Comscore Tracker

5 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Itu Tak Selalu Negatif

Ada sisi baiknya juga, lho!

Membandingkan diri dengan orang lain biasanya dinilai sebagai perilaku toksik dan negatif. Pasalnya, hal ini menggambarkan sikap seseorang yang seolah tidak puas dengan apa yang ada pada dirinya.

Padahal nih, merasa belum puas dengan diri sendiri dan membandingkannya dengan orang lain gak selamanya buruk lho. Ini nih lima alasan yang bisa kamu lihat sebagai sisi baiknya.

1. Untuk mengetahui standar yang berkualitas seperti apa 

5 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Itu Tak Selalu NegatifUnsplash/bruce mars

Memang standar hidup setiap orang itu relatif. Tapi, tak ada salahnya melihat standar hidup orang-orang yang lebih baik atau sukses dari kita. Tujuannya untuk apa? Agar kita bisa mencapai hal yang seimbang atau bahkan lebih baik dari orang tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa hal itu dilakukan bukan untuk tujuan berkompetisi dengan orang lain. Tapi, kamu berkompetisi dengan dirimu sendiri untuk menaklukkan hal-hal yang belum kamu taklukkan dalam dirimu.

 2. Agar kamu tidak terus larut dalam kekurangan diri

5 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Itu Tak Selalu NegatifUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Terkadang kesadaran diri itu datang dari teguran ketika melihat orang lain lebih baik dari kita. Yup, bisa dibilang munculnya insecurity dalam diri. Jika kamu bijak, kamu akan menjadikan perbandingan dirimu dengan orang lain tersebut untuk meningkatkan kualitas dirimu.

Tapi bukan berarti itu membuatmu seolah merasa tertinggal dari orang lain ya, melainkan itu harus membuatmu merasa tertinggal dengan diri sendiri. Dalam artian, karena kamu terlalu berlarut dalam kelemahan atau kekurangan diri selama ini.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Hobi Membandingkan Diri dengan Orang Lain, Kamu Termasuk?

3. Membangun motivasi diri 

5 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Itu Tak Selalu NegatifUnsplash/Priscilla Du Preez

Motivasi itu terkadang berasal dari luar diri seseorang. Kemudian, masuk ke dalam diri sendiri dan menjadikannya sebagai motivasi yang semakin kuat. Dengan melihat orang lain lebih unggul dari dirimu, maka hal tersebut bisa kamu sikapi dengan positif.

Kamu tak perlu merasa rendah diri karena belum seunggul orang lain. Namun, bangunlah perasaan motivasi untuk membuat dirimu lebih baik lagi. Tentunya menjadi diri yang lebih baik sesuai versi dirimu sendiri ya.

4. Membuka peluang mengenal diri sendiri

5 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Itu Tak Selalu NegatifUnsplash/Kinga Chichewicz

Dengan membandingkan diri dengan orang lain, kamu jadi tahu standar dalam beberapa hal. Meski tak selamanya harus diikuti, tapi setidaknya kamu akan punya pegangan dalam mengukur sesuatu. Kemudian, kamu bisa menyesuaikannya dengan dirimu.

Kamu bisa merefleksikan perbandingan tersebut ke dalam dirimu sendiri. So, ketika dalam proses merefleksi diri sendiri inilah kamu sedang memberi ruang bagi dirimu untuk mengenal siapa dan bagaimana kamu. 

5. Meningkatkan rasa syukur

5 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Itu Tak Selalu NegatifUnsplash/Julia Caesar

Membandingkan-bandingkan diri tak selamanya tanda tidak bersyukur, lho. Kamu malah bisa menjadikannya sebagai ajang untuk bersyukur. Lho kok bisa? Tentu! Kamu bisa melakukannya dengan membandingkan diri dengan orang-orang yang keadaannya di bawah kamu.

So, membandingkan diri itu tak melulu harus melihat orang-orang yang keadaannya di atas kamu, ya!

Yuk, mulai sekarang lakukan perbandingan diri dari sisi yang lebih positif. Semangat ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Mengubah Sifat Seseorang Itu Sia-sia, Jangan Dilanjut!

미아 Photo Verified Writer 미아

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya