Comscore Tracker

5 Renungan Agar Kamu Mau Memaksa Dirimu untuk Hidup Mandiri

Sampai kapan terus jadi si pemalas?

Tidak semua orang bisa hidup mandiri. Ada beberapa orang yang sudah terbiasa hidup ketergantungan dengan orang lain. Well, sikap demikian gak akan membuat seorang individu maju. Waktu terus berjalan, membuat setiap orang harus memaksa dirinya hidup mandiri dan meninggalkan zona nyamannya.

Berikut ini lima renungan yang bisa jadi motivasimu yang masih enggan memaksa dirimu untuk hidup mandiri.

1. Tidak selamanya orangtua sanggup membiayaimu, ada saatnya beban mereka harus kamu yang tanggung

5 Renungan Agar Kamu Mau Memaksa Dirimu untuk Hidup Mandiriunsplash.com/Ethan Hu

Orangtua memang punya tanggung jawab terhadap anak-anaknya. Pun, kamu sebagai anak juga memiliki tanggung jawab terhadap orangtuamu. Tidak selamanya orangtuamu sehat dan kuat untuk menanggung beban hidupmu dan keluargamu. Kamu harus berusaha keras menggantikan peran ayah ibumu.

Jangan biarkan mereka masih bekerja keras membiayaimu di masa tua mereka. So, bekerja keraslah dan tunjukkan bakti terbaikmu kepada mereka. Biar mereka tinggal menikmati hasil usaha dari membesarkan anak-anaknya.

2. Tidak semua orang baik dan tidak semua orang mau memberikanmu bantuan

5 Renungan Agar Kamu Mau Memaksa Dirimu untuk Hidup Mandiriunsplash.com/benwhitephotography

Well, mungkin kamu malas berusaha karena menganggap masih ada orang-orang yang mau mengulurkan tangannya untuk membantumu. Sampai kapan prinsip seperti itu melekat pada diriku? Orang lain pun akan kesal melihat sikapmu. Malah, nanti gak ada lagi yang mau berbuat baik padamu.

Karena sikapmu yang seolah memanfaatkan kebaikan orang lain. Nah, kalau kamu gak terbiasa hidup mandiri, yang ada kamu bakal kewalahan dan kebingungan jika sewaktu-waktu gak ada lagi orang-orang baik yang mau menolongmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Hidup Mandiri, Jangan Manja!

3. Terus hidup di zona nyaman, apa gak malu sama orang-orang yang bisa sukses sejak muda?

5 Renungan Agar Kamu Mau Memaksa Dirimu untuk Hidup Mandiriunsplash.com/Austin Distel

Seharusnya seseorang yang belum berani melepas zona nyamannya merasa malu kepada orang-orang yang sudah sukses sejak muda. Karena mereka memiliki prinsip hidup mandiri di saat mereka seharusnya merasakan kehidupan yang nyaman sebagai anak muda.

Gak perlu banyak alasan untuk menunda. Lakukan apa pun yang bisa kamu lakukan untuk mencapai hal-hal baik yang bermanfaat untuk dirimu dan orang lain. Berusahalah melawan rasa malasmu. Karena kemalasan tidak akan menguntungkanmu sama sekali.

4. Hidup terus berjalan, apa yang sudah kamu siapkan untuk masa depanmu? Apa mau hidup dalam rasa penyesalan?

5 Renungan Agar Kamu Mau Memaksa Dirimu untuk Hidup MandiriUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Coba jujur dan tanyakan pada dirimu, apa saja yang sudah kamu lakukan untuk masa depanmu? Jika kamu masih terus rebahan di kasur, banyak menghayal tanpa ada tindakan artinya kamu sudah menyia-nyiakan waktu hidupmu yang begitu berharga. Jangan sampai menjadi orang yang menyesal di masa mendatang.

So, berpeganglah pada prinsip "hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini". Teruslah tingkatkan kualitas diri. Caranya dengan berusaha terus menanamkan kemandirian dalam hal apapun.

5. Persaingan hidup semakin berat, mau tidak mau kamu harus bergerak memajukan dirimu sendiri

5 Renungan Agar Kamu Mau Memaksa Dirimu untuk Hidup Mandiriunsplash.com/Artem Maltsev

Kalau bukan kamu lantas siapa lagi yang menjadikan dirimu maju dan berkembang? Berusaha keraslah melakukan segala sesuatunya sendiri, sebelum kamu memang benar-benar membutuhkan bantuan orang lain. Jangan merepotkan orang lain karena sikap ketergantunganmu.

Mulai saat ini dan seterusnya kamu harus bergerak melakukan perubahan hidup. Dari yang tidak baik menjadi baik dan dari yang sudah baik menjadi lebih baik. Karena ke depannya persaingan hidup semakin ketat. Jika kamu tidak meningkatkan kualitas hidupmu, maka bisa-bisa kamu akan tertinggal dalam kehidupan.

Semoga lima hal di atas bisa menjadi renunganmu agar mau memaksa dirimu hidup mandiri. Karena mau tidak mau, setiap orang akan ada pada masa hidupnya tidak bisa terus bergantung pada orang lain.

Baca Juga: 12 Ilustrasi Jadi Anak Kos, Mandiri dari Makan Hingga Bersihin Kamar

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You