Comscore Tracker

Jangan Emosional, Ini 5 Langkah Bijak Meredam Kekesalan pada Seseorang

Karena kekesalan tak harus disikapi dengan kekesalan

Terkadang saat kesal pada seseorang, kita begitu menggebu-gebu dalam meluapkan emosi negatif dari dalam diri. Sehingga, tak heran saat kesal seseorang bisa lepas kendali melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukannya.

Nah, untuk itu ada baiknya untuk memahami cara agar rasa kesal pada seseorang bisa terkontrol dengan tepat. Ini 5 langkah meredam kekesalan yang bisa kamu lakukan, simak, yuk!

1. Diam dan menahan diri agar tidak langsung memberi respon apa pun

Jangan Emosional, Ini 5 Langkah Bijak Meredam Kekesalan pada SeseorangUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Ketika kesal seseorang bisa saja menjadi orang yang tak terkendali, karena pada saat tersebut emosi negatif begitu menguasai diri. Jadi, seseorang bisa saja mengekspresikan kekesalannya lewat perkataan dan perbuatan yang tidak baik.

Untuk mencegah dirimu dari ucapan dan perbuatan yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu mengambil sikap diam terlebih dahulu. Biarkan pikiran dan perasaanmu tenang dalam diam. Jadi, dirimu pun akan terhindar dari cara merespon yang tidak baik.

2. Tersenyum ringan dan mengatur napas sejenak

Jangan Emosional, Ini 5 Langkah Bijak Meredam Kekesalan pada Seseorangunsplash.com/Eliott Reyna

Setelah diam dan mampu menahan diri, selanjutnya berikan senyuman ringan kepada orang yang membuatmu kesal. Tersenyum bisa memberikan sedikit rasa rileks pada dirimu. Atau, kamu juga bisa mengatur napas agar mengalihkan perhatianmu dari kekesalan.

Sikap tersebut pun bisa sedikit mempengaruhi cara pandang orang yang membuatmu kesal. Jadi, situasi tidak terkesan terlalu panas dan menegangkan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Makin Disayang Teman-temanmu, lho!

3. Berpikir cepat untuk menanggapi kesalahan yang telah dilakukan seseorang

Jangan Emosional, Ini 5 Langkah Bijak Meredam Kekesalan pada Seseorangunsplash.com/Roland Samuel

Setelah kamu benar-benar tenang dan mampu mengendalikan amarah atau rasa kesal dari dalam diri, kamu bisa mengambil tindakan berpikir cepat. Karena keadaanmu yang tenang bisa memungkinkanmu memberi tanggapan yang tepat.

Kamu sudah mampu mengelola jalan pikiranmu, sehingga tidak terbawa pada keputusan yang salah. Pikirkan tanggapan terbaik ketika orang lain membuatmu kesal. Pastikan pula tanggapan yang kamu berikan adalah tanggapan bijak dan tidak menyulut emosi negatif pada kedua belah pihak.

4. Memberikan pengertian kepada diri sendiri dan orang yang membuatmu kesal

Jangan Emosional, Ini 5 Langkah Bijak Meredam Kekesalan pada Seseorangunsplash.com/Yufraz Singh

Ketika orang lain membuatmu kesal, maka jangan membalasnya dengan kekesalan pula. Karena sikap buruk dibalas dengan keburukan tidak akan pernah menghasilkan akhir kebaikan. Orang yang membuatmu kesal sikapilah dengan pengertian dari dirimu sendiri. Karena artinya, kamu sedang diuji dengan masalah yang dititipkan pada seseorang.

Tetap berpikir positif dan beranggapan bahwa semua bagian hidup selalu ada pelajaran yang bisa diambil. Jadi, dirimu dan orang yang membuatmu kesal bisa sama-sama lebih dewasa pasca menghadapi masalah yang memicu kekesalan.

5. Melapangkan hati untuk langsung memaafkan dan tidak menyimpan amarah

Jangan Emosional, Ini 5 Langkah Bijak Meredam Kekesalan pada SeseorangUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Memaafkan lebih awal adalah perilaku yang mulia. Karena kamu telah menutup jalan untuk memiliki hubungan buruk dengan orang lain. Jangan pernah tinggalkan amarah dengan seseorang, karena hal tersebut hanya akan memberi dampak negatif pada mentalmu.

Selesaikanlah kekesalanmu pada saat yang sama, jangan membawanya pada waktu lain sehingga menjadi beban yang akan terus kamu pikul. Jadi, berdamailah pada kekesalan yang tepat pada waktunya bukan menunggu pada waktu yang tepat.

Itulah tadi lima langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk meredam rasa kesal pada seseorang. Yuk, coba terapkan!

Baca Juga: Sudahi Galau! 6 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Meredam Kesedihan

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya