Comscore Tracker

5 Ide Seru untuk Menikmati Hidup di Akhir Bulan, Hemat Biaya Nih!

Lebih asyik kalau ajak orang terdekatmu!

Menikmati hidup di akhir bulan cukup jarang dilakukan bagi sebagian orang. Karena biasanya semakin mendekati akhir bulan, kondisi keuangan seseorang kian menipis. Jadi, gak jarang kalau waktu akhir bulan hanya dihabiskan untuk berdiam diri di rumah tanpa melakukan suatu kegiatan seru. Padahal, akhir bulan adalah kesempatan untuk menyegarkan pikiranmu setelah melewati kesibukan sebulan penuh.

Kalau kamu sendiri termasuk tipe orang yang dompetnya suka kosong di akhir bulan gak sih? Jangan khawatir, berikut ini ada lima ide seru yang masih bisa kamu lakukan untuk menikmati akhir bulanmu. Hemat dan gak menguras kantong kok!

1. Mendekorasi kamar tidur

5 Ide Seru untuk Menikmati Hidup di Akhir Bulan, Hemat Biaya Nih!Unsplash.com/Sidekix Media

Akhir bulan menjadi kesempatanmu untuk merapikan kamar tidurmu. Kamu bisa memulai dengan memilah barang-barang yang gak terpakai lagi agar membuat suasana kamar tidurmu terasa lapang. Setelah itu, ubahlah tata letak barang-barang di kamar tidurmu agar terlihat berbeda dari sebelumnya. Nah, kamu juga bisa membuat dekorasi kreatif untuk kamar tidurmu lho.

Biar kamar tidurmu gak terlalu monoton dan membosankan, sebaiknya kamu menghiasnya dengan dekorasi buatanmu sendiri. Cukup banyak kok tutorial membuat dekorasi kamar di YouTube. Bahkan, kamu gak perlu mengeluarkan banyak biaya karena bahan untuk membuat dekorasi bisa dibuat sendiri dari barang-barang yang sudah gak terpakai lagi. Kamu hanya tinggal memilih dekorasi yang sesuai seleramu.

2. Membuat DIY (Do It Yourself)

5 Ide Seru untuk Menikmati Hidup di Akhir Bulan, Hemat Biaya Nih!Unsplash.com/Jasmin Schreiber

Daripada barang bekasmu dibuang begitu saja, lebih baik kamu menyimpannya untuk dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. Di akhir bulan, kamu bisa mencoba ide seru dengan mengolah barang bekasmu. Apalagi jika kamu lagi butuh suatu barang, daripada membelinya lebih baik kamu membuatnya sendiri dengan menggunakan barang bakas yang sudah gak terpakai lagi.

Biar semakin seru, cobalah mengajak teman atau keluargamu untuk membuat DIY masing-masing. Nah, jadi gak perlu banyak biaya bukan? Malah kamu malah melakukan hal yang lebih produktif dan bermanfaat. Kamu juga bisa mengasah kreativitasmu sepuas-puasnya.

Baca Juga: 6 Tips Bertahan di Akhir Bulan buat Kamu Para Sandwich Generation

3. Menonton film favorit

5 Ide Seru untuk Menikmati Hidup di Akhir Bulan, Hemat Biaya Nih!Unsplash.com/Rhett Noonan

Gak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi nonton ke bioskop. Sekarang kamu sudah bisa streaming film sendiri dari rumah. Kamu bisa menonton film favoritmu sendirian atau mengundang beberapa temanmu ke rumah untuk menemanimu. Nah, jangan lupa sediakan snack atau cemilan ringan untuk membuat suasana menonton layaknya di bioskop ya.

Kemudian, pilihlah film yang bermanfaat untuk kamu tonton sendirian atau bersama temanmu. So, akhir bulanmu juga menjadi kesempatan quality time bareng teman kan? Gak perlu malu mengajak temanmu menonton meski hanya di rumah, karena temanmu yang baik akan bersedia saja menemanimu saat kantongmu lagi tebal ataupun tipis.

4. Membuat tantangan memasak

5 Ide Seru untuk Menikmati Hidup di Akhir Bulan, Hemat Biaya Nih!Unsplash.com/Maarten van den Heuvel

Daripada hanya bersantai di kasur, lebih baik kamu mencoba suatu hal yang baru. Kamu bisa membuat tantangan masak bersama orang terdekatmu. Biar suasana terasa semakin asyik, kalian bisa membuat challenge memasak dengan bahan dan budget tertentu.

Sebenarnya bukan hanya untuk seru-seruan, membuat challenge masak bersama juga akan menambah kekompakan dengan orang-orang terdekatmu. Jadi, bahagia itu cukup murah dan sederhana. Semuanya gak harus dengan uang banyak, ketika dompet tipis kamu juga bisa menikmatinya kok!

5. Mengunjungi perpustakaan atau toko buku

5 Ide Seru untuk Menikmati Hidup di Akhir Bulan, Hemat Biaya Nih!Unsplash.com/Marc Fanelli-Isla

Mengunjungi perpustakaan atau toko buku bisa menjadi alternatif menikmati akhir bulan bagi kamu yang bosan di rumah. Gak perlu bingung mau pergi ke mana dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, kamu bisa ke perpustakaan untuk sekadar membaca atau meminjam buku yang kamu sukai.

Selain itu, kamu juga bisa ke toko buku untuk melihat-lihat buku yang ingin kamu beli. Eits, bukan dibeli saat dompetmu lagi tipis kok. Kamu bisa melihat-lihat saja dulu dan membeli buku yang kamu inginkan saat kondisi keuanganmu sudah mulai stabil di awal bulan. Jadi, nantinya kamu bisa menyisihkan pemasukanmu di awal bulan untuk membeli buku.

Nah, itulah tadi lima ide seru dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di akhir bulan. Berminat mencobanya?

Baca Juga: 5 Kegiatan Bermanfaat Sambil Menunggu Wisuda, Daripada Cuma Nganggur

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Tulisan saya lainnya: mialubisblog.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya