Comscore Tracker

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!

Nggak mudah, tapi banyak keuntungannya! 

Menghargai diri sendiri sebetulnya sangatlah sulit. Bahkan sekadar memahami perasaan dan keinginan sendiri saja nggak semua orang sanggup melakukannya. Diperlukan proses yang nggak mudah dan begitu panjang agar selalu terbiasa untuk menghargai diri sendiri, namun keuntungannya pun begitu memuaskan dan membuat kehidupan jadi lebih damai.

Jika kamu merasa sudah melalui banyak proses dan masih bertanya-tanya tentang kebenaran soal menghargai diri sendiri, yuk, simak tanda-tanda keberhasilan di bawah ini!

1. Kamu tahu batas kesanggupanmu dan nggak terus-terusan menyalahkan diri

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!Pexels.com/kaboompics

Kamu menjadi sosok yang lebih santai dan gak melulu merasa tertekan saat segalanya gak sesuai ekspektasimu. Kamu tahu batas kesanggupanmu, jadi gak merasa bahwa dirimu pantas disalahkan akan segala buruk yang terjadi padamu.

Sebaliknya, kamu merasa hal itu wajar namun tetap berusaha memperbaiki segala hal yang memburuk. Kamu jadi dipenuhi keyakinan yang positif.

2. Memahami kekurangan diri sendiri agar bisa lebih menunjukkan kelebihan 

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu menyadari bahwa setiap orang memang memiliki kekurangan. Makanya, kamu jadi nggak begitu memfokuskan diri pada kekuranganmu dan jadi nggak terus-terusan merasa rendah diri. Sebaliknya, kamu fokus dalam mengembangkan kelebihan yang bisa membuatmu tampak lebih unggul daripada orang lain. Kamu juga jadi nggak merasa sungkan dan dengan berani memanfaatkan segala peluang yang kamu ketahui.

Segala cara kamu lakukan agar lebih unggul dengan kelebihanmu, sehingga orang lain bahkan jadi segan untuk membicarakan kekuranganmu. Orang-orang yang tampak unggul itu disegani, lho, jadi fokuskan saja mengembangkan potensimu. Jangan merasa nggak memiliki potensi, banyak cara untuk mengetahuinya.

3. Kamu mengerti apa yang baik dan buruk untukmu, jago pula menghindari segala hal yang berakibat buruk!

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!Pexels.com/fauxels

Kamu mengerti segala hal yang baik atau buruk untukmu. Nasihat atau asumsi sok tahu dari orang lain cenderung akan membuatmu merasa muak, sebab kamu lebih mengerti dan mengenali segala hal tentangmu. Kamu tahu apa saja yang terbaik untukmu, sehingga kamu juga jadi jago menghindari segala hal yang berakibat buruk.

Misalnya saja kamu memiliki teman yang membawa pengaruh buruk dan terus membuatmu merasa dirugikan, maka, kamu nggak akan ragu untuk menjauhinya. Kamu juga nggak akan ragu meninggalkan pasangan yang nggak sesuai ekspektasimu. Kamu memahami bahwa kebaikan untuk dirimu sendiri jauh lebih penting ketimbang memikirkan orang lain.

Baca Juga: Bikin Salut, 6 Zodiak Ini Punya Motivasi yang Kuat untuk Sukses 

4. Kamu nggak sungkan menolak permintaan yang berlebihan 

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!pexels.com/mentatdgt

Kamu lebih mengetahui hal yang menguntungkan bagimu, jadi kamu nggak akan sungkan menolak permintaan berlebihan yang justru hanya membuatmu mengalami kerugian. Kamu mementingkan kenyamananmu, lebih memikirkan lebih dahulu sebelum asal menerima permintaan.

Kamu jadi orang yang nggak suka buru-buru dalam mengambil keputusan. Bahkan, kamu tahu bahwa tindakan gegabah hanya akan menimbulkan perasaan nggak menyenangkan yang akan mengusikmu terus-menerus.

5. Lebih memilih membandingkan dirimu yang sekarang dengan dirimu di masa lalu 

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Alih-alih membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, kamu justru lebih senang membandingkan dirimu di masa sekarang dengan dirimu di masa lalu. Kamu bangga akan setiap proses yang kamu lalui, juga menyadari betapa kamu selalu berusaha untuk lebih baik ke depannya.

Kamu suka akan perkembanganmu, tahu cara mengapresiasi dirimu sendiri yang bisa bertahan melalui berbagai hal yang buruk. Kamu jadi menyadari betapa kuatnya dirimu ketika kembali mengingat segala perkembanganmu sekarang ini.

6. Kamu menghargai setiap pengalaman yang kamu lalui 

Selamat, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Selalu Menghargai Diri Sendiri!Pexels/Andrew Neel

Segala pengalaman buruk yang mengusikmu benar-benar kamu hargai. Kamu menganggapnya sebagai pengalaman yang membantumu lebih berkembang. Misalnya saja, kamu mempunyai pengalaman di mana banyak orang melakukan tindakan jahat terhadapmu, maka kamu mulai menganggapnya sebagai pelajaran berharga di masa kini.

Kamu jadi nggak begitu takut pada hal lainnya usai bangkit, karena menurutmu pengalaman burukmu di masa lalu juga buruk namun kamu bisa mengatasinya. Kamu pun mengingat setiap detailnya dengan baik.

Nah, itulah tanda bahwa kamu selalu menghargai dirimu sendiri. Kamu merasakan tanda-tanda di atas, nggak? Kalau belum, tetap berusaha membiasakan diri untuk menghargai dirimu sendiri, ya! 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Melupakan Teman Lama, Move On Yuk!

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya