Comscore Tracker

Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluh

Cobalah melihat hidup dari sisi positifnya

Kamu mungkin pernah merasa hidup sangat berat seolah-olah kamu orang yang paling menderita di dunia ini. Atau merasa bahwa hidupmu penuh keluhan dan merasa bahwa kehidupan sudah gak adil kepadamu.

Guys, cara pandangmu tersebut sangat keliru. Bukan hidup yang gak adil, hanya kamu saja yang terus memandang hidup dari sisi terburuknya tanpa mau melirik sisi baik kehidupan.

Selain itu, mungkin saja kamu melakukan lima hal berikut ini yang membuat kamu begitu mudah mengeluh. Yuk simak di bawah ini!

1. Tidak sabar melalui proses

Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluhunsplash.com/Warren Wong

Guys, semua alur kehidupan membutuhkan proses. Gak ada sesuatu yang terjadi secara instan tanpa melalui tahapan-tahapan tertentu. Kamu harus sadar, ketika ingin mencapai tujuan kamu akan melalui proses. Seperti halnya visi membutuhkan misi -misi untuk menggapainya. Nah, untuk menghadapi proses yang kadang mudah dan kadang sulit, kamu butuh kesabaran ekstra.

Karena kalau kamu begitu mudah mengeluh dan sudah gak sabar dari awal, maka kamu hanya membuat hambatan bagi kelancaranmu mencapai tujuan. Bersabarlah saat di awal, sedang, atau selesai mengejar tujuan apapun dalam hidupmu agar dirimu gak mudah kecewa dan terus berekspektasi buruk tentang hidupmu.

2. Tidak sadar bahwa hidup ada kebaikan dan keburukan yang pasti akan dihadapi

Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluhpexels.com/Nathan Cowley

Dalam hidup selalu berpasang-pasangan antara yang baik dan buruk, ujian dan kemenangan, yang menyenangkan dan mengecewakan. Semuanya pasti akan kamu hadapi. Kamu gak bisa mengatakan kalau hidupmu selalu memperoleh segala sesuatu sesuai harapanmu. Sangat mustahil!

Pasti, kamu akan mengalami positif dan negatif kehidupan, baik itu sejalan beriringan atau berputar bergantian seperti roda. Intinya, apapun bagian kehidupan yang sedang kamu alami tetaplah bersyukur, bermental kuat, dan positive thinking.

Baca Juga: 7 Kesulitan Hidup yang Justru Membuatmu Semakin Kuat di Masa Depan

3. Kurangnya self love dan motivasi kepada diri sendiri

Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluhunsplash.com/Mag Pole

Nah, biasanya mental yang mudah mengeluh disebabkan lemahnya apresiasi seseorang terhadap dirinya. Padahal, yang kamu anggap sebagai kelemahanmu, harusnya kamu perbaiki dengan menguatkan keunggulan dirimu.

Jika kamu saja sudah gak mencintai dirimu sendiri, bagaimana orang lain akan mencintaimu lebih baik lagi?

Nah, jangan lagi mengeluh ya. Kamu harus tanamkan self love dengan menghargai dan mengapresiasi dirimu sendiri. Serta bangunlah motivasi dari dirimu sendiri bahwa kamu bisa, kamu luar biasa, dan dirimu spesial.

4. Belum berusaha secara maksimal

Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluhunsplash.com/@officestock

Belum lagi mencoba sudah mengeluh. Kamu begitu? Atau kamu termasuk tipe yang sudah mencoba namun begitu mudah mengatakan "gak bisa"? Nah, sikap inilah yang membuatmu bermental down dan mudah menyerah. Seharusnya kamu memiliki mental pejuang yang pantang pulang sebelum menang. 

Takut gagal? Berusaha, berusaha dan terus berusaha semaksimal mungkin. Karena hasil usahamu akan dinilai di akhir. Meskipun, hasilnya nanti gak sesuai harapan kamu tetap saja gak boleh ngeluh. Kok begitu? Ya, karena kamu sudah menang kok, meski belum jadi juara. Maksudnya, kamu sudah luar biasa karena berani melewati tantangan meski belum mampu mendapatkan apa yang kamu harapkan.

5. Tidak bersyukur dengan kebaikan yang pernah diperoleh sebelumnya

Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluhunsplash.com/Christian Erfurt

Merupakan kebiasaan buruk bahwa seseorang begitu mudah mengeluhkan sesuatu yang dianggapnya buruk, sementara sebelum-sebelumnya dia memperoleh begitu banyak kebaikan. Satu ujian yang dihadapinya dianggap sebagai musibah, sementara begitu banyak kebaikan yang diperolehnya gak diingat sedikit pun.

Jadi, lihatlah kembali ke dalam dirimu. Mungkin saja kamu mengeluhkan hal sepele yang seharusnya bisa kamu maafkan dan lupakan. So, kamu harus terus berusaha untuk bersyukur dalam kondisi apapun ya!

Itulah lima tanda yang buktikan bahwa kamu itu bermanfaat bagi orang lain. Hidupmu gak sia-sia kok, asal kamu gak terus mengeluh tentang kehidupanmu!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Hidup tanpa Drama Bikin Kita Lebih Bahagia

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya