Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Impianmu

Ingat, banyak orang-orang yang tengah menanti kesuksesanmu!

Dalam proses mencapai impiannya, seseorang pasti menghadapi berbagai rintangan  dan hambatan. Gak ada jalan yang mulus, menggapai impian butuh usaha dan pengorbanan. So, kamu harus melatih dirimu agar terbiasa melakukan hal-hal yang bisa mendukung impianmu.

Jangan sampai kamu malah melakukan lima kebiasaan sepele yang yang bisa menghambat impianmu berikut ini. Simak yuk, bisa jadi kamu gak menyadarinya nih!

1. Selalu merasa cepat puas

Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Impianmuunsplash.com/Lians Jadan

Orang yang selalu merasa cepat puas cenderung tidak mau meningkatkan kualitas dirinya. Padahal, setiap hari persaingan hidup semakin ketat. So, mau tidak mau kamu harus berusaha keras bersaing dengan orang-orang yang punya tujuan sama denganmu. Tanamkanlah prinsip bahwa kamu tidak boleh cepat puas dengan hasil usahamu.

Terus dan teruslah menjadikan hal yang belum baik menjadi baik. Pun, jadikanlah hal yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Jangan pernah ada kata puas dalam melakukan kebaikan. Lakukan yang maksimal untuk impian yang baik dan bermanfaat untukmu.

2. Sering menunda-nunda

Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Impianmuunsplash.com/The Creative Exchange

Rasa malas memang menjadi perilaku negatif yang jadi tantangan hampir setiap orang. Terkadang kemalasan bukan hanya karena niat tapi juga dipengaruhi kondisi tubuh yang gak selalu fit. Sehingga, seseorang lebih terbuai dengan bersantai-santai atau menunda-nunda tujuannya.

Padahal sayang banget lho! Kita hanya punya waktu 24 jam dalam sehari. Sementara, waktu terus berjalan maju dan tak pernah mundur. Begitu rugi jika kita gak berusaha manfaatkan kesempatan yang ada sebaik-baiknya. Satu detik waktumu yang kamu sia-siakan sama saja artinya kamu menunda satu detik usaha mencapai impianmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kegagalan Itu Perlu Dirasakan Sebelum Raih Kesuksesan

3. Banyak rencana namun tidak ada tindakan

Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Impianmuunsplash.com/Cathryn Lavery

Punya rencana yang sudah dibuat sebaik mungkin namun gak pernah ada tindakan yang dilakukan, sama saja nihil. So, perencanaan terhadap impianmu adalah ibarat niat atau tekadmu. Sementara, tindakan yang kamu lakukan dari hasil perencanaanmu adalah bentuk usahamu.

Jangan sampai kamu memiliki cita-cita tinggi untuk masa depanmu, namun kamu gak berusaha semaksimal mungkin. Ingatlah, bahwa perencanaan bukanlah hasil akhir impianmu. Perencanaan hanyalah guide yang membuat arah dan tujuan impianmu lebih jelas.

4. Mudah menyerah

Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat ImpianmuUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Dalam proses mencapai impian, seseorang akan menghadapi berbagai rintangan yang menghalanginya. Terkadang, ada tipe orang yang mudah berputus asa dan memilih melupakan atau meninggalkan impian yang pernah menggebu-gebu di hatinya. Namun, sikap terbaik adalah dengan terus maju dan pantang mundur. Jangan menyerah meski di situasi tersulit sekalipun.

Tetap hadapi masalah dan rintangan dengan tenang dan percaya diri. Jika ada kemungkinan kamu gak sanggup menyelesaikan sendiri tantangan dalam mencapai impianmu, maka libatkanlah orang-orang kepercayaanmu untuk membantu, saling berkolaborasi atau yang bisa memotivasi usahamu. 

5. Tidak mau mengevaluasi diri

Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Impianmupexels.com/nappy

Merasa diri sudah paling sempurna dan beranggapan tidak perlu lagi mengevaluasi diri adalah penyakit yang biasanya dihadapi orang-orang. Bagi kami si pengejar impian, jangan sampai terjatuh pada sikap yang demikian. Tetaplah merendah dan minta kritik, saran atau masukan dari orang lain. Karena terkadang kamu bisa kurang obyektif menilai kekuranganmu sendiri.

Sehingga kamu perlu melibatkan orang lain untuk menilai kelebihan maupun kekurangan dirimu. So, lebih seringlah mengevaluasi dirimu apalagi proses dalam mencapai impianmu. Sehingga, kamu bisa lebih menyadari apa saja hal-hal yang menjadi penghambat dan pendukung tujuanmu.

Karena penghambat impian terkadang datang dari kebiasaan buruk yang disepelekan oleh diri sendiri. Mulailah perlahan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang menghambat impianmu. Tetap semangat dan terus kejar impianmu!

Baca Juga: 5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai Mendera

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya