Comscore Tracker

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan

Kamu harus mulai bertindak tegas! 

Banyak alasan mengapa seseorang mudah dimanfaatkan orang lain, sudah pasti menyebalkan jika terjadi pada diri sendiri. Tentu gak bisa dibiarkan, kamu harus segera menyadari alasannya agar tahu cara tepat hingga gak melulu dirugikan.

Kamu perlu menyadari hal-hal yang menjadi penyebabnya, lantas bertindak agar gak lagi menjadi orang yang terus dirugikan. Mungkin belum kamu sadari, berikut hal-hal sepele yang jadi penyebab kamu mudah dimanfaatkan.

1. Merasa hidupmu lebih beruntung, hingga mudah merasa simpati pada orang lain 

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah DimanfaatkanUnsplash.com/@abo_explores

Rasa simpati biasanya muncul saat kamu terlalu sering mendengarkan curhatan soal kepedihan hidup orang-orang di sekitarmu. Hal ini dapat membuat perasaanmu mudah luluh, menganggap seolah kewajibanmu adalah membantu orang yang hidupnya tak seberuntung dirimu.

Padahal jelas, kamu gak punya kewajiban untuk terus-terusan membantu orang lain. Ada baiknya kamu lebih mengendalikan perasaanmu, bersikap baik sewajarnya saja dan jangan sampai memaksakan diri.

2. Selalu merasa sungkan meminta bantuan orang lain 

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah DimanfaatkanUnsplash.com/@alexisrbrown

Jika kamu sudah merasa nyaman dalam pertemananmu dan kerap membantu teman, maka, ada baiknya kamu juga gak sungkan untuk meminta bantuan. Inilah yang dinamakan saling menguntungkan, agar kamu sendiri juga bisa menyadari soal ketulusan orang-orang yang berada di sekitarmu.

Dengan begini, temanmu juga menganggap bahwa kamu punya kekurangan dan terkadang membutuhkan bantuan, hingga gak ada niatan untuk terus merepotkan dirimu.

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuatmu Sering Dimanfaatkan Orang Lain, Harus Tahu!

3. Selalu mengerjakan semuanya sendiri saat mendapat pekerjaan berkelompok 

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah DimanfaatkanUnsplash.com/@brookecagle

Saat mendapatkan tugas atau pekerjaan secara berkelompok, ada baiknya kamu segera menyatakan dengan tegas untuk mengerjakan beberapa hal saja. Jangan mau diperlakukan seenaknya, kerjakan apa yang sudah ditentukan dalam pekerjaan berkelompok.

Terkesan sepele, tetapi kamu akan terus-terusan mengerjakan segalanya sendirian jika sekali saja kamu menerima sikap orang lain yang egois.

4. Terlalu cepat mengiyakan permintaan orang lain 

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah DimanfaatkanUnsplash.com/@austindistel

Lebih baik kamu memikirkan dulu ketika dimintai bantuan, jangan asal mengiyakan. Kamu perlu pertimbangan yang lebih baik, bahkan jika perlu kamu harus punya beragam alasan masuk akal untuk menolak jika saja kamu tipe orang yang kerap merasa gak tega.

Ingatlah, orang lain dapat dengan mudah bersikap semena-mena padamu jika kamu gak berpikir panjang dan asal mengiyakan. Setidaknya pikirkan kesanggupanmu. 

5. Menunjukkan kesan kelewat peduli pada semua orang 

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah DimanfaatkanUnsplash.com/Yuvraj Singh

Sangat wajar apabila kamu peduli pada orang lain, namun kamu juga perlu waspada. Jangan kelewat sering menunjukkan kepedulian, karena kamu perlu memberi batasan bagi dirimu sendiri.

Bukannya egois, sikap terlalu peduli hanya akan membuat orang yang sering mengamatimu jadi punya keinginan untuk memanfaatkan kebaikanmu.

6. Gak bisa menahan diri, terus-terusan mengumbar kelebihan diri sendiri 

Jangan Biarkan, 6 Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Kamu Mudah DimanfaatkanUnsplash.com/@brucemars

Ada baiknya kamu gak asal mengumbar kelebihanmu, karena orang lain dapat dengan mudah punya niat untuk memanfaatkanmu. Misalnya saja kamu pintar dalam segala hal, maka lebih baik kamu bersikap seolah tidak tahu apa-apa demi kedamaian kehidupanmu ke depannya.

Kamu mungkin membutuhkan pengakuan dari orang lain, namun lebih baik kamu sendiri yang sering memuji kemampuanmu, sebab bisa jadi orang lain memujimu dengan niat memanfaatkan saja.

Nah, itulah hal-hal sepele yang bikin kamu mudah dimanfaatkan. Memang terkesan sepele, namun akibatnya sangat berat dan akan membuatmu terus repot sendiri. Makanya, kamu harus berani bertindak tegas.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Gak Suka Dipuji di Depan Orang Lain

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya