Comscore Tracker

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah Sendiri

Jangan sampai kamu jadi terpuruk!

Banyak beban yang selalu dijalani setiap harinya. Bercerita menjadi solusi terbaik bagi setiap orang agar lebih lega dan tidak mudah frustrasi. Hanya saja, tak semua orang pandai dalam mengekspresikan perasaannya maupun menyatakan beban yang ditanggung kepada orang lain.

Jika kamu termasuk tipe orang yang kesulitan dalam curhat atau lebih sering memendam masalah sendiri, ada baiknya menyimak tips di bawah ini agar gak mudah frustrasi. 

1. Menulis di buku harian 

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah SendiriPexels.com/kaboompics

Kamu boleh mencari buku harian yang mungkin sesuai dengan seleramu, kemudian tuliskan saja beban yang kamu rasakan. Jangan pedulikan apabila menurutmu tulisanmu tidak bagus, sebab kamu hanya meluapkan segala rasa tidak nyaman yang mengusikmu.

Kamu boleh membacanya kembali jika sudah baik-baik saja, lantas kamu bakal menyadari betapa dirimu sangat tegar. Kamu juga jadi paham, kamu selalu sanggup menghadapi masalah jadi tak takut lagi menghadapi beban di masa mendatang.

2. Merekam suara untuk melampiaskan emosi saat sedang sendirian

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah SendiriUnsplash.com/Shane

Jangan menganggap ide ini konyol, sebab bercerita saat sedang sendirian bagi orang yang sering memendam perasaan sebenarnya juga cukup membantu. Dalam keadaan tenang atau emosi, luapkan saja apa yang kamu rasakan.

Mengeluh sebanyak yang kamu bisa, atau sekalian saja mengumpat jika kamu memang memerlukannya. Rasa sungkanmu akan pergi jika terbiasa dengan cara ini, apalagi kamu cuma sendirian. Yah, walaupun kamu memang perlu memikirkan tempat di mana kamu bisa benar-benar sendiri untuk melakukannya.

3. Mencoba berbagai wahana ekstrem 

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah SendiriUnsplash.com/lrb22

Banyak sekali wahana menarik yang bisa kamu coba saat merasa terlalu banyak beban tetapi tak bisa mengungkapkannya. Dengan mencoba wahana yang ekstrem, kamu bakal berteriak melampiaskan segala emosi yang mungkin sudah lama kamu tahan.

Kamu bebas melakukannya tanpa takut akan reaksi orang lain, jelas saja kamu bakal merasa lebih lega jika tidak merasa sungkan. Hanya saja, kamu juga harus memastikan kesanggupanmu jika mau mencoba tips ini.

Baca Juga: 5 Tips Bersikap Asertif Biar Gak Terus Memendam Perasaan Sendiri

4. Bersenang-senang bersama teman 

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah Sendiripexels.com/ws didin

Tak masalah jika kamu sering memendam bebanmu sendirian, tetapi jangan sampai kamu jadi sosok yang selalu mengurung diri. Carilah teman yang bisa kamu ajak untuk sekadar bersenang-senang, agar dirimu sendiri jadi terhibur dan tak terpuruk sendirian. Bagaimana pun, setiap manusia perlu saling berinteraksi agar tak frustrasi.

5. Menghindari curhatan orang lain jika kamu berada dalam kondisi yang sulit 

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah Sendiripexels.com/mentatdgt

Wajar sekali jika kamu mau mengistirahatkan pemikiranmu dari segala curhatan orang lain. Pelajarilah cara untuk menolaknya, biar kamu juga jadi lebih fokus pada beban yang kamu tanggung.

Karena rasanya bakal sangat tak menyenangkan jika kamu terlalu banyak mendengar cerita penderitaan orang lain saat dirimu sendiri berada dalam kondisi yang sulit. Pastikan kamu memahami kondisimu, juga mementingkan kenyamanan yang kamu rasakan.

Nah, itulah lima tips bagi kamu yang sering memendam perasaan agar tak frustrasi. Jangan sampai terpuruk, tetaplah menjalani segalanya dengan tegar!

Baca Juga: Sulit Membuka Diri, 6 Zodiak Ini Suka Memendam Emosinya Sendiri

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya