Comscore Tracker

5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!

Mulai dengan mendengarkan orang lain

Gak ada yang salah dengan menjadikan diri sendiri sebagai fokus utama. Namun, lain lagi jika tindakan tersebut diiringi dengan keegoisan yang mendominasi. Hal tersebut justru akan membuat orang-orang di sekitarmu menjauh.

Seorang psikolog bernama Paul Greene, Ph.D., mengatakan bahwa perilaku egois bisa ditandai dengan beberapa sikap seperti, ketika kamu jarang menanyakan kabar seseorang namun justru menjangkaunya saat membutuhkan sesuatu, dikutip Bustle. Nah, gimana sih cara mengurangi sifat egois seperti itu? Mari kita pelajari caranya bersama lewat ulasan di bawah ini.

1. Mulai mendengarkan orang lain

5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!ilustrasi dua perempuan ngobrol (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Orang egois identik dengan kebiasaan hanya ingin didengar tanpa tertarik mendengarkan orang lain berbicara. Langkah awal yang bisa kamu lakukan guna mengubah sifat tersebut adalah mencoba mendengarkan tanpa menyela pembicaraan, seperti apa yang dikatakan oleh Cameron Murphey, LMFT selaku terapis pernikahan dan keluarga berlisensi pada laman Bustle.

“Ketika orang-orang dalam hidup kamu merasa bahwa mereka benar-benar didengarkan, mereka akan senang untuk terus berbagi cerita bahkan untuk obrolan yang lebih dalam tentang pengalaman mereka,” katanya.

2. Memikirkan orang lain dan berikan pujian yang tulus

5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!Ilustrasi menerima pujian. (Pexels.com/fauxels)

Mencintai diri sendiri bukan berarti kamu melupakan orang-orang di sekitarmu. Sebagai makhluk sosial yang gak bisa bertahan sendiri, kita pasti membutuhkan teman. Untuk itu, coba kurangi sifat egoismu dengan turut memikirkan orang lain.

Dilansir Tracking Happiness, Maili selaku guru sekolah psikologi dan konselor internet dari Estonia menuturkan, wajar jika kamu memikirkan diri sendiri lebih dari siapa pun. Namun, kamu juga harus ingat untuk senantiasa membagi pikiranmu kepada orang lain dalam porsi secukupnya.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah memuji mereka dengan pujian yang terdengar tulus. Ingat, harus benar-benar tulus agar kamu bisa diterima dengan tulus pula oleh orang tersebut.

3. Posisikan dirimu sebagaimana posisi mereka

5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!Ilustrasi dua orang berteman (Unsplash/ Lauren Richmond)

Bertindak egois sering kali membuatmu mengabaikan kondisi orang lain. Kamu hanya akan berfokus pada apa yang kamu lakukan dan apa yang kamu inginkan tanpa mau mencoba berpikir, apakah tindakan tersebut dapat memengaruhi orang lain atau tidak.

Cara yang bisa kamu gunakan melawan tindakan itu adalah dengan membayangkan dirimu berada di posisi berlawanan. Renungkan dengan baik dan semoga hasilnya akan membantu kamu agar gak lagi bertindak demikian.

Baca Juga: 5 Sisi Positif Workaholic yang Jarang Disadari, Punya Fokus yang Baik

4. Bersyukur

5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!ilustrasi perempuan tersenyum bersyukur (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dilansir Bustle, menurut Rebecca Mores, seorang psikoterapis LICSW, CCM, tindakan sederhana yang dapat mengurangi sifat egois di dalam diri adalah dengan bersyukur  bahkan untuk hal-hal kecil. Dengan begitu, pola pikirmu perlahan akan berubah menjadi lebih baik dan menyadari bagaimana buruknya menjadi egois.

“Kebiasaan lain yang mudah untuk dimasukkan dan membantu mengurangi perspektif egois adalah mempraktikkan rasa syukur.  Jika kita dapat menyadari bahwa kebutuhan dasar kita terpenuhi, maka kita akan lebih mudah mengalihkan perhatian kita kepada orang lain,” jelasnya.

5. Gak lagi mengambil keputusan sendiri

5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!ilustrasi pria dan wanita berdiskusi (pexels.com/@moose-photos-170195)

Orang yang egois biasanya akan lebih mementingkan pendapatnya sendiri walaupun berada dalam sebuah kelompok. Ia merasa bahwa keputusannya benar dan gak membiarkan orang lain mengubahnya.

Seperti yang dituliskan Maili pada Tracking Happiness, jika kamu merupakan orang yang suka mendominasi dan mengendalikan banyak hal dengan keputusanmu alih-alih berdiskusi, kamu adalah orang yang sulit dan egois. Dengan belajar untuk percaya kepada orang lain dan membiarkan mereka berpendapat, serta memutuskan sesuatu adalah langkah penting untuk mengurangi sifat egois tersebut.

Demikian lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sifat egois. Coba terapkan secara perlahan guna menjadi seseorang yang lebih baik lagi!

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Pasangan yang Egois, Sifat Buruk Orang Berpasangan!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya