Comscore Tracker

5 Hal yang Menyebabkan Kecoa Datang ke Rumah, Hindari!

Sampah yang menumpuk menjadi salah satu penyebab utamanya

Keberadaan kecoa di dalam rumah sangat tidak diinginkan oleh kebanyakan orang. Sebab, hewan ini dianggap menjadi salah satu hewan menjijikkan karena hidup di lingkungan yang jorok dan kotor.

Namun, sebenarnya datangnya kecoa di dalam rumah bukan tanpa sebab dan tanpa alasan. Bisanya, mereka datang karena pemilik rumah melakukan hal-hal yang tanpa sadar bisa mengundangnya.

Jika kamu tidak menginginkan hal tersebut, kamu perlu mengetahui penyebab datangnya kecoak. Simak lima faktor yang bisa mengundang kecoa datang ke rumah. Yuk, hindari!

1. Piring dan gelas kotor yang tak segera dibersihkan 

5 Hal yang Menyebabkan Kecoa Datang ke Rumah, Hindari!Ilustrasi mencuci wadah makanan dan gelas kotor (Pexels/Kampus Production)

Kebiasaan menumpuk piring kotor dan membersihkan keesokan harinya menjadi salah satu penyebab datangnya kecoa pada rumah. Bisanya hal ini kerap dilakukan oleh banyak orang selepas makan malam.

Sisa makanan dan sedikit bumbu pada piring kotor membuat kecoa berkumpul pada area tersebut untuk mengisi perutnya. Tak hanya makanan, sedikit minuman sisa dalam gelas juga menjadi tempat ideal untuk kecoa berpesta.

Jika setelah makan kamu tidak punya cukup waktu untuk mencuci piring, maka kamu disarankan untuk memberinya dengan air sabun. Hal ini bertujuan agar kecoa tidak mengenali bau makanan atau minuman sisa pada piring dan gelas tersebut.

2. Remah-remah makanan yang berceceran 

5 Hal yang Menyebabkan Kecoa Datang ke Rumah, Hindari!Ilustrasi sisa makanan yang berceceran (Pexels/Alexander Grey)

Dari makanan yang memiliki wadah terbuka hingga makanan sisa yang berceceran, kecoa bisa dengan mudah mendeteksi keberadaannya. Mereka bahkan juga dapat menemukan makanan yang tak terlihat seperti pada karpet dan makanan yang tersembunyi di antara perabotan.

Untuk meminimalisir datangnya kecoa, kamu perlu meluangkan waktu untuk membersihkan area ruanganmu dari remah-remah makanan yang berceceran. Periksa juga pada area tempat yang biasanya untuk memasak makanan. Misalnya area kompor, oven, pemanggang roti, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Aritmia Jantung

3. Membiarkan ruangan yang lembab 

5 Hal yang Menyebabkan Kecoa Datang ke Rumah, Hindari!Ilustrasi ruangan yang kotor dan lembab (Pixabay/rus33333)

Ruangan dengan tingkat kelembabapan yang tinggi menjadi tempat yang cocok bagi kecoa untuk dijadikan tempat tinggal. Tak hanya kamar mandi dan dapur, jika kamarmu memiliki bagian yang lembab, mereka juga tidak akan sungkan untuk mengunjunginya.

Apabila ruanganmu terasa lembab, kamu perlu memperbaikinya dengan mengetahui apa saja penyebabnya. Biasanya hal ini karena sirkulasi udara yang tidak lancar, keretakan pada dinding, terdapat kebocoran pada saluran air dan ruangan yang selalu tertutup tanpa ada penyinaran dari sinar matahari.

4. Tempat sampah yang tak tertutup dan tidak segera dibuang 

5 Hal yang Menyebabkan Kecoa Datang ke Rumah, Hindari!Ilustrasi sampah yang menumpuk pada area di sekitar rumah (Unsplash/John Cameron)

Kecoa telah berevolusi selama jutaan tahun. Mereka juga telah mengembangkan tingkat toleransinya terhadap berbagai jenis makanan hingga yang busuk dan beracun sekalipun.

Membiarkan tempat sampah yang menumpuk dan tidak tertutup dengan rapat merupakan kesalahan fatal yang bisa membuat kecoak datang ke rumah. Sebab, tempat sampah menjadi area yang menyediakan makanan berlimpah bagi serangga yang satu ini.

Kecoa memiliki dorongan makan yang tinggi dan mereka tertarik dengan bau busuk yang menyengat pada tempat sampah. Untuk itu, kamu harus memiliki tempat sampah dengan penutup rapat dan segera membuangnya jika sudah terlihat penuh.

5. Genangan air yang dibiarkan 

5 Hal yang Menyebabkan Kecoa Datang ke Rumah, Hindari!Ilustrasi meninggalkan ember berisi genangan air pada dapur kotor (Unsplash/pepe nero)

Sama halnya dengan mahluk hidup yang lain, kecoa juga membutuhkan air untuk bertahan hidup. Menurut laporan pestworld, kecoa bisa hidup selama satu bulan tanpa makanan dan hanya bertahan selama satu minggu jika tanpa air.

Apabila kamu ingin rumahmu bebas dari kecoa, kamu perlu menghilangkan genangan air pada area tempat tinggalmu. Periksalah benda-benda seperti ban bekas di sekitar rumah, piring yang terbuang, ember bekas dan saluran pipa yang bocor.

Pada intinya, kecoa datang ke rumah seseorang karena mereka merasa di rumah tersebut terdapat air, makanan dan area yang ideal untuk dijadikan tempat tinggalnya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, lima hal yang bisa mengundang kecoak seperti yang telah disebutkan di atas jangan dilakukan ya! 

Baca Juga: 6 Area Rumah yang Disukai Kecoa, Dia Aktifnya Malam Lho!

Miftahul Huda Photo Verified Writer Miftahul Huda

Freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya