Comscore Tracker

Tak Perlu Risau, Ini 5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepian

Membantu kamu untuk lebih menghargai diri sendiri

Kita pasti pernah merasa kesepian dalam menjalani hidup sehari-hari. Bisa saja terjadi sebelumnya, sekarang, atau mungkin di masa yang akan datang. Merasa kesepian adalah perasaan yang normal, tetapi bila terus berlanjut dapat membuat kamu merasa buruk dan membebani hati serta pikiran.

Kamu mungkin melihat orang lain lebih bahagia, sedangkan kamu merasa tidak ada yang peduli denganmu. Namun, kita tidak benar-benar bisa menilai kehidupan seseorang hanya dengan melihatnya. Nah, 5 cara mudah ini akan membantu kamu untuk berhenti merasa kesepian dan melanjutkan hidup dengan penuh rasa syukur.

1. Coba lakukan me time sebagai cara untuk menghargai diri sendiri

Tak Perlu Risau, Ini 5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepianunsplash.com/@wx1993

Ada perbedaan besar antara sendiri dan merasa sendirian. Kita memang tidak diciptakan untuk hidup sendirian. Namun, bukan berarti kita tidak perlu memiliki waktu untuk sendiri. Kamu perlu untuk memperhatikan keseimbangan antara kehidupan sosial dan waktu untuk diri sendiri.

Dengan menghabiskan waktu sendiri yang berkualitas, kita telah memberikan semangat baru untuk diri kita. Cara ini mungkin menjadi awal yang baik untuk menghargai diri sendiri. Menikmati waktu untuk beristirahat, berefleksi diri, hingga memulihkan perasaanmu yang lelah.

2. Ikut terlibat dalam sebuah kelompok sosial

Tak Perlu Risau, Ini 5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepianunsplash.com/@brookecagle

Menemukan seseorang atau kelompok yang sesuai dan tepat adalah hal yang lebih penting. Tergabung dengan kelompok yang punya kesukaan atau aktivitas yang sama denganmu terasa jauh lebih baik. Kamu pun tidak perlu memaksakan diri, karena untuk tergabung lebih lanjut juga memerlukan waktu. Kamu juga perlu menyadari kalau kamu merasa semakin terisolasi daripada terhubung dengan yang lain, sebaiknya kamu keluar dari media sosial.

Baca Juga: Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidup

3. Melakukan perawatan untuk kesehatan diri sendiri

Tak Perlu Risau, Ini 5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepianunsplash.com/@saseko

Kamu bisa mulai dengan melakukan olahraga. Dengan melakukan hal ini, terbukti dapat memicu hormon endorfin dalam otak yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki pola makan yang sehat. Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas tidur yang cukup dan baik. Pastikan kamar tidurmu tenang dan gelap untuk membantu kamu tertidur lelap. Kurang tidur juga dapat mengganggu suasana hati lho!

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Tak Perlu Risau, Ini 5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepianunsplash.com/photos/jMd3WS9LBcc

Ketika kamu merasa kesepian dalam hidup, hal itu akan mempengaruhi hampir di semua aspek kehidupan. Kamu mungkin akan mulai membandingkan diri dengan orang lain. Dengan membandingkan, kamu akan kehilangan kamu sendiri.

Tidak dimungkiri, bahwa media sosial punya pengaruh besar pada hal ini. Mungkin ini saatnya kamu berhenti sejenak dari media sosial saat kamu mulai merasa tidak nyaman dengan keadaan di media sosial. Kamu bisa mulai menikmati waktu yang lebih berkualitas dengan diri sendiri atau orang-orang yang kamu sayangi.

5. Ingat kembali tujuan hidupmu

Tak Perlu Risau, Ini 5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepianunsplash.com/@goian

Menetapkan tujuan adalah salah satu hal penting dalam hidup. Dengan adanya tujuan, kamu dapat melakukan sesuatu dan memberikan hasrat untuk mengejarnya. Membuat pikiran kamu tetap positif dan sibuk ketika merasa kesepian. Tujuan juga memberikan rasa damai yang tidak kamu dapatkan dari orang lain.

Perlahan-lahan, kamu kembali akan menemukan kebahagiaanmu dan bersemangat. Bahagia selalu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak Frustrasi

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya