Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Pilih Keputusan Hidup yang Tepat, Jangan Ragu Lagi!

Apapun keputusanmu, itu adalah jalan hidupmu

Dalam menentukan pilihan penting dalam hidup, seseorang perlu banyak pertimbangan sebelum memutuskannya. Mulai dalam hal memilih karier, pendidikan, pasangan hidup, dan keputusan penting lainnya harus ada pemikiran yang matang.

So, karena sangat pentingnya memilih keputusan yang tepat, kamu harus tahu kriteria atau tanda apa saja yang menunjukkan bahwa apa yang kamu pilih memang sudah benar.

Berikut ini setidaknya ada lima tanda yang bisa jadi acuanmu dalam menilai keputusanmu.

1. Kamu punya pandangan ke depannya tentang keputusanmu

5 Tanda Kamu Sudah Pilih Keputusan Hidup yang Tepat, Jangan Ragu Lagi!pexels.com/Daria Rem

Ketika kamu punya pandangan ke depannya tentang keputusanmu, maka artinya kamu memang benar-benar teliti atas pilihanmu. Kamu sudah punya pertimbangan untung dan rugi tentang keputusan yang kamu pilih. Pun, kamu sudah menganalisis secara mendetail hal-hal yang berkaitan dengan keputusanmu.

Jadi, kamu tidak terlalu buru-buru dalam menetapkan semuanya sehingga kamu bisa memilih keputusan yang tepat sasaran.

2. Perasaanmu lega setelah menetapkannya

5 Tanda Kamu Sudah Pilih Keputusan Hidup yang Tepat, Jangan Ragu Lagi!pexels.com/bruce mars

Segala keputusan hidup adalah hal penting yang harus dipikirkan matang-matang. Tak heran, terkadang butuh waktu yang lama untuk benar-benar mantap atas suatu keputusan.

Meski terkadang cepat atau lambatnya memutuskan sesuatu bukanlah patokan yang jadi penentu kebenaran hal yang kamu pilih. Tapi setidaknya pertimbangan yang matang adalah cara yang bisa menenangkan dan melegakan hatimu setelah menetapkan suatu pilihan.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mulai Ragu dengan Keputusan Sendiri

3. Kamu sangat mantap dengan pilihanmu

5 Tanda Kamu Sudah Pilih Keputusan Hidup yang Tepat, Jangan Ragu Lagi!unsplash.com/@officestock

Keyakinan yang kuat terhadap keputusanmu adalah tanda kamu benar-benar siap menerima pilihanmu. Jika kamu mantap dengan keputusanmu, kamu tidak akan tergoyahkan dengan godaan apapun. Bahkan, pada saat orang lain mengkritik atau menyoal pilihanmu, kamu sudah bisa memberikan penjelasan yang tegas dan tepat kepadanya.

4. Kamu berani menghadapi risiko yang mungkin suatu saat bisa muncul

5 Tanda Kamu Sudah Pilih Keputusan Hidup yang Tepat, Jangan Ragu Lagi!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Sudah pasti bahwa semua pilihan ada risikonya. Tidak ada yang berjalan mulus tanpa hambatan atau rintangan.

Ketika memutuskan kamu sudah memilih satu di antara banyak pilihan, artinya kamu juga harus siap menanggung risiko dan kemungkinan apapun atas keputusanmu. Untuk itu, kamu sudah bersiap-siap menguatkan mentalmu sejak awal agar di kemudian hari sanggup dan berani menghadapi kemungkinan yang terburuk sekalipun.

5. Sudah ada solusi yang kamu persiapkan saat pilihanmu tidak berjalan sesuai harapan

5 Tanda Kamu Sudah Pilih Keputusan Hidup yang Tepat, Jangan Ragu Lagi!unsplash.com/@mgshannon

Kamu sadar bahwa masalah, cobaan, atau risiko buruk dari keputusanmu tidak akan terselesaikan dengan sendirinya. Jadi, sebagai orang yang berpikir matang dan bijak, kamu sudah mempersiapkan berbagai opsi solusi dari kemungkinan buruk yang bisa muncul dari keputusanmu.

Sejak awal kamu sudah pikirkan rencana A, B dan seterusnya untuk meminimalisir atau memperbaiki keputusanmu jika memang keputusanmu adalah hal yang salah dan tidak sesuai harapan.

Itulah lima tanda kamu sudah memilih keputusan hidup yang tepat. Coba koreksi dengan keputusan yang sudah kamu pilih, terutama keputusan besar dalam hidupmu. Sudahkah memenuhi lima tanda di atas?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Tak Semestinya Komentari Hidup Orang Lain

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya