu sudah berbuat jahat kepada diri sendiri. Guys, apa kamu termasuk lima tanda di atas? Yuk, koreksi dirimu segera!

Baca Juga: 5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidup

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya