Comscore Tracker

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacana

Using your time wisely!

Membuat to do list atau daftar tugas penting banget buat kamu terapkan. Terutama bagi kamu millenials yang super sibuk, to do list bakal membantu kamu menentukan prioritas dalam mengerjakan setiap tugas. Sehingga, aktivitasmu pun bakalan terorganisir dengan baik. Dan kamu juga akan merasakan momen yang paling melegakan ketika kamu bisa cheklist satu per satu isi dari to do list milikmu.

Well, mungkin sebagian dari kamu sudah pernah buat to do list tapi aktivitas tetap saja berantakan. Nah, mungkin kamu melakukan kesalahan yang membuat manajemen to do list kamu gak sesuai harapan. So, biar to do list gak sekadar wacana, ini nih 6 tips yang bakal membantu kamu. Cek yuk! 

1. Tulis dengan rinci tugas yang akan kamu kerjakan di buku khusus

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacanaunsplash.com/@noemiphotography

Sediakanlah satu buku khusus untuk mencatat to do list kamu seperti buku agenda harian. Kemudian, buat format to do list kamu sendiri. Misalnya, setiap lembaran bukunya sudah kamu buat kolom tanggal, jam, kegiatan dan catatan untuk menuliskan tugas harianmu.

Setiap malam sebelum tidur, kamu sudah harus membuat to do list untuk hari esok. Jangan membuat to do list di pagi hari ya! Karena kalau kamu membuat to do list di pagi hari, agenda kamu bisa berpeluang jadi berantakan karena terburu-buru.

2. Sadari kemampuan dalam mengerjakan tugas

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacanaunsplash.com/@calum_mac

Penting untuk disadari, bahwa kita adalah manusia. Kita bukan mesin yang bisa diatur untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu. Memang, ada beberapa situasi yang memungkinkan kita buat multi tasking. Tapi, dampaknya bakal membuat kamu jadi gak fokus dan hasil akhir dari tugas-tugasmu jadi gak maksimal.

Mulai dari sekarang, sadarilah batas kemampuan diri dalam mengerjakan sesuatu. Kalau kamu memang bisa mengerjakan suatu tugas maka masukkanlah ke dalam to do list kamu. Jika tugas itu kamu yakin gak akan efektif dan efisien untuk dikerjakan, maka tinggalkan atau batasi.

Baca Juga: 6 Tips Cepat Pahami Materi Jika Buku Kuliahmu Tebal & Membosankan

3. Urutkan skala prioritas tugas

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacanaunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Kamu gak akan bisa mengulang waktu. Tapi, kamu bisa mempersiapkan waktu yang diberikan oleh Allah sebaik mungkin. Buatlah skala prioritas dari kegiatanmu dengan membubuhkan angka 1-5 di samping judul aktivitas yang akan kamu kerjakan.

Urutkanlah to do list kamu mulai dari yang sangat penting, penting dan kurang penting. Adapun tugas yang paling penting adalah tugas-tugas yang bersifat timely dan tidak memungkinkan dikerjakan di lain waktu. Pastikan juga dari setiap yang kamu kerjakan adalah hal yang bermanfaat dan ada kebaikannya untuk dirimu.

4. Beri catatan mendetail dari setiap tugas yang akan kamu kerjakan

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacanaunsplash.com/@craftedbygc

Setelah membuat to do list, tambahkanlah notes singkat di bawahnya. Usahakanlah untuk membuat to do list semakin mendetail. Misalnya, notes tentang kamu mengerjakan tugas mulai dari jam berapa sampai jam berapa, lokasinya di mana, dengan siapa, apa yang kamu perlukan untuk mendukung kegiatanmu dan poin-poin penting yang terkait dengan aktivitasmu.

5. Gunakan kalimat perintah

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacanaunsplash.com/@epicantus

Tulislah to do list milikmu menggunakan kalimat perintah. Jangan hanya menggunakan sepotong kata yang tidak jelas. Misal, daripada kamu menulis "masak", lebih baik kamu menulis "memasak nasi goreng". Tentu makna dan motivasi di dalam diri kamu dalam merespon kata tersebut akan berbeda. Karena pada intinya, to do list adalah alat untuk memerintah kamu sesuai yang kamu rencanakan.

6. Buat evaluasi

6 Tips Agar To Do List Harian Gak Hanya Sekadar Wacanaunsplash.com/@daria_shevtsova

Mungkin tips terakhir ini paling jarang diperhatikan setiap orang. Padahal, mengevaluasi diri sendiri itu sangat kamu butuhkan setelah mengerjakan suatu hal kecil ataupun besar. Jika kamu berhasil mengerjakan semua to do list yang kamu buat, maka berilah reward kepada dirimu. Tak perlu memberi hadiah reward yang mahal.

Cukup berilah kata-kata pujian dan motivasi di bawah buku catatan to do list kamu. Atau kamu bisa membeli makanan favoritmu untuk merayakan keberhasilanmu dalam mengerjakan semua rincian to do list. Kalau belum berhasil mengerjakan semuanya, kamu tak perlu kecewa. Kamu hanya perlu mengevaluasi dan memikirkan solusi agar to do list kamu selanjutnya semakin baik dan berhasil.

Nah, itulah tadi tips to do list agar tak hanya jadi sekadar wacana. Yuk, hargai waktu dan mulai buat to do list kamu hari ini!

Baca Juga: Ini Tips Aman Menggunakan Alat Penyedot Komedo

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya