Comscore Tracker

5 Aktivitas Tak Terduga Ini Bikin Kamu Pintar selama PPKM di Rumah

#IDNTimesLife Jadi produktif dan sehat

Ayo ngaku, siapa yang sudah bosan di rumah? Katanya jadi kurang produktif lah, otak gak bisa jalan, lah  dan masih banyak lagi. Apalagi, kalau kamu orang yang tipenya extrovert. Mimpi buruk, ya!

Eits! Tapi tahu gak, kalau tinggal di rumah itu gak se-membosankan itu lho? Kali ini IDN Times akan berbagi 5 aktivitas yang gak hanya meningkatkan produktivitas kamu, tapi juga bikin kamu lebih pintar.

1. Refleksi diri di pagi hari

5 Aktivitas Tak Terduga Ini Bikin Kamu Pintar selama PPKM di RumahIlustrasi bermeditasi (pexels.com/Dương Nhân)

Banyak orang merasa waktu untuk 'take it slow' itu membuang waktu saja. Bayangkan dalam 15 menit, banyak yang bisa dilakukan daripada duduk rileks sejenak dan bicara dengan diri sendiri. Tapi nyatanya, kegiatan singkat ini bisa buat kamu lebih siap dan bersemangat memulai hari.

Lalu pintar darimana? Eits! Pintar itu bukan sekedar akademik saja, namun pintar mengatur emosi dan pikiran. Walaupun manfaatnya tidak secara langsung berdampak pada otak, berkat mengenal diri sendiri, kamu akan lebih termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal akademik maupun non-akademik.

2. Detox bermain handphone

5 Aktivitas Tak Terduga Ini Bikin Kamu Pintar selama PPKM di Rumahpexel.com/Karolina Grabowska

"Aduh! Gak main hp, bisa apa gue?"

Pertanyaan yang langsung muncul ketika kita diharuskan berjauhan dengan hp. Justru di sinilah kreativitas kita diuji. Seberapa bisanya kita menggunakan barang dan bahan yang ada di rumah untuk mengisi waktu kosong dan kebosanan kita. Contohnya seperti melukis, bermain catur, memecahkan puzzle atau bahkan berkreasi sendiri membuat permainan dengan saudara.

Salah satu tips yang bisa kamu coba adalah dengan menyimpan hp di tempat yang tidak dijangkau mata. Minta tolonglah kepada anggota keluarga untuk menyembunyikan hp-mu untuk sehari dan rasakan manfaatnya!

3. Berolahraga

5 Aktivitas Tak Terduga Ini Bikin Kamu Pintar selama PPKM di Rumahilustrasi yoga (pexels.com/Elina Fairytale)

Siapa yang gak tahu dengan aktivitas sejuta manfaat ini? Salah satunya meningkatkan kinerja otak, meningkatkan memori dan mencegah pikun dini. Berolahraga-lah di pagi hari 30 menit-1 jam sebelum beraktivitas. Otakmu akan lebih cepat menyerap informasi di hari itu.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Kabin Mobil Tetap Fresh Selama PPKM

4. Belajar bermain musik

5 Aktivitas Tak Terduga Ini Bikin Kamu Pintar selama PPKM di RumahIlustrasi bermain gitar (pexels.com/Kampus Production)

Tahukah kamu? Bermain alat musik dapat meningkatkan kinerja otak kiri dan kanan, contohnya seperti piano. Bayangkan bagaimana pemain harus menggunakan seluruh jari dari kedua tangan untuk memainkan tuts-tuts piano. Hal seperti itu perlu penyeimbangan otak kiri dan kanan, lho. Aktivitas ini mampu meningkatkan ingatan dan mencegah pikun dini.

Jadi, daripada alat musik di rumah disimpan di gudang, mulai saja dengan menonton tutorial di youtube. Kali aja ternyata kamu punya bakat terpendam di bidang musik.

5. Cari teman internasional lewat internet

5 Aktivitas Tak Terduga Ini Bikin Kamu Pintar selama PPKM di Rumahilustrasi video call (pexels.com/Artem Podrez)

Baik kamu yang introvert maupun extorvert, pergunakan waktu di rumah ini untuk mencari kenalan baru, ya. Beruntung kalau kamu bisa mendapatkan teman yang memiliki koneksi luas dan suka berbagi pengalaman tentang budaya negaranya denganmu. Hal itu tak hanya memperluas pengetahuanmu tentang suatu negara, tetapi juga melatih kemampuan berbahasa asing.

Dengan semua aktivitas diatas, dijamin deh, kamu akan keluar sebagai orang yang berawawasan luas dengan kreativitas tanpa batas. Stay save and healthy!

Baca Juga: 7 Tips Sukses dan Mujur Bisnis Frozen Food saat PPKM Darurat, Tokcer!

Punyanatania Photo Writer Punyanatania

Hanya seorang penulis yang sedang mengarungi dunia artikel ;)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya