Comscore Tracker

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal Ini

Jangan sampai terulang lagi, ya!

Mendapatkan apa yang diimpikan merupakan harapan oleh setiap orang. Namun, untuk mendapatkannya tentu tidaklah mudah. Belum lagi, risiko gagal juga bisa terjadi sebelum kamu berhasil menggapai tujuanmu atau bahkan sesudahnya.

Nah, mungkin kamu sering mencoba mimpi-mimpimu, namun berulang kali pula sering gagal. Simak nih, mungkin enam kesalahan ini tanpa sadar sudah kamu lakukan.

1. Tidak membuat daftar motivasi atau alasan yang kuat dalam melakukannya

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal IniUnsplash/Elijah Hiett

Ibarat sebuah bangunan yang berdiri kokoh karena adanya fondasi, begitu pula impianmu seharusnya. Milikilah fondasi yang kuat dalam mengejar segala impianmu. Buatlah daftar hal-hal yang menjadi motivasi dan alasanmu untuk meraihnya sedetail mungkin dalam secarik kertas.

Pastikan pula setiap alasan atau motivasimu juga harus realistis dan dapat terukur. Dalam artian, kamu memiliki gambaran dan strategi untuk mencapainya. Jika memungkinkan, buatlah juga alasan yang menantang dan bisa membuatmu semakin bersemangat dalam mengejarnya.

2. Kurang memahami manfaat dari hal yang dilakukan

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal IniUnsplash/Magnet.me

Mengetahui manfaat dari setiap impianmu akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih sadar. Sadar akan apa yang sedang dilakukan bahwa hal tersebut akan membawa kebaikan untuk dirimu. Ketika kamu sadar maka kamu akan fokus dan serius dalam mengerjakannya.

Dengan mengetahui manfaatnya, kamu atau orang lain juga tak akan mudah menyepelekan impianmu. Karena impianmu itu berguna dan bermanfaat dalam hidup. Malah, kamu akan merasa rugi jika tidak mampu mendapatkannya.

3. Terlalu berorientasi kepada hasil

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal IniUnsplash/bruce mars

Kebanyakan orang-orang yang memiliki impian terlalu berorientasi kepada hasil. Sebenarnya tak ada yang salah jika berantusias dengan hasil akhir yang baik dari impianmu. Namun, terkadang jika terbuai dengan pemikiran tersebut, malah akan membuatmu lalai dengan prosesnya.

Lebih baik, fokuslah kepada proses. Karena untuk mendapatkan hasil, kamu pastinya harus melalui proses. Ketika prosesnya baik, maka kemungkinan terbesar hasilnya pun akan baik pula. Ingatlah selalu bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Mengelola Impian Ini Merugikan Diri Sendiri, Lho!

4. Terlalu mudah terdistraksi dengan hal lainnya

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal IniUnsplash/Marvin Meyer

Ketika kamu sudah berani bermimpi, maka bekerja keras dan berpikir cerdaslah dalam mencapainya. Fokuslah mengerjakan satu per satu impianmu. Karena ketika kamu fokus, maka kamu akan memberikan perhatian penuh dan upaya maksimal dalam mendapatkannya.

Hindari atau batasi hal-hal yang tidak penting dan dapat membuang waktumu. Jangan sampai hal-hal kurang bermanfaat tersebut menjadi sumber distraksimu dan membuatmu terhambat dalam mencapai impianmu. 

5. Terlalu banyak membuat pertimbangan

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal IniUnsplash/Kat Stokes

Membuat perencanaan dengan penuh pertimbangan saat mulai bermimpi tentu sah-sah saja. Namun, jangan habiskan waktumu di situ. Bergeraklah dan jalankan strategi dalam menggapai impianmu. Sambil proses mencapai impianmu, kamu juga bisa terus mengevaluasi dan membuat pertimbangan-pertimbangan tambahan, kok.

Jangan pula menyia-nyiakan waktu dengan mempertimbangkan kemampuan diri ya. Kamu pasti bisa, jika kamu mau mencoba. Toh, bukankah semua orang di dunia ini belajar terlebih dahulu untuk berbagai hal? Kita semua pasti dari yang tidak tahu akan mampu menjadi tahu jika mau belajar dan berusaha.

6. Tidak mengevaluasi kegagalan dan keberhasilan sebelumnya

Impianmu Selalu Gagal? Mungkin Tak Sadar Kamu Selalu Ulangi 6 Hal IniUnsplash/Kinga Chichewicz

Ketika gagal maka mungkin ada yang salah atau kurang tepat pada saat kamu mencapai impianmu yang dulu. Dari kegagalan inilah kamu belajar dan berproses untuk mengevaluasi diri. Kamu bisa memanfaatkan momen kegagalanmu sebagai langkah mengetahui kelemahan dirimu. So, hal ini bisa kamu perbaiki ke depannya.

Pun, keberhasilan sebaiknya juga kamu evaluasi. Karena hal ini akan membantumu meningkatkan kepercayaan diri bahwa kamu pernah berhasil menggapai impian-impianmu. Selain itu, dengan mengevaluasi atau merefleksi keberhasilanmu, kamu akan menemukan titik kekuatan atau keunggulan dirimu.

So, semangat ya! Beranilah bermimpi dan beranilah mendapatkannya. Evaluasilah kesalahanmu dalam menggapai impian di masa lalu. Kemudian, jadikanlah bekal untuk lebih siap mendapatkan impian-impianmu yang lainnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian 

미아 Photo Verified Writer 미아

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya