Comscore Tracker

5 Cara Melawan Ego Diri Sendiri agar Mau Menerima Nasihat Orang Lain!

Jangan tutup telingamu dari kebaikan orang lain

Ego seseorang memang tidak mudah untuk ditaklukkan. Karena memang ego negatif yang menguasai diri membuat seseorang merasa benar sendiri sehingga enggan menerima nasihat dari orang lain.

Apa kamu termasuk tipe orang yang memiliki ego tinggi hingga sulit menerima perkataan baik dari orang lain? Jika iya, berikut ini ada lima cara melawan ego diri sendiri agar mau menerima nasihat orang lain.

1. Mengenali penyebab timbulnya sikap egois

5 Cara Melawan Ego Diri Sendiri agar Mau Menerima Nasihat Orang Lain!pexels.com/Nathan Cowley

Sebelum berusaha melawan ego dalam dirimu, kamu harus tahu dulu yang menjadi penyebab hatimu begitu keras sampai tidak mau membuka diri dari nasihat orang lain.

Coba gali dengan jujur ke dalam hatimu, alasan apa saja yang selama ini memicu keegoisanmu timbul. Jika kamu sudah mengetahui sisi kelemahanmu tersebut, tentunya kamu bakal lebih mudah menemukan solusi menaklukkannya.

2. Melatih rasa peduli terhadap sikap orang lain

5 Cara Melawan Ego Diri Sendiri agar Mau Menerima Nasihat Orang Lain!unsplash.com/Zac Durant

Ego yang tinggi biasanya timbul karena sikap yang hanya ingin mementingkan diri sendiri dan tidak mau memikirkan kepentingan orang lain. Padahal, manusia adalah makhluk sosial yang selalu butuh dengan manusia lain di sekelilingnya.

Untuk itu, kamu harus melatih kepedulian dengan lebih sering memperhatikan dan merenungi keadaan orang-orang di sekitarmu yang keadaannya kurang dari dirimu.

Baca Juga: Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri Sendiri

3. Tanamkan prasangka baik kepada orang yang memberi nasihat

5 Cara Melawan Ego Diri Sendiri agar Mau Menerima Nasihat Orang Lain!pixabay.com/ales_kartal

Menanamkan prasangka baik terhadap perkataan orang-orang yang menasihatimu merupakan langkah yang bisa kamu lakukan untuk meredam egomu.

So, kamu tidak akan menganggap besar dirimu sendiri. Kamu bisa lebih berbesar hati dengan pendapat orang lain. Pun, kamu gak akan lagi memiliki perasaan meremehkan dan merendahkan seseorang.

4. Terus mengevaluasi diri sendiri

5 Cara Melawan Ego Diri Sendiri agar Mau Menerima Nasihat Orang Lain!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu harus mengevaluasi dirimu sejauh mana sudah bertarung melawan egomu. Selain itu, pahami juga berbagai karakter orang dalam menasihati. Sehingga, dirimu sendirilah yang harus pandai menempatkan diri saat menemui cara orang yang berbeda-beda dalam menasihatimu.

5. Meminta nasihat lebih dulu sebelum dinasihati

5 Cara Melawan Ego Diri Sendiri agar Mau Menerima Nasihat Orang Lain!unsplash.com/ann_van_

Cara yang paling cepat melunturkan egomu agar bisa dinasihati adalah dengan meminta nasihat lebih dulu. Jika kamu sudah mampu melakukan yang demikian, maka artinya hatimu tidak lagi meninggi alias sombong. Justru kalau kamu mampu melakukannya artinya kamu sudah berhasil dan menang melawan ego negatif dalam dirimu.

Memang tidak mudah mengubah ego yang sudah terbiasa mengabaikan nasihat atau pendapat orang lain. Namun, tidak ada yang tidak mungkin jika kamu memang sungguh-sungguh ingin mengubah sikap burukmu tersebut.

Baca Juga: Gak Melulu Nasihat, 5 Hal Ini yang Sebenarnya Diharapkan Pencurhat

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: miariantilubis4798@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya