Comscore Tracker

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka Berfilsafat

Adakah orang di luar sana yang mirip denganmu?

Otak adalah karunia Tuhan yang luar biasa. Perkembangan zaman yang begitu pesatnya hingga sekarang, semua merupakan hasil pemikiran otak dan didukung dengan akal. Manusia akan selalu berusaha keras sepanjang hidupnya untuk mempertanyakan tentang segala hal, itulah yang disebut berfilsafat.

Biasanya diawali dengan sebuah pertanyaan sederhana sampai pertanyaan yang mendasar. Dalam proses mencari kebenaran yang menjadi tujuan akhirnya, manusia kerap menemui berbagai rintangan yang terletak di dalam pikirannya juga di luar pikirannya.

Apakah kamu termasuk orang yang suka memunculkan banyak pertanyaan dan hingga sekarang belum mampu menemukan jawabannya? Kenali 10 ciri berikut untuk kamu yang suka berfilsafat. 

1. Selalu mempertanyakan asal usul alam sekitarmu

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatPexels/eberhard grossgasteiger

Mengungkap rahasia alam semesta merupakan sebuah perbincangan yang tidak ada habisnya. Saat malam hari dan langit kondisinya cerah kamu akan mengamati bintang-bintang dan bulan. Kemudian bertanya apakah benar tidak ada kehidupan di luar sana selain manusia?

2. Kamu merasa sering menjumpai banyak hal yang berseberangan dengan logikamu

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatPexels/Startup Stock Photos

Ketika kamu melihat orang yang lalu lalang, perilaku mereka, dan cara berpenampilan mereka. Kamu akan bertanya jika manusia satu makhluk yang sama mengapa memiliki suatu hal yang kompleks yang melekat di setiap individunya?

3. Mengalami susah tidur karena otakmu gak berhenti berpikir tentang banyak hal

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatUnsplash/Matthew T Rader

Pernahkan kamu merasa kamu sebetulnya sangat ingin segera tidur tetapi kamu tidak berdaya menghentikan kerja otakmu yang terus berpikir? Memikirkan bagaimana kamu bisa ada di dunia ini? Apa yang terjadi besok setelah kamu bangun tidur? Bagaimana orang-orang zaman dahulu menemukan angka dan huruf? Dan masih banyak bentuk pertanyaan yang lain. Semua pertanyaan tersebut menunjukkan cara kamu bertanya telah serupa dengan berfilsafat.

4. Memandang satu keadaan dengan sudut pandang yang sangat jauh dan di luar kebanyakan orang

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatPexels/Gëzim Fazliu

Saat kamu melihat temanmu berdebat warna mana yang bagus di antara hitam dan putih, kamu memikirkannya dengan sudut pandang bagaimana jika hitam dan putih tidak pernah ada?

5. Kamu dinilai introvert oleh banyak orang padahal sesungguhnya kamu tidaklah seperti itu

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatUnsplash/whoislimos

Dikarenakan kamu selalu memiliki banyak pikiran yang terus bekerja di dalam otakmu, kamu akan lebih nyaman untuk menyendiri dan memikirkannya lebih dalam lagi. Lantas teman-temanmu menganggap kamu introvert dan tidak mudah bersosialisasi, padahal kamu hanya tidak menyukai bahasan mereka.

Jika kamu diberi kesempatan berdiskusi membahas suatu permasalahan yang kebetulan menarik perhatianmu, kamu akan menunjukkan dirimu sebenarnya yang aktif dan suka berpikir kritis.

Baca Juga: 5 Pandangan Negatif Masyarakat Terhadap Filsafat Ini Perlu Diluruskan

6. Kamu merasa dunia yang sekarang tidak berjalan sebagaimana mestinya

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatPexels/Riccardo Bresciani

Gedung-gedung pencakar langit, kemacetan kota, dan banyaknya polusi akan sesekali menjadi bahan untuk kamu pikirkan. Apa benar dunia yang sekarang telah berjalan sebagaimana mestinya? Kamu akan berpikir keras apakah tidak ada cara lain membangun pemukiman di saat populasi manusia semakin meningkat? Apa memang dari awalnya yang salah? Apa cara berpikirku yang salah?

7. Kamu merasa dirimu sangat haus akan ilmu

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatPexels/Element5 Digital

Semakin sering kamu mengamati lingkungan sekitarmu, perasaan kamu mengatakan aku bukanlah siapa-siapa dan tidak lebih hanya seorang yang sangat kekurangan ilmu. Karena banyak hal yang tidak mampu kamu kuasai dan kamu membutuhkan banyak belajar lagi. Maka kamu akan gemar untuk terus membaca berbagai buku untuk menambah wawasan kamu. Rasa haus ilmu itu akan selalu ada.

8. Kamu selalu tertarik untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarmu

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatPexels/Kaboompics .com

Masalah akan selalu menjadi tantangan untukmu. Sekaligus jika solusi yang kamu berikan diterima oleh orang banyak maka kamu berpikiran akan sejauh mana pemikiranku di setujui?

9. Kemampuan imajinasimu sangat kuat

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatUnsplash/Belinda Fewings

Kamu mampu mengimajinasikan apa yang terjadi di belahan bumi yang lain ketika kamu duduk sendiri dan merenung.

10. Menyukai cara pandang yang "gila" dalam setiap diskusi

10 Tanda Nyata Ternyata Kamu Suka BerfilsafatUnsplash/Icons8 Team

Orang-orang yang berpikiran "gila" akan disetujui oleh pikiranmu karna menurutmu mereka yang gila dalam pemikiran akan mampu merubah keadaan di setiap zamannya.

Dengan berfilsafat akan menumbuhkan kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam keseharianmu. Terus kembangkan potensi dirimu seluas-luasnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: 5 Pandangan Filsafat Stoicisme Ini Dijamin Bikin Hidupmu Adem Ayem

Mohamad Aby Gael Photo Writer Mohamad Aby Gael

I'm just ordinary, writing what crossed my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya