Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Perubahan Mood, Agar Gak Mengganggu Produktivitasmu!

Jangan biarkan mood buruk merusak harimu

Moody adalah sikap perubahan emosi atau suasana hati yang terjadi pada seorang manusia. Perubahan mood biasanya terjadi secara tiba-tiba dan sulit untuk dihindari. Mood yang berubah lebih sering dikonotasikan sebagai emosi negatif yang dapat mengganggu produktivitas sehari-hari.

Padahal mood itu sendiri terbagi atas mood baik dan mood buruk. Untuk mood buruk, jika gak dikendalikan dengan baik maka akan membawa kerugian bagi yang merasakannya. Maka dari itu, yuk kendalikan beragam jenis mood yang kamu rasakan. Berikut caranya!

1. Terima bahwa perubahan emosi adalah hal yang wajar 

5 Cara Mengatur Perubahan Mood, Agar Gak Mengganggu Produktivitasmu!Unsplash/freestocks

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima dan menikmati setiap mood yang datang pada dirimu. Enjoy the moment! Jika mood kamu sedang sedih, maka bersedihlah. Jika mood kamu sedang senang, maka bersenang-senanglah.

Jangan menahan apalagi menolak setiap mood yang hadir dalam dirimu. Ingatlah, bahwa mood itu sifatnya hanya sementara. Mood adalah hal yang wajar terjadi sebagai akibat dari respons sekitarmu.

2. Jangan mau terus berlarut dalam mood yang buruk

5 Cara Mengatur Perubahan Mood, Agar Gak Mengganggu Produktivitasmu!Unsplash/Kinga Chichewicz

Ketika mood yang datang pada dirimu berupa mood buruk, maka janganlah berlarut dalam menerimanya. Cukup menikmati mood sebentar saja dan segeralah berusaha mengakhirinya. Karena kamu juga harus melanjutkan hari dan aktivitasmu dibandingkan terus merenungi mood burukmu. Segera bangkit perlahan dan mulai berpikir rasional bahwa kamu tidak boleh membuang waktu dengan mengandalkan mood saja.

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Mood Baik saat "Work From Home", Makin Produktif!

3. Temukan solusi dan strategi yang tepat untuk memperbaiki mood

5 Cara Mengatur Perubahan Mood, Agar Gak Mengganggu Produktivitasmu!Unsplash/Magnet.me

Gak dapat dimungkiri bahwa mood turut membawa pengaruh ketika seseorang menjalani harinya. Yang buruk adalah ketika kamu terus terjebak dan membiarkan mood buruk menguasai dirimu. So, coba mulai dari sekarang kamu lebih sadar akan emosimu.

Cobalah tulis beberapa daftar hal atau aktivitas yang kamu sukai dan bisa memperbaiki mood kamu. Jadi, ketika sewaktu-waktu kamu berada pada mood buruk, kamu bisa memiliki berbagai alternatif cara yang tepat untuk mengatasinya.

4. Belajar mengenali diri sendiri dengan lebih baik 

5 Cara Mengatur Perubahan Mood, Agar Gak Mengganggu Produktivitasmu!Unsplash/Julia Caesar

Mood baik dan buruk itu perlu dalam hidup. Manusia tidak akan selalu senang dan tidak selalu sedih. Hikmah dari beraneka ragam mood pada manusia adalah agar membuat kehidupan lebih seimbang. Dengan adanya mood yang berbeda, seseorang bisa terus belajar dan tumbuh. 

Ketika kamu mencoba mengatasi atau mengelola mood baik dan buruk pada dirimu, maka artinya kamu sedang berusaha menganalisis dan memahami dirimu sendiri. Perlahan hal ini juga yang akan membantumu untuk mengenali diri sendiri semakin mendalam.

5. Manfaatkan mood untuk melakukan aktivitas produktif yang disukai

5 Cara Mengatur Perubahan Mood, Agar Gak Mengganggu Produktivitasmu!Unsplash/Kat Stokes

Mood baik atau buruk itu sebenarnya bisa sama-sama menguntungkan bagimu. Kamu bisa melampiaskan perubahan mood yang ada sebagai langkah untuk berkarya atau melakukan hal-hal produktif yang kamu suka.

Misalnya nih, ketika kamu sedang sedih dan kamu suka banget menulis, maka kamu bisa mencoba membuat tulisan-tulisan bertemakan sedih. Jadi, kamu tetap bisa produktif dengan berbagai mood yang datang dan pergi dalam hidupmu. Jadi, mood buruk gak selamanya buruk. Justru malah bisa membuatmu lebih produktif pada saat merasakannya.

Gak ada yang salah dengan perubahan mood. Mood baik atau buruk adalah wajar dirasakan. Poin pentingnya adalah tentang bagaimana caramu mengelola berbagai mood yang dimiliki. Yuk, ikuti dengan cara-cara di atas. Semangat menjalani hari!

Baca Juga: Hempas Bad Mood, Lakukan 5 Hal Ini Biar Kamu Good Mood Terus!

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya