Comscore Tracker

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Bicara Kasar

Tahan..tahan..tahan..

Berkata kasar bukanlah perbuatan yang tepat dalam berkomunikasi dengan siapa pun. Ketika seseorang berkata kasar, maka bisa membawa dampak buruk pada dirinya dan lawan bicaranya.

Kamu sendiri pernah gak sih dicaci maki, dijuluki atau diucapkan perkataan yang kasar dari orang lain? Lantas, bagaimana respon yang kamu lakukan? Marah? Kepancing emosi? Jangan dong. Ikuti lima cara tepat yang bisa dilakukan ketika orang lain bicara kasar padamu.

 1. Menahan diri agar tidak terbawa emosi 

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Bicara KasarUnsplash/Eliott Reyna

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah berusaha agar tak terpancing emosi. Jangan biarkan hal buruk dibalas dengan keburukan juga. Tenangkan hati dan pikiranmu yang akan menjadi penerima dan pemberi respon dari tindakan buruk orang lain. Berusahalah untuk mengambil sikap diam terlebih dahulu sebelum mengeluarkan perkataan atau melakukan tindakan atas keburukan orang lain kepadamu.

Hal tersebut bertujuan untuk menahan dirimu untuk tidak mengucapkan perkataan yang tidak lebih buruk atau menyakitkan kepada seseorang. Selain itu, juga akan menurunkan emosi negatif dalam dirimu dan memberi waktu sejenak untuk menenangkan diri.

2. Memaafkan lebih dahulu segala perkataan buruknya 

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Bicara KasarUnsplash/Shot by Cerqueira

Langsung memaafkan perkataan kasar dari orang lain merupakan cara terbaik untuk mendewasakan dirimu. Jika kamu menyimpan dendam atau sakit hati, maka artinya kamu sama saja telah melakukan keburukan kepada orang lain, meski dilakukan dengan cara yang berbeda.

Memang jika kamu memaafkan akan ada sedikit penolakan dari hatimu, tapi itu jauh lebih baik untuk melapangkan hatimu. Sebelum mereka yang meminta maaf, kamu harus menanamkan prinsip untuk memaafkan lebih awal. Ingat, bahwa kita hidup bukan ingin mencari musuh. Namun, kita hidup untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.

 3. Memahami penyebabnya sering berbicara kasar 

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Bicara KasarUnsplash/Ethan Sykes

Ketika orang berbicara kasar kepadamu, maka jangan terbiasa untuk langsung berprasangka buruk kepadanya. Berpikirlah bahwa setiap perbuatan yang dilakukan bukan hanya memiliki dampak, tapi juga memiliki penyebab. Mungkin, ketika seseorang berkata kasar kepadamu karena alasan tekanan dari dalam atau luar dirinya, sehingga dia meluapkan emosi negatifnya kepadamu.

Bisa saja dia memang terbiasa bersikap kasar dan tidak tahu caranya bersikap baik kepada seseorang. Siapa yang tahu jalan pikiran seseorang? Yang lebih bijaksana adalah diri kita sendiri yang menyesuaikan diri dengan sikap orang lain. Jika kita lebih berpikiran terbuka dan berbesar hati untuk menyikapi dengan baik keburukan dari seseorang, maka tidak akan ada keributan atau perpecahan dalam suatu hubungan.

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasar

4. Menegurnya secara tegas dan bijaksana 

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Bicara KasarUnsplash/Yuvraj Singh

Well, menegur adalah langkah selanjutnya setelah kamu memahami alasan di balik seseorang yang suka berkata kasar kepadamu. Jadi, jika kamu peduli dengan seseorang, maka jangan biarkan dia terbiasa atau malah membenarkan kebiasaan buruknya tersebut. Berusahalah untuk menegurnya dengan cara yang paling baik yaitu secara tegas dan bijaksana. Tegurlah seseorang sesuai dengan karakter dan kapasitas pemahamannya.

Timbulkan pemahaman bahwa kebiasaannya yang suka berkata kasar merupakan kesalahan yang tidak pantas untuk dilakukan. Nah, berikan juga alasan logis dan solusi untuk menghilangkan kebiasaan buruknya. Kamu juga harus sabar, karena respon yang diberikan akan berbeda dari setiap orang. Intinya, jika niat kamu baik dan tulus pasti bisa kok.

5. Membalas ucapannya dengan balasan yang lebih baik 

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Bicara KasarUnsplash/Roland Samuel

Cara terakhir ini memang sedikit kurang menyenangkan. Karena mungkin saja seseorang merasa tidak percaya diri atau malah takut kehilangan harga diri ketika melakukannya. Tapi, membalas perkataan buruk dengan perkataan baik merupakan sikap mulia yang membuat keadaan menjadi lebih baik. Suasana tidak akan menjadi panas atau lebih buruk lagi.

Pun, cara tersebut menunjukkan kamu pribadi yang lembut, penyabar, pemaaf, dan jauh lebih baik dari orang yang menyakitimu. Kamu bisa melakukannya dengan memberi senyuman, mengucapkan terima kasih, memberikan perkataan atau bahkan nasihat yang lebih baik. Sedikit sulit? Iya, memang benar. Tapi itu adalah cara terbaik untuk kamu atau orang yang berkata kasar kepadamu.

Nah, itulah tadi lima cara untuk menyikapi seseorang yang suka bicara kasar kepadamu. So, jangan lagi balas dengan perkataan yang kasar juga ya. Karena lebih baik menyikapinya dengan kebaikan agar kamu tidak sama-sama melakukan kejahatan dengan cara yang berbeda.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membantumu Lepas Dari Hubungan dengan Pasangan Kasar

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: miariantilubis4798@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya