Comscore Tracker

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lain

Yuk kenali dan pahami tandanya

Tanpa disadari, mungkin kita telah merendahkan seseorang dengan perbuatan atau perkataan kita. Sudah terlanjur merendahkan, kita malah menganggap hal ini sebagai hal yang wajar-wajar saja. Namun, merendahkan orang lain adalah perbuatan yang tidak baik. 

Berikut adalah 6 tanda kalau kamu telah merendahkan orang lain. Yuk kenali apa saja tandanya supaya kamu lebih sadar dengan tindakanmu. 

1. Menyela pembicaraan seseorang hanya untuk membenarkan perkatannya

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lainunsplash.com/@punttim

Banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari hal ini. Ketika seseorang sedang berbicara, kamu menyela atau memotong pembicaraan mereka. Mungkin kamu merasa bersemangat karena paham yang mereka bicarakan dan ingin ikut menyampaikan sesuatu. Tidak jarang, ada orang-orang yang menyela hanya untuk membenarkan kalimat yang salah. 

Cobalah untuk membiarkan orang tersebut menyelesaikan dahulu perkataannya. Dan bila mereka melakukan kesalahan, beri tahu mereka secara personal di akhir pembicaraan. Tentunya hal ini akan membuatmu dipandang dengan lebih baik. 

2. Kamu tidak berhati-hati dalam memilih kata saat berbicara

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lainunsplash.com/@mimithian

Dilansir dari themuse.com, ada dua kata yang dapat membuat seseorang merasa direndahkan. Dua kata itu adalah actually (sebenarnya) dan just (hanya)Contoh kalimatnya adalah seperti berikut: I actually think that's a good ide. (Menurutku saya itu ide yang bagus) atau You just need to do in this way (Kamu hanya perlu melakukannya dengan cara ini).

Dengan menggunakan kata-kata seperti itu, secara tidak langsung kamu terdengar merendahkan. Tidak cuma dua kata itu saja, kamu tentunya harus lebih berhati-hati dalam memilih kata. Hindari penggunaan kata dengan makna yang negatif dan buruk yang berpontensi melukai perasaan seseorang. 

3. Kamu menganggap dirimu lebih tahu segalanya daripada orang lain

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lainunsplash.com/@yaanapi

Tanpa disengaja, kita mungkin sering terjebak dalam keadaan yang seperti ini. Kamu mungkin mengira bahwa orang lain tidak mengetahui hal-hal yang telah kamu ketahui. Tidak ada yang salah dengan bersikap percaya diri saat kamu merasa tahu segala hal. Namun sebenarnya, kamu harus sadar bahwa kamu tidak mengetahui segala sesuatu. Sebagai gantinya, coba berpikir terbuka untuk menerima atau mempelajari sesuatu dari orang lain. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari sesuatu yang baru dengan lebih baik. 

Baca Juga: 6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang Lain

4. Memuji seseorang dengan nada menyindir

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lainunsplash.com/@tinaflour

Misalnya, saat ada seseorang yang datang terlambat ke tempat kerja atau acara, kamu mengatakan "Baguslah, kamu tidak terlambat lagi seperti minggu lalu." Kamu bukan memuji karena ia datang tepat waktu, melainkan mengingatkan orang tersebut akan kesalahan yang pernah ia lakukan sebelumnya. 

Sebaiknya, merenungkan untuk memastikan Anda tidak memberikan terlalu banyak pujian yang tidak langsung. Bila kamu sungguh-sungguh ingin memuji, berikanlah respons yang positif daripada bersikap sinis.

5. Kamu sulit untuk menerima saran atau nasihat dari orang lain

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lainunsplash.com/@isaiahrustad

Jangan merasa takut untuk mendengar nasihat dari seseorang, terlebih lagi orang tersebut adalah orang yang menyayangi kamu. Nasihat mereka mungkin adalah sesuatu yang kamu perlukan bahkan di saat yang tidak kamu sadari. Dengan mencoba mendengarkan dan menerima, kamu telah menghargai kepedulian mereka. 

6. Menjadikan seseorang sebagai bahan tertawaan

Tak Disadari, 6 Tanda Kalau Kamu telah Merendahkan Orang Lainunsplash.com/@bewakoofofficial

Hal yang satu ini mungkin sudah sering terjadi dalam kehidupan kita. Apalagi, bila kita melakukannya pada orang terdekat. Namun, kamu harus memastikan terlebih dahulu perasaannya sebelum membuat sebuah lelucon tentang dirinya. Pastikan bahwa ia tidak akan terluka dan benar menganggapnya hanya sebuah lelucon biasa. Sebaliknya, jika ia merasa terluka, sebaiknya tahan lelucon kamu dan carilah sesuatu yang lebih baik. 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja tanda sikap yang merendahkan orang lain? Mari sama-sama introspeksi diri dan saling menghargai satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Perkataan yang Dianggap Biasa Tapi Sebenarnya Merendahkan Perempuan

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya