Comscore Tracker

5 Tips Agar Proposal Acara Kamu Menarik di Mata Sponsor

Kreativitas adalah salah satu kuncinya

Merancang sebuah event atau acara merupakan hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Jika event yang kita rancang mendapatkan atensi yang luar biasa dari pengunjung akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi penyelenggara dan akan menjadi pengalaman yang luar biasa.

Tetapi untuk membuat itu semua terealisasi tentunya membutuhkan banyak pengorbanan, semua itu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan seperti guest star, pembicara, menyewa tempat/venue, perlengkapan, akomodasi hingga konsumsi untuk panitia. Selain mengorbankan waktu dan tenaga tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat event yang kamu buat semakin menarik dan ramai dikunjungi.

Jika sudah begini tentunya peran sponsor diperlukan untuk membantu penyelenggara untuk mendapatkan suntikan dana dalam waktu yang tidak terlalu lama. Proposal menjadi persyaratan yang harus dipenuhi agar para potensial sponsor tertarik untuk berkolaborasi bersama event tertentu. Berikut ini adalah lima tips agar proposalmu dilirik oleh banyak sponsor.

1. Mengirimkan proposal kepada brand yang tepat atau sesuai dengan tema acara pada event

5 Tips Agar Proposal Acara Kamu Menarik di Mata Sponsor.insidermedia.com

Salah satu pertimbangan brand dalam menentukan project yang mereka support adalah dengan melihat tema dan target pengunjung yang ada pada event yang kamu buat.Dalam persoalan seperti ini tentunya dibutuhkan strategi yang baik dalam menyortir sponsor yang akan panitia atau penyelenggara kirimkan kepada sponsor.

Contohnya jika tema event-mu adalah kesehatan maka sebaiknya kamu tidak mengirimkan proposalmu ke produk rokok atau snack ringan berpengawet, lebih baik ajukan proposalmu ke produk kesehatan seperti susu atau vitamin.

2. Hindari poin-poin yang tidak penting yang ada pada proposal yang kamu buat

5 Tips Agar Proposal Acara Kamu Menarik di Mata Sponsorthemighty.com

Dalam membuat proposal tentunya banyak penyelenggara event yang menyertakan keseluruhan detail acara pada proposal sponsorship yang akan mereka kirimkan kepada sponsor, mulai dari anggaran hingga susunan panitia yang jumlahnya bahkan sampai lebih dari lima halaman, sebenarnya hal tersebut tidak efektif dan tidak terlalu dibutuhkan oleh pihak sponsor.

Yang sponsor butuhkan adalah tema, waktu, wish list guest star, paket benefit yang akan mereka dapatkan  jumlah target audience yang akan datang ke event dan dokumentasi tahun lalu jika ini bukan merupakan event pertama yang dilaksanakan.

Pastikan poin-poin tersebut tertera pada proposal yang kamu kirimkan agar para potensial sponsor mendapat gambaran mengenai seberapa banyak cash sponsorship atau inkind sponsorship yang akan diberikan kepada event.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Proposal Skripsi Ditolak Penguji

3. Design proposal sekreatif mungkin agar menarik untuk dibaca oleh potensial sponsor

5 Tips Agar Proposal Acara Kamu Menarik di Mata Sponsorhttps://unsplash.com/search/photos/creativity

Dalam membuat proposal untuk sponsor tentunya kreativitas sangat dibutuhkan. Proposal dengan perpaduan warna dan konsep yang bagus akan menarik perhatian tim sponsorship untuk mereview proposalmu.

4. Mengirimkan proposal dalam bentuk digital lebih efektif dibandingkan mengantarkan proposal fisik langsung ke perusahaan

5 Tips Agar Proposal Acara Kamu Menarik di Mata Sponsormedium.com

Pada era modern seperti sekarang tentunya kita dipermudah dengan teknologi yang sudah ada. Manfaatkanlah kemudahan tersebut untuk mengurangi biaya yang seharusnya tidak kamu keluarkan, misalnya mengirimkan proposal lewat email tentunya akan lebih efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Pastikan ukuran proposalmu tidak terlalu besar ya, sebaiknya tidak lebih dari 5mb. Jangan lupa perkenalkan dirimu dahulu dan sertakan di bagian body email.

Pastikan waktu yang kamu kirimkan kepada brand atau perusahaan adalah pada saat waktu jam kerja, bukan tengah malam atau saat tanggal merah. Mengantar proposal langsung ke perusahaan tanpa membuat janji terlebih dahulu tentunya tidak menjamin kamu akan bertemu langsung dengan orang yang berhubungan langsung dengan sponsorship, karena mereka tidak selalu ada di kantor.

Tak jarang proposal yang kamu bawa harus melewati beberapa pihak dahulu, mulai dari menitipkanya ke sekretaris, receptionist hingga tak jarang kamu dialihkan ke bagian mailing room

5. Jangan lupa follow up proposal yang kamu kirimkan

5 Tips Agar Proposal Acara Kamu Menarik di Mata Sponsorfanslashfic.com

Jika kamu telah mengirimkan proposal kepada suatu perusahaan jangan lupa untuk mem-follow up. Karena bisa saja proposalmu tidak sempat terbaca akibat email lain dari perusahaan tersebut. Perlu diketahui bahwa perusahaan menerima email dari banyak project dan event setiap harinya, sangat memungkinkan jika proposalmu tidak sempat terbaca oleh tim sponsorship perusahaan.

Nah itu dia lima tips agar proposalmu dilirik oleh pihak sponsor. Jangan lupa juga untuk tetap optimis dan selalu semangat ya!

Baca Juga: 12 Hal Ini Bisa Membuat Proposal Bisnismu Ditolak Investor

mintari setyopaluvi Photo Verified Writer mintari setyopaluvi

sharing is good

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya