Comscore Tracker

Jangan Lekas Berkecil Hati, Ikuti 5 Tips Bangkit dari Kekurangan Diri

Tetap semangat ya!

Setiap orang dianugerahi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, terkadang masih banyak orang yang mengeluh dan merasa putus asa dengan kekurangan dirinya. Padahal, kekurangan diri bukanlah hal yang pantas membuat seseorang jadi berkecil hati.

Sebagai manusia yang kuat dan hebat, seharusnya menjadikan kekurangan diri sebagai penyemangat untuk bangkit menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, kamu tak perlu terlalu fokus dengan kekurangan diri, tetap semangat dan ikuti lima tipsnya berikut ini!

1. Kenali diri sendiri dan sadari bahwa kamu adalah orang yang istimewa

Jangan Lekas Berkecil Hati, Ikuti 5 Tips Bangkit dari Kekurangan Diriunsplash.com/Dmitriy Tyukov

Setiap manusia itu terlahir istimewa. Manusia itu unik, artinya segala perbedaan pada manusia adalah ciri khas pribadinya masing-masing. Maka, tak layak jika memandang kekurangan diri sebagai penghalang dalam hidup. Karena memang manusia punya porsi kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak ada manusia yang sempurna.

Namun, yang ada adalah manusia yang mau terus berusaha menjadi lebih baik lagi. Untuk itu, kenali dirimu agar bisa berada pada titik mengalahkan kekurangan diri. Sadari dengan jujur bahwa kamu memang punya kekurangan. Pun, kamu tak boleh lupa bahwa kamu juga punya kelebihan, yang mana keduanya adalah bagian hidup yang tak bisa terelakkan dari dirimu.

2. Terima semua kekuranganmu dengan lapang dada

Jangan Lekas Berkecil Hati, Ikuti 5 Tips Bangkit dari Kekurangan DiriUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Cara yang bisa dilakukan untuk melawan kekuranganmu adalah dengan menerimanya terlebih dahulu. Sadari bahwa kekuranganmu adalah tantangan hidupmu. Maka hadapilah tantangan itu dengan sungguh-sungguh. Pun, kamu tak boleh lupa untuk tetap bersabar dan menerima kekuranganmu dengan lapang dada.

Yakinlah bahwa kekuranganmu bukan penghambat segala yang kamu cita-citakan dalam hidup. Kamu bisa sukses, bahagia dan mendapat apa yang kamu inginkan tanpa terhalang oleh kekuranganmu. Tetaplah percaya diri dan jangan menganggap rendah diri sendiri hanya karena suatu kekurangan yang ada pada dirimu.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Gak Harus Iri pada Kelebihan Pasangan Orang Lain

3. Buat daftar catatan kekurangan dan kelebihanmu pada secarik kertas

Jangan Lekas Berkecil Hati, Ikuti 5 Tips Bangkit dari Kekurangan Diriunsplash.com/@craftedbygc

Cobalah terbiasa untuk lebih berani dan terbuka pada diri sendiri. Jujurlah melihat dan menggali segala kelebihan dan kekuranganmu, meski itu pahit atau sulit untuk kamu terima. Karena manusia yang baik adalah yang mampu mengenali dirinya sendiri. Untuk itu, kenali dirimu dengan membuka segala kekurangan dan kelebihanmu dengan menulisnya pada secarik kertas.

Jadi, kamu bisa melihat hal-hal apa saja yang selama ini menjadi potensi dan titik lemah dalam hidupmu. So, kamu juga lebih bisa mengarahkan dan merencanakan hidupmu dengan cara yang tepat. Penting untuk mengetahui kelebihanmu agar bisa memotivasimu lebih baik lagi atau memaksimalkan potensi kelebihan dirimu tersebut.

Pun, kekurangan diri perlu juga dikenali agar kamu tahu untuk memperbaiki atau mengevaluasinya.

4. Cari solusi untuk menaklukkan kekuranganmu dengan cara yang kamu mampu

Jangan Lekas Berkecil Hati, Ikuti 5 Tips Bangkit dari Kekurangan DiriUnsplash.com/Ethan Sykes

Hampir tak ada orang yang mengharapkan kekurangan dalam hidupnya. Sehingga, tak sedikit yang menyesalkan jika harus ada kekurangan pada dirinya. Tapi, bukan penyesalan yang harus terus dipertahankan. Berpikirlah untuk keluar dari rasa kesal dan mengeluh. Setelah kamu tahu daftar kekuranganmu, maka rencanakan juga solusi untuk menyelesaikannya.

Pastikan juga solusi yang kamu pilih adalah jalan yang memang benar-benar sanggup kamu lakukan. So, jangan berharap menyingkirkan kekurangan diri dengan cara yang sulit bagimu, karena pada akhirnya hanya akan menyakiti diri sendiri.

5. Lebih fokus dalam menonjolkan kelebihan diri

Jangan Lekas Berkecil Hati, Ikuti 5 Tips Bangkit dari Kekurangan Diriunsplash.com/ianstauffer

Daripada sibuk dengan memikirkan kekurangan dirimu, ada baiknya kamu segera bangkit dan fokus memikirkan hal positif lainnya. Memang kamu punya satu kekurangan, tapi kamu juga punya lebih banyak kelebihan lainnya. Kelebihan dirimulah yang seharusnya jadi fokus hidupmu. Tonjolkan hal yang menurutmu adalah nilai yang membedakan kualitas dirimu dari orang lain.

Niatkan dan usahakan semuanya untuk tujuan yang baik. So, kamu sendirilah yang nantinya akan merasakan dampak positif dari kelebihan yang kamu miliki. Orang lain juga tak akan banyak memandang kekuranganmu lagi. Karena bagi mereka kelebihanmu lebih patut dihargai dan dicontoh, dibandingkan harus menilai kekurangan yang memang sudah pasti dimiliki setiap orang.

Itulah tadi lima tips bangkit dari kekurangan diri. So, jangan jadikan kekuranganmu sebagai penyebabmu berkecil hati. Tapi, jadikanlah kekurangan dirimu sebagai penyebabmu bangkit. Tetap semangat dan jangan lupa bersyukur, ya.

Baca Juga: 5 Kerugian Bila Kamu Memelihara Sifat Sombong, Hati-hati Bikin Gerah!

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya