Comscore Tracker

5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lain

Padahal korban adalah orang yang tak bersalah

Ketika suatu masalah terjadi, orang-orang akan mulai mempertanyakan apa penyebabnya. Mereka mulai mencari penjelasan logis yang bisa diterima. Akhirnya, kebanyakan orang akan mulai menunjuk satu sama lain dan melemparkan kesalahan. 

Terkadang orang yang tidak bersalah akan menjadi korbannya. Kamu mungkin pernah mengalami hal serupa dan bertanya-tanya kenapa ini bisa terjadi padamu. Mungkin satu dari lima alasan ini adalah penyebabnya. 

1. Si pelaku ingin lari dari konsekuensi

5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lainilustrasi orang panik (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Daripada mengakui diri sendiri, mereka memilih untuk melemparkan kesalahan pada orang lain. Cara ini mereka lakukan untuk melindungi ego dan harga diri mereka. Mereka tidak ingin dianggap rendah oleh orang lain, terutama seseorang yang berada di bawahnya. 

Orang seperti ini tidak ingin menanggung imbas yang merugikan diri sendiri. Maka dari itu, mereka bisa saja asal menunjuk kamu sebagai pelaku kesalahan yang terjadi. 

2. Mereka butuh penjelasan atas masalah yang terjadi dan pelaku untuk disalahkan

5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lainilustrasi orang yang disalahkan (unsplash.com/Danie Franco)

Ketika sebuah permasalahan terjadi, harus ada penjelasan yang tepat mengapa itu terjadi. Cara yang termudah menjelaskannya adalah dengan mencari pelaku. Karena itulah, orang-orang lebih senang menunjuk orang lain yang tidak mereka sukai untuk disalahkan. 

Mereka berasumsi bahwa semua sumber kesalahan ada pada orang tersebut. Akhirnya, banyak orang yang mulai menghakimi dan lari dari tanggung jawab mereka sendiri. 

Baca Juga: 5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!

3. Mereka senang mengontrol orang lain untuk kepuasan diri

5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lainilustrasi pekerja kantor (unsplash.com/Mimi Thian)

Saat seseorang terbiasa menyalahkan orang lain, bisa jadi mereka adalah sosok yang gila kontrol. Mereka senang mengendalikan apa pun di sekitar termasuk orang-orang yang bekerja dengan dirinya. 

Sosok ini tidak menerima pembelaan apa pun dan hanya percaya pada prinsipnya. Mereka menganggap semua orang buruk dan bertanggung jawab atas setiap kesalahan yang terjadi. 

4. Pelaku merasa superior atas dirimu

5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lainilustrasi dua pria (unsplash.com/Roland Samuel)

Ketika kamu disalahkan oleh rekanmu, hal ini bisa berarti mereka merasa superior atas dirimu. Mereka menganggap dirinya seakan-akan lebih penting dan baik daripada dirimu. 

Melimpahkan kesalahan pada orang lain adalah cara mereka untuk menjaga status sosialnya tetap terlihat baik. Mereka melakukan segala cara untuk melindungi harga diri mereka dari prasangka buruk orang lain. 

5. Mereka berbohong untuk menutupi kesalahan dirinya

5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lainilustrasi orang menutup mulut (unsplash.com/krakenimages)

Cukup mudah bagi seseorang berbohong untuk menyalahkan orang lain yang tidak berbuat kesalahan apa pun. Mereka yakin bahwa orang-orang tidak akan menyadari bahwa sebenarnya itu perbuatan mereka. 

Mereka berpikir bahwa berbohong adalah hal yang paling mudah dilakukan. Dan menyalahkan orang lain akan melindungi mereka dari konsekuensi yang ada. 

Jadi, ketika kamu disalahkan karena kebohongan orang lain, kamu bisa melakukan pembelaan. Menemukan bukti yang meyakinkan adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Suka Mangkir dari Tanggungjawab, Kamu Bukan?

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya