Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Mampu Hadapi Realita, Jangan Nyerah!

Kejam, tapi hadapilah! 

Realita itu kejam, tak ada yang bisa mengelak dari fakta itu. Banyak proses menyakitkan yang dilalui akibat realita yang kejam. Kamu mungkin akan merasa lelah dan tak sanggup lagi menghadapinya. Namun, selalu ada hal yang sebenarnya bisa membuatmu bertahan, perlu kamu sadari agar tak mudah menyerah.

Berikut tips agar kamu lebih mampu hadapi realita, yuk simak!

1. Tidak terlalu banyak berekspektasi, namun tetap berusaha! 

5 Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Mampu Hadapi Realita, Jangan Nyerah!Pexels.com/Tan Danh

Wajar saja bagi setiap orang memiliki ekspektasi masing-masing dalam hidup. Namun, jangan sampai ekspektasi mengalahkan pemikiran logismu. Kamu perlu mempertahankan pemikiran logismu, sebab ekspektasi tak selamanya menjadi kenyataan.

Pun, kamu perlu untuk tetap berusaha agar mendapatkan hal-hal yang lebih baik. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi ekspektasimu dan mulai saja berusaha.

2. Tidak menyakiti diri sendiri 

5 Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Mampu Hadapi Realita, Jangan Nyerah!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Realita memang kejam, seringkali akan membuatmu berpikir untuk menyakiti diri sendiri. Padahal kamu perlu melawan rasa benci untuk dirimu sendiri agar mampu menghadapi banyak hal. Tak apa-apa jika kamu mengeluh perihal kehidupan yang kerap membuatmu sakit hati.

Tak apa-apa juga jika kamu sering dibuat menangis akan kejamnya realita. Itu sesuatu yang wajar bagi tiap orang. Hanya saja, tetaplah mencintai dirimu sendiri dengan tidak menyakiti diri sendiri. Kamu pasti dapat melewatinya!

3. Menggantungkan segala harapan pada Tuhan 

5 Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Mampu Hadapi Realita, Jangan Nyerah!Unsplash/tjump

Alih-alih mengharapkan sesuatu dari manusia, ada baiknya kamu menggantungkan segala harapanmu kepada Tuhan. Manusia bisa mengecewakan, tetapi tidak dengan Tuhan.

Tuhan akan memberikanmu yang terbaik apabila kamu tetap bertahan melalui segala proses menyakitkan dari berbagai masalah yang jadi beban kehidupan.

Baca Juga: 10 Ekspektasi Vs Realita Food Vlogger ala Jennie Linando, Kocak Abis! 

4. Cita-cita tak terwujud bukanlah akhir dari segalanya 

5 Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Mampu Hadapi Realita, Jangan Nyerah!Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Memang menyebalkan jika cita-cita yang berusaha keras kamu wujudkan menjadi nyata malah tak tergapai. Namun, bukan berarti segalanya berakhir. Masih banyak yang perlu kamu lewati dengan lapang dada, sebab Tuhan pasti akan memberikan yang lebih baik.

Teruslah menjalani hidup dan tekunlah dalam berusaha, agar kamu mendapatkan sesuatu yang lebih baik kelak. Kalau kamu masih merasa kesempatanmu masih nggak sesuai ekspektasi, ya, tinggal jalani saja. 

5. Jangan sampai realita membuatmu berhenti menjadi orang yang baik 

5 Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Mampu Hadapi Realita, Jangan Nyerah!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa iri kepada orang lain kerap mengganggu di hati kita. Namun, tak perlu sampai dendam atau berniat mencelakakan orang lain. Ada yang namanya timbal balik dalam kehidupan ini.

Berikan saja ucapan selamat kepada orang lain sebagaimana mestinya ketika mereka memperoleh sesuatu yang baik sebagai wujud dari rasa pedulimu. Kamu akan mendapatkan karma baik kelak, percayalah. Realita memang kejam, tetapi jangan sampai kebaikan dan rasa pedulimu terbuang begitu saja.

Nah, itulah 5 tips agar kamu mampu menghadapi realita. Semoga dapat kamu terapkan dan bermanfaat, ya.

Baca Juga: 10 Ilustrasi Realita 'Work From Home' yang Jauh dari Ekspektasi

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya