Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal ini untuk Menenangkan Diri Saat Marah dengan Seseorang

Belajar untuk tetap tenang walau sedang marah

Rasa marah bisa muncul kapan saja. Dikecewakan oleh pasangan, tidak mendapatkan promosi di tempat kerja padahal sudah bekerja keras, dan masih banyak penyebab lain yang membuat kamu meluapkan rasa marah. Apakah rasa marah merupakan cara terbaik untuk meluapkan rasa kesal dan amarah? 

Menurut psikolog Dr. Lauren Appio, kemarahan memberi kita energi untuk membela diri sendiri dan orang lain saat menghadapi perlakuan yang tidak adil. Namun bila rasa marah itu justru memperburuk keadaan, lima cara ini bisa kamu lakukan untuk menenangkan diri, dilansir Healthline dan Wanderlust Worker.

1. Ucapkan kata-kata penenang pada diri kamu secara perlahan

Lakukan 5 Hal ini untuk Menenangkan Diri Saat Marah dengan Seseoranginstagram.com/tvndrama.official

Bila rasa marah memenuhi kamu, ucapkan kata-kata seperti "santai saja" atau "tenang" dengan lembut secara perlahan. Ambil nafas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan dari mulut secara perlahan selama beberapa saat.

Selain itu, kamu bisa merilekskan otot-otot yang terasa tegang dengan duduk santai berjalan-jalan santai, bersepeda, atau menghirup udara segar di luar rumah. Dengan melakukan ini, saraf-saraf tubuh kamu akan kembali tenang dan mengurangi amarah.

2. Tanyakan pada diri sendiri, apakah marah akan membuat kamu merasa lebih baik?

Lakukan 5 Hal ini untuk Menenangkan Diri Saat Marah dengan Seseoranghancinema.net

Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, apa yang membuatmu merasa sangat marah? Dalam situasi yang lelah, lapar, atau stres dapat membuat kita bisa saja salah menanggapi ucapan teman atau pasangan. Ambil waktu sejenak untuk memikirkan maksud sebenarnya dari ucapan mereka. 

Kamu bisa mulai dengan menuliskan perasaan kamu di selembar kertas untuk membantu kamu menemukan akar masalahnya. Mungkin sulit untuk melakukan hal tersebut, tapi cara itu akan membantu kamu menenangkan diri. Pikirkan apakah rasa marahmu ini akan mempengaruhi orang lain atau tidak. 

Baca Juga: Tak Suka Marah-marah, 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Sabar

3. Posisikan diri kamu sebagai orang lain

Lakukan 5 Hal ini untuk Menenangkan Diri Saat Marah dengan Seseorangunsplash.com/@wx1993

Ingatlah bahwa kita semua pernah membuat kesalahan di masa lalu maupun sekarang. Hal penting yang perlu kamu lakukan adalah menyadari bahwa diri kamu bukan sosok yang sempurna. Setelah menyadari hal tersebut, kamu akan bisa menempatkan diri kamu di posisi orang lain.

Mereka juga mungkin melakukan kesalahan dan cobalah untuk memahami perasaan mereka. Bila kamu bisa melihat dari sudut pandang mereka, kamu akan dapat memahami situasi secara berbeda pula. 

 

4. Luangkan waktu untuk istirahat dan dengarkan lagu yang menenangkan

Lakukan 5 Hal ini untuk Menenangkan Diri Saat Marah dengan Seseorangunsplash.com/@briant_raw

Di saat sedang marah, kamu perlu mencoba mengabaikan rasa untuk membalas atau melontarkan kata-kata yang buruk. Diam sejenak lebih baik daripada nantinya akan merugikan diri sendiri. Kamu juga tidak perlu ragu untuk mengambil waktu istirahat. Tenangkan diri, proses hal yang sudah terjadi, dan coba untuk menetralkan emosi kamu. 

Untuk membantu menenangkan emosi kamu, musik bisa jadi pilihan. Dengarkan lagu favorit atau musik menenangkan seperti instrumen saja. Agar lebih terasa personal, kamu bisa menggunakan ear phone saat mendengarkannya. 

5. Kamu juga bisa memilih tontonan komedi sebagai hiburan

Lakukan 5 Hal ini untuk Menenangkan Diri Saat Marah dengan Seseorangunsplash.com/@jeshoots

Ketika berada di tengah-tengah pertengkaran dengan seseorang, tiba-tiba saja orang tersebut mengagetkan kamu dengan melontarkan lelucon. Hal tersebut, mungkin saja terasa lucu dan mengurasi rasa marahmu karena ingin tertawa. Ya, terkadang lelucon atau hal-hal yang lucu dapat membantu menyudahi pertengkaran atau amarah.  

Ketika kamu sedang larut dalam kemarahan, cobalah untuk menonton tayangan dengan genre komedi. Bisa saja itu adalah kartun lucu kesukaan kamu atau acara lawak yang sedang berlangsung.

Itulah tadi kelima cara mudah untuk kamu menenangkan diri saat marah pada seseorang. Meskipun menurutmu terasa sulit di awal, kamu akan terbiasa dan tidak cepat tersulut amarah. Cobalah untuk memahami situasi yang sedang terjadi dan tetap tenang. 

Baca Juga: Hobi Marah-marah? Ini 7 Alasan Kamu Wajib Segera Menghentikannya 

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya