Comscore Tracker

5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika Ramadan

Yuk, berlomba-lomba dalam kebaikan

Bulan yang spesial karena setiap tahunnya ditunggu-tunggu oleh umat muslim telah tiba. Ya, itu adalah bulan Ramadan. Bulan yang di mana orang saling berlomba-lomba dalam kebaikan.

Bulan Ramadan dianggap sebagai kesempatan untuk panen amal. Sebagaimana HR. Bukhari Muslim, “Setiap amal anak adam dilipatgandakan pahalanya pada bulan Ramadhan. Tiap satu kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.

Nah, agar Ramadanmu kali ini lancar. Jangan lakukan 5 hal yang menghambat produktivitasmu ketika Ramadan. Apa saja itu? 

1. Malas-malasan dan motivasi lemah

5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika Ramadanpexels/karolina_grabowska

Siapa yang merasa masih malas-malasan nih? Mungkin merasa motivasinya masih lemah. Segera perbaiki yaa agar tidak termasuk golongan orang yang rugi. Bagaimana caranya?

Kamu bisa perbanyak istighfar, dengan beristighfar, Allah mengampuni dosa-dosa yang menjadikanmu menjadi malas. Selain itu, kamu bisa mencari lingkungan yang mengingatkanmu akan tepat waktu untuk beribadah. Terakhir, jangan lupa berdoa agar dijauhkan dari sifat malas dan di-istiqamah-kan motivasi untuk melaksanakan beribadah.

2. Tidak punya target ibadah

5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika RamadanPexels/Pok Rie

Salah satu faktor seseorang menjadi tidak produktif beribadah karena tidak adanya target ibadah. Kamu bisa mencoba membuatnya di buku catatan harian, seperti target tilawah harian, target salat sunah, target sedekah, dan lainnya. 

Evaluasi berkala setiap harinya. Jika diperlukan, boleh memberikan punishment jika belum berhasil dan berikan penghargaan apabila berhasil.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Pertama Ramadan 1442 H

3. Main HP secara berlebihan

5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika Ramadanpexels.com/Jan Kopřiva

Hp akan berdampak buruk jika tidak digunakan dengan baik. Sangat disayangkan bukan Ramadan kita menjadi terbuang sia-sia karena waktu kita lebih banyak bermain HP daripada digunakan untuk beribadah.

Oleh sebab itu, kamu bisa membatasi penggunaan HP. Batasi penggunaan media sosial yang tidak diperlukan dan sebisa mungkin bisa membatasi juga dalam bermain game.

4. Terlalu banyak tidur

5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika Ramadanpexels.com/Andrea Piacquadio

Tidur itu diperbolehkan sebagai sarana mengistirahatkan diri, tetapi tidak boleh berlebihan. Kamu bisa mencoba mengatur jadwal tidurmu. Misalkan tidak begadang agar paginya tidak mengantuk. Bisa juga qoilullah atau tidur sebentar ketika siang agar pada waktu sore dan malam tidak mengantuk, sehingga waktu tersebut bisa dimaksimalkan untuk beribadah.

5. Makan terlalu kenyang

5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika RamadanUnsplash.com/Sander Delhuisen

Makan ketika Ramadan bisa dilakukan saat sahur dan berbuka puasa. Makan terlalu kenyang dapat menyebabkan aktivitas bergerak menjadi berkurang hingga menjadikan tubuh cepat mengantuk. Maka, bisa dilakukan beberapa cara untuk mengantisipasi hal itu dengan makan proporsional atau 1/3 makan, 1/3 minum, dan 1/3 lagi untuk udara.

Ramadan bukan jadi alasan untuk bermalasan dan gak produktif, ya. Kamu hanya perlu untuk lebih selektif dalam memilih kegiatan yang benar-benar penting.

Baca Juga: Cara Memastikan Kesehatan Finansial sepanjang Puasa Ramadan

Mochammad Hasan Bhasri Photo Writer Mochammad Hasan Bhasri

Laki-laki biasa yang memimpikan surga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya