Comscore Tracker

25 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan

Kemerdekaan Indonesia diraih dengan penuh perjuangan yang gak mudah. Keringat serta darah rela dikorbankan untuk keberhasilan yang selalu diharapkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Berikut ini ada dua puluh lima kata-kata bijak seputar 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan. Dalam rangka memperingati hari istimewa tersebut, mari kita renungkan kata-kata bijak di bawah ini.

1. Mengenang jasa pahlawan kita yang telah berjuang demi kemerdekaan ini

25 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!ilustrasi mengibarkan bendera Merah Putih (unsplash.com/ Falaq Lazuardi)
  1. Segala usaha dilakukan tanpa mengenal takut. Tenaga bahkan nyawa rela ia korbankan untuk kesejahteraan Indonesia tercinta. Jangan pernah lupakan itu, kawan!
  2. Darahmu tumpah di Tanah Pusaka. Pahlawanku, kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!
  3. Dengan semangat yang tak pernah padam, pahlawan kebanggaan kita berhasil mendapatkan kemerdekaan. Merdeka! Merdeka! Merdeka!       
  4. Jika mengingat bagaimana perjuangan mereka untuk bangsa ini, rasa haru selalu menyelimuti. Betapa kita harus selalu bersyukur karena telah hidup sejahtera berkat jasa pahlawan NKRI.
  5. Selalu mengingat perjuangan pahlawan kita adalah salah satu bentuk rasa cinta dan hormat kita kepada mereka. Merdeka!

2. Mempunyai tekad kuat untuk meneruskan perjuangan pahlawan

25 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!Ilustrasi seorang anak sedang mengibarkan bendera Indonesia (pixabay.com/SyauqiFillah)
  1. Meskipun telah merdeka, kita tidak boleh melupakan semua perjuangan pahlawan. Akan lebih baik lagi jika sebagai generasi muda, kita dapat meneruskan perjuangan tersebut. Merdeka!
  2. Sejatinya perjalanan kita gak berhenti sampai pada Hari Kemerdekaan tahun 1945. Masih banyak tantangan yang menanti kita, baik sekarang mau pun masa depan. Semangat merdeka!
  3. Dengan tekad yang kuat, kita pasti bisa meneruskan semua perjuangan yang telah lebih dulu dilakukan oleh para pahlawan. Jangan takut untuk menghadapi rintangan, tegakkan badan dan kepalamu untuk selalu kuat!
  4. Generasi muda adalah penerus bangsa dengan beribu harapan yang tak kunjung reda menghampiri. Untuk itu, bangun selalu ambisimu untuk masa depan Indonesia yang cerah.
  5. 17 Agustus selalu menjadi hari yang membuat hati kita menghangat dengan kilas balik perjuangan para pahlawan. Teruskan semangat merdeka dan jangan biarkan ia padam!

Baca Juga: 6 Kalimat Berbahaya yang Bisa Bikin Kamu Gak Berkembang, Hindari!

3. Makna merdeka untuk Indonesia

25 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!Bendera merah putih di puncak Gunung Rinjani (Pixabay/arhnue)
  1. 17 Agustus adalah hari di mana kita sebagai bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Rayakan hari istimewa tersebut dengan riang gembira seraya mengenali apa itu merdeka.
  2. Indonesia memang telah merdeka 77 tahun yang lalu. Namun, merdeka masih harus selalu kita raih bersama untuk kehidupan yang damai.
  3. Tak hanya berhasil melawan penjajah pada puluhan tahun lalu, merdeka saat ini memiliki arti yang sederhana. Keberhasilan untuk hidup rukun tanpa adanya pertengkaran, dapat kamu katakan sebagai hidup merdeka.
  4. Memiliki makna yang begitu dalam, sejatinya merdeka adalah hak segala bangsa. Sebagai rakyat Indonesia, mari senantiasa kita bergotong royong meneruskan kemerdekaan ini!
  5. Tanpa mengenal usia sampai jenis kelamin, merdeka bisa dirasakan oleh siapa pun. Maka dari itu, selalu tanamkan rasa semangat merdeka di hati kita!

4. Generasi muda sebagai harapan dan penerus bangsa

25 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!ilustrasi generasi muda Indonesia (unsplash.com/Hobi Industri)
  1. Jika bukan kita sebagai generasi muda yang terus berinovasi dalam perjuangan ini, maka siapa lagi? Tetap kobarkanlah api semangatmu. Merdeka!
  2. Perjalanan kemerdekaan untuk generasi muda nyatanya sangat panjang. Jangan menyerah dan biarkan keringat hasil kerja keras tersebut tetap mengalir deras!
  3. Dengan generasi muda yang berambisi tinggi, kita pasti bisa terus berjuang. Merdeka Indonesiaku!
  4. Harapan terbesar bangsa ada di para anak muda. Mari kita selalu doakan kesuksesan mereka di masa depan untuk Indonesia yang lebih baik!
  5. Anak muda memiliki ambisi dan pikiran yang sangat kreatif. Mereka tak kenal lelah untuk menciptakan ragam inovasi yang membanggakan. Merdeka!

5. Kata-kata bijak dari para pahlawan Indonesia

25 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!ilustrasi tugu pahlawan (unsplash.com/Hobi Industri)
  1. Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat. - Mohammad Hatta
  2. Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. – Ir. Soekarno
  3. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. - RA Kartini
  4. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. – Ir. Soekarno
  5. Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita. - Mohammad Hatta

Demikian dua puluh lima kata-kata bijak 17 Agustus yang bisa kamu pahami dan renungkan maknanya. Intinya, jangan pernah lupakan jasa besar dari para pahlawan, ya!

Baca Juga: 10 Kutipan Bijak dari Drama Extraordinary Attorney Woo (Part 2)

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya