Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi, Ayo Segerakan!

Kebaikan apa yang sudah kamu bagikan hari ini?

Banyak yang beranggapan bahwa berbagi hanya dalam bentuk materi. Sehingga, hanya orang yang kelebihan materi sajalah yang bisa memberi kepada yang kekurangan. Padahal, memberi gak selamanya harus dinilai dengan materi lho! Karena semua orang bisa berbagi dan berkontribusi dalam kebaikan. Jadi, bagi kamu yang merasa belum memiliki kelebihan untuk berbagi sebaiknya mengubah cara pandangmu tersebut.

Karena kalau kamu menunggu cukup untuk bisa berbagi, yang ada kamu malah gak jadi-jadi merealisasikan niat baikmu. Yuk segerakan berbuat baik, karena lima alasan berikut ini bisa menjadi pemacu semangatmu untuk berbagi.

1. Pemberian bukan dari jumlahnya, tapi dari ketulusan hatimu

5 Alasan Gak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi, Ayo Segerakan!unsplash.com/benwhitephotography

Jangan minder kalau cuma memberikan sedikit kepada orang lain, toh mereka gak akan mengeluh atau menghina pemberianmu kok. Karena mereka yang baik akan menyambut pemberianmu dengan hati yang lapang dan senang. Mereka tahu bahwa kamu memang tulus memberi untuk membantu atau menyenangkan mereka.

So, semua perbuatan baikmu tergantung pada niatmu. Kalau niatmu ingin mendapat pujian, maka kamu hanya mendapat kesenangan sementara. Namun, jika niatmu tulus untuk berbuat baik maka kamu akan merasakan dampak perbuatan baikmu sampai kedepannya.

2. Agar dirimu makin terlatih untuk berbagi

5 Alasan Gak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi, Ayo Segerakan!pixabay.com/fantareis

Membiasakan diri berbuat baik bukanlah perkara mudah. Ada orang yang hanya berbuat baik ketika dia merasa berlebih. Sehingga ketika dia merasa kekurangan, maka dia akan berhenti untuk memberi. Hayo ngaku , kamu begitu juga gak? Memang sikap tersebut wajar dilakukan, karena setiap orang pasti memiliki rasa kecemasan berbeda-beda dalam hidupnya.

Namun, yang perlu kamu pahami adalah tetaplah berbuat baik disaat kamu susah atau senang, lapang atau sempit, kekurangan atau kelebihan. Karena prinsip tersebut akan melatihmu menjadi pribadi yang positif dan berjiwa sosial. So, kalau dompetmu lagi tipis, kamu terus memberi. Dan kalau dompetmu lagi tebal, kamu bakal memberi lebih.

3. Hidupmu akan selalu merasa cukup

5 Alasan Gak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi, Ayo Segerakan!Unsplash.com/Chris Benson

Ketika kamu membiasakan dirimu untuk terus berbagi, maka itu sama artinya dengan kamu mendidik dirimu untuk tidak serakah dan selalu merasa cukup dalam hidup. Karena kamu sadar bahwa yang kamu inginkan gak semuanya kamu butuhkan. Kamu punya pandangan bahwa yang kamu miliki hanyalah titipan dari Tuhan yang bersifat sementara.

So, kamu bakal menikmati sedikit saja dari segala yang kamu punya dan selebihnya kamu berikan kepada yang membutuhkan. Nah, hal tersebutlah yang akan memberi ketenangan dalam hidupmu. Karena kamu gak akan pernah tertekan atau merasa stres untuk mengumpulkan yang lebih banyak.

Baca Juga: Menulislah Karena Ini Cara Termudah Berbagi Energi Positif

4. Kamu gak tahu berapa lama lagi waktumu untuk berbuat baik, ayo segerakan!

5 Alasan Gak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi, Ayo Segerakan!unsplash.com/Zac Durant

Sampai kapan kamu mau menunda berbuat baik? Kalau sudah ada terlintas dibenakmu niat untuk berbagi, ayo segerakan! Karena kamu gak tahu sampai kapan batas usiamu. Jika kamu hanya menunda, bisa jadi kamu akan kehilangan kesempatan memperoleh kebaikan lainnya. Bukankah berbuat baik akan mendatangkan kebaikan juga?

Nah, gunakanlah waktumu agar bisa bermanfaat bagi dirimu maupun orang lain. Share kebaikan sebanyak-banyaknya, selagi kamu mampu melakukannya. 

5. Berbagi gak harus dalam bentuk materi kok!

5 Alasan Gak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi, Ayo Segerakan!pixabay.com/ales_kartal

Nah, yang terakhir adalah kamu gak perlu pusing memikirkan apa yang akan kamu bagikan kepada orang lain. Ingat, bahwa pemberian itu bukan hanya materi. Kamu membantu orang lain dengan tenaga, kemampuan, dukungan, motivasi atau bahkan kecerdasan yang kamu miliki juga merupakan suatu bentuk berbagi.

Intinya, selagi itu suatu kebaikan dan bisa bermanfaat bagi orang lain, maka lakukanlah. Karena berbagi bukan dari besar atau kecil pemberian tersebut, namun seberapa berartinya nilai berbagi itu bagi orang lain. Teruslah bersemangat menjadi orang yang menyebarkan semangat berbagi.

Jadi, sudahkah kamu berbagi hari ini? Kalau belum, yuk mulai sekarang juga!

Baca Juga: 5 Alasan Logis yang Bikin Kamu Gak Ragu Lagi Berbagi pada Sesama

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You