Comscore Tracker

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahun

Pastikan kamu sudah memiliki tipe teman berikut ini

Usia 20-30 tahun dianggap sebagai usia produktif setiap manusia. Di masa itulah, setiap orang belajar, bekerja, menjalin hubungan sekaligus harus bergaul, dan memiliki teman. Maka, di usia matang dalam hidup setiap orang tersebut tak boleh dilewatkan begitu saja dengan sia-sia.

Kamu yang sedang atau akan memasuki usia 20-30an harus memiliki teman-teman yang akan mendukung hidupmu berjalan sesuai harapanmu. Maka, berikut tipe teman yang harus kamu miliki saat berusia 20-30an.

1. Teman yang satu hobi dengan kamu

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahununsplash.com/Bao Truong

Menjalani usia produktif sesekali tidak harus dihadapi dengan serius. Berilah ketenangan sejenak untuk dirimu. Kamu bisa mencoba menjalankan hobi yang dimiliki untuk melepas penat karena kesibukan kuliah, kerja, dan sebagainya.

Carilah teman yang satu hobi denganmu agar kamu dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang-orang yang tepat.

2. Teman yang akan membantumu mengembangkan kualitas diri kamu

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 TahunUnsplash.com/Alexis Brown

Pastikan kehidupan usia 20-30 tahun yang kamu jalani selalu dikelilingi oleh orang-orang terbaik. Dimana saat kamu bersama mereka, kamu melakukan aktivitas positif dan bermanfaat yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas diri kamu. So, jangan sia-siakan waktumu untuk sesuatu yang gak bermanfaat ya!

3. Teman yang siap menerima segala kekuranganmu

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahununsplash.com/Duy Pham

Di usia 20-30 tahun, kamu cukup terbilang sudah dewasa dan mampu membuat keputusan. Bukan saatnya kamu terus bersenang-senang dan terbuai akan kenyamanan. Seiring bertambah usia akan semakin banyak tanggung jawab yang akan dipikul.

Maka, dekatkanlah dirimu hanya dengan orang-orang yang siap merangkul dan menemani di saat tersulit dan terburuk dalam hidupmu.

Baca Juga: Bisa Ditiru, 6 Zodiak Ini Punya Cara Unik Mempertahankan Pertemanan 

4. Teman yang berani mengkritik dan memberikanmu saran

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahununsplash.com/Phil Coffman

Tidak semua orang punya keberanian untuk speak up. Bahkan, teman dekat sekalipun pasti masih ada yang membiarkanmu melakukan kesalahan. Yup, kamu gak butuh teman seperti itu.

Yang kamu butuhkan adalah teman yang siap mengkritik sekaligus memberi saran ketika kamu berbuat kesalahan. Anyway, kritik dan saran harus seiringan ya. Jadi, bukan hanya menyalahkan tanpa memberi solusi.

5. Teman yang satu pekerjaan dengan kamu

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahununsplash.com/rawpixel

Usia 20-30 tahun adalah rata-rata waktu seseorang memiliki pekerjaan. Dalam dunia kerja kamu gak hanya mencari uang, tapi juga akan mencari pengalaman. Kenapa? Ya, karena kamu harus meningkatkan kinerja dan kualitas kamu.

Dengan punya teman yang satu pekerjaan, kamu bisa saling sharing informasi yang pastinya akan berguna untuk membangun karirmu kedepannya.

6. Teman dari tempat asal yang berbeda

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahununsplash.com/rawpixel

Guys, dari mana asal teman-temanmu sekarang? Apakah hanya teman yang setiap hari berjumpa karena rutinitas? Sudah saatnya di usia 20-30 tahun ini kamu perluas jaringan pertemananmu.

Coba cari teman-teman baru yang berbeda asal dari tempat tinggalmu. Entah dari kota atau negara yang berbeda. Kamu pasti akan merasakan hal yang berbeda. Punya teman dari daerah berbeda dari tempat tinggalmu itu menyenangkan. Kamu akan bisa saling bertukar budaya dan pengalaman.

7. Teman hidup

7 Tipe Teman yang Harus Kamu Miliki Saat Berusia 20-30 Tahununsplash.com/Daniel Suarez Photography

Well, ini teman yang penting banget untuk dimiliki. Usia 20-30 tahun adalah masa dimana kamu harus sudah punya calon. Iya, calon istri atau suami. Karena kamu tidak mau menjalani masa tuamu kelak sendirian kan?

Nah, carilah orang yang tepat dan benar-benar tipe kamu banget. Karena tipe teman ini harus kamu miliki hanya satu orang untuk selamanya. Jadi, jangan sampai salah pilih. Oke?

Nah, itulah 7 tipe teman yang harus kamu miliki saat berusia 20-30an. Semakin dewasa, kamu harus lebih bijaksana menentukan segala hal dalam hidupmu, termasuk dalam hal pertemanan. Lalu, sudahkah kamu jadi tipe teman di atas? Atau sudah ketemu 7 tipe teman tersebut? Yuk, koreksi bersama.

Baca Juga: Segera Sadar Deh! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Dimanfaatkan oleh Temanmu

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Silahkan ambil manfaat, kebaikan & hal positif dari artikel yang saya tulis. Jika ada sesuatu yang buruk & tidak bermanfaat, saya mohon agar dimaafkan dan ditinggalkan. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You