Comscore Tracker

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagia

Cintai diri sendiri lebih dahulu

Sekarang ini, self-love telah menjadi bagian hal penting dalam kehidupan. Banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya untuk mencintai diri sendiri. Sebelum mencintai orang lain, kamu perlu untuk mencintai dirimu sendiri. Self-love bukan sebuah tindakan yang egois atau membandingkan diri dengan orang lain. 

Berbicara self-love berarti berbicara tentang kebahagiaan yang kamu rasakan. Rasa ini muncul karena kamu peduli dan menerima diri kamu seutuhnya. Mencintai diri sendiri mungkin terlihat susah di awal, namun sebenarnya bisa dilakukan secara perlahan. Berikut delapan langkah mudah untuk mulai mencintai diri sendiri.

1. Menetapkan tujuan hidup, mulai dari hal yang kecil

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@cathrynlavery

Kamu bisa mulai dengan membuat rencana dan tujuan kecil yang bisa kamu lakukan perlahan-lahan. Terkadang, kita menciptakan tujuan besar yang ingin diraih dengan cepat. Namun, tujuan besar ini seringkali membuat ita menjadi patah semangat. Sekarang, cobalah untuk mengambil langkah kecil dan bangun kembali rasa percaya dirimu. 

2. Belajar mengatakan "tidak" 

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@mimithian

Membuat batasan. Kamu boleh mengatakan "tidak" pada hal yang tidak mau atau tidak bisa kamu lakukan. Kamu tidak perlu menyenangkan semua orang dengan melakukan semua hal yang diminta orang lain. Sering kali, dengan menolak sesuatu akan membuat kamu merasa lega. 

3. Bebaskan diri kamu

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@dre0316

Kamu bisa melakukan hal yang kamu suka dengan syarat berani dan mampu menanggung setiap risiko yang ada. Tidak masalah kalau kamu berbuat kesalahan. Dengan adanya kesalahan, kamu bisa belajar dan memperbaiki diri. Bebaskan dirimu dan biarkan kegembiraan kembali memenuhi diri kamu.

Baca Juga: Sering Insecure? Lakukan 5 Hal Ini agar Lebih Mencintai Diri Sendiri

4. Mulai perbanyak bersyukur

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@giulia_bertelli

Bersyukur atas apa yang telah terjadi dan kamu miliki sekarang. Kamu bisa mulai melakukan dari hal yang sederhana. Membuat jurnal ucapan syukur mungkin bisa menjadi pilihan. 

Kamu juga bisa mulai bersyukur atas pagi yang baru atau orang-orang yang menyayangi kamu. Dengan bersyukur, membuat hati menjadi lega dan lebih bahagia.

5. Menghargai perasaan kamu

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@anniespratt

Tidak apa untuk merasa tidak baik-baik saja. Memendam masalah malah akan membuat kamu semakin stress dan akhirnya 'meledak'. Biarkan dirimu merasakan perasaanmu sepenuhnya seperti menikmati rasa bahagia atau sedih. 

Jangan membatasi perasaan kamu dan semua emosi yang ada. Hal ini akan membantu kamu memahami diri sendiri dan menyadari bahwa setiap emosi itu penting.

6. Bersikap baik pada diri sendiri

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@bartlarueeppler

Berbicara hal-hal yang baik pada dari sendiri adalah salah satu kunci penting. Menghargai diri sendiri dan mengucapkan terima kasih karena sudah bertahan hingga kini. Sadari hal-hal indah dan baik yang terjadi di sekitarmu. 

Selain itu, mulailah perhatikan diri sendiri seperti makan yang bergizi, menjaga tubuh yang sehat dengan olahraga atau tidur yang cukup. Merawat diri, pikiran, dan jiwa adalah hal yang penting. Di waktu yang sibuk, kamu juga bisa mengambil waktu istirahat sejenak.

7. Membangun rasa percaya pada diri sendiri

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@brucemars

Dengan mempercayai diri sendiri, kamu bisa membuat keputusan dengan lebih baik. Sering kali kita meragukan diri sendiri atas kemampuan yang kita miliki. Ketahuilah bahwa perasaan kamu itu nyata. Kamu adalah yang paling mengenal diri sendiri lebih baik dari siapapun. Jadilah pendukung utama untuk dirimu sendiri. 

8. Ingatlah, kamu itu berharga!

8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagiaunsplash.com/@priscilladupreez

Merasa baik atas diri sendiri menjadi bukti bahwa kamu mengetahui nilai diri kamu. Hidup seringkali berbicara tentang kompetisi, tetapi kamu tidak perlu untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Semua orang memiliki hal untuk yang ada dalam diri setiap orang.

Kamu juga tidak perlu terlalu khawatir dengan opini orang lain. Kamu berhak bahagia setiap saat. Untuk merasa lebih baik, kelilingi diri kamu dengan lingkungan dan orang-orang yang positif. 

Itulah tadi 6 langkah mudah untuk mulai self- love.  Meski terasa sulit, bila rutin dilakukan akan terasa menyenangkan. Cintai dirimu lebih dahulu, dengan begitu kamu bisa mencintai orang lain dengan tulus. 

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Siap Jatuh Cinta pada Orang Lain

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya