Comscore Tracker

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala Lelah

Jangan lupa bahagia, kawan

Banyak orang yang sibuk mengejar kesuksesan demi mendapatkan sebuah kebahagiaan. Padahal untuk menjadi bahagia, tak melulu harus diukur dengan pencapaian. Justru dalam beberapa kasus, rintangan-rintangan yang dilalui demi mencapai kesuksesan itu sangat melelahkan hingga mengambil alih kebahagiaan menjadi bentuk kecemasan dan rasa takut berlebih tentang masa depan.

Untuk kamu yang sedang mengejar kesuksesan dan mulai lelah dengan hidup, mari istirahat sejenak dengan menengok 10 hal ini yang sebenarnya telah berhasil membuatmu bahagia dengan cara paling sederhana.

1. Mengganti sprei kasur

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Vladislav Muslakov

Kamu biasanya mencuci sprei kasur setiap berapa kali? Melepas sprei kasur yang sudah kotor lalu menggantinya dengan yang bersih sudah menjadi kebahagiaan yang amat sangat sederhana, lho.

Bau wangi dan kelembutannya bikin wajahmu sumringah ketika si sprei sudah terpasang rapi. Pengennya rebahan terus seharian menikmati sprei yang baru. Benar, kan?

2. Mengambil pesanan dari layanan pesan antar makanan

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Prudence Earl

Teknologi semakin berkembang. Layanan online semakin beragam dan salah satunya ada layanan pesan antar makanan. Untuk memesan makanan melalui layanan online, kamu hanya perlu menggunakan ponselmu, aplikasi layanan pesan antar, dan koneksi internet.

Sembari menunggu pesanan, kamu bisa menggunakan waktumu untuk bermalas-malasan atau beraktivitas ringan. Dan… lihat, kamu pasti merasa bahagia ketika sebuah pesan dari aplikasi layanan online tersebut mengabarkan bahwa makanan pesananmu hampir datang.

3. Mendapat kabar bahwa tidak ada kelas dalam kuliah

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Brooke Cagle

Salah satu hal yang paling membahagiakan bagi mahasiswa apalagi jika bukan mendapat kabar bahwa tidak ada kelas dalam kuliah karena dosen ada keperluan lain yang mendesak.

Selain sebuah kabar sederhana yang mengirim kebahagiaan, jam-jam kosong seperti ini bisa digunakan oleh mahasiswa untuk jalan-jalan ke mall, nonton film terbaru di bioskop, atau nongkrong di warung kopi bersama teman.

4. Berjumpa dengan akhir pekan

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Robert Bye

Setelah hari-hari disibukkan dengan sekolah, kuliah, atau pekerjaan, tentu waktu yang ditunggu adalah perjumpaan dengan akhir pekan tanpa tumpukan tugas. Bertemu dengan akhir pekan dan merencanakan hal-hal yang ingin dilakukan menjadi kebahagiaan tersendiri tentunya.

Kamu bisa memilih menghabiskan akhir pekan dengan me-time seperti menonton film di kamar, melakukan hobi maupun hal-hal yang kamu sukai. Kamu juga bisa memilih menemui teman-temanmu dan pergi liburan bersama atau sekedar berkumpul dan mengobrol.

5. Mendengar bel istirahat berbunyi di sekolah

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala Lelahdramabeans.com

Kebahagiaan anak sekolah identik dengan jam kosong, jam pulang sekolah, dan bel istirahat. Waktu istirahat menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu oleh para siswa. Ketika bel istirahat berbunyi, suara ricuh dalam kelas mulai terdengar.

Ada siswa yang berhambur keluar dan segera menuju kantin, ada yang langsung bergerombol dan bercerita apa saja, dan beberapa lainnya membuka bekal makanan dan menyantap bersama.

Buat kamu yang masih sekolah dan yang pernah sekolah, tidak bisa dipungkiri bukan bahwa mendengar bel istirahat berbunyi di sekolah menjadi salah satu hal yang mengundang kebahagiaanmu?

Baca Juga: Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindari

6. Bermain dengan kucing peliharaan

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Mel Elías

Kamu memiliki kucing peliharaan? Jika iya, kamu pasti meluangkan waktu untuk bermain dengan mereka. Bahkan jika kamu sedang dalam suasana hati yang buruk, kucing peliharaanmu bisa menjadi salah satu hiburanmu.

Kucing memiliki wajah lucu dan tingkah yang menggemaskan ketika kamu ajak bermain. Tanpa sadar, kelakuan si kucing bisa mengalirkan kebahagiaan ke dalam dirimu.

7. Bertemu dengan orangtua sepulang dari perantauan

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Jessica Rockowitz

Pertemuan dengan orang tua menjadi momen kebahagiaan yang sederhana tapi terasa mewah ketika kamu berada dalam perantauan. Menjadi seseorang yang merantau, kamu akan lebih menghargai waktu karena hanya pada saat kamu pulang kamu bisa bertemu dengan kedua orang tua.

Selain itu, rindu menjadi lebih tebal karena pertemuan tidak lagi terjadi setiap hari. Perasaan rindu yang mendalam ini akan berubah menjadi kebahagiaan setiap kali kamu memutuskan pulang dan bertemu orangtuamu.

8. Membicarakan hal yang sama-sama disukai bersama teman

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Helena Lopes

Terkadang ada beberapa hal yang sama-sama disukai antara kamu dan temanmu. Misalnya seperti film favorit, lagu favorit, drama yang sedang sama-sama ditonton, menyukai buku yang sama, atau makanan kesukaan. Pembicaraan semacam ini tanpa sadar bisa buat kamu bahagia lho karena ada teman ngobrol yang nyambung. Sederhana sekali, bukan?

9. Memiliki jam tidur setelah bekerja seharian

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Cristian Newman

Tugas sekolah atau kuliah sudah biasa jika menumpuk dan semuanya dikejar oleh deadline. Begitu pula pekerjaan yang terkadang mengharuskan kamu untuk lembur hingga malam. Pada saat-saat seperti itu, hal yang paling melegakan sekaligus memberi kebahagiaan adalah ketika kamu telah berhasil menyelesaikan pekerjaanmu dan masih ada sisa waktu yang bisa digunakan untuk tidur.

10. Mendengarkan lagu idola diputar di tempat umum

10 Hal Sederhana Bantu Kamu Bahagia Kala LelahUnsplash/Seth Doyle

Buat kamu yang mengidolakan penyanyi, tentu telinga kamu akan sangat peka jika tiba-tiba lagu dari idola kamu diputar di tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau kafe. Ketika telinga kamu menangkapnya, perasaan bahagia tentu akan muncul dan kamu mendengarkannya dengan penuh kekaguman padahal kamu sudah biasa mendengarkan lagu yang sama.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa membuatmu bahagia. Kehidupan memang melelahkan, maka dari itu kamu perlu sesekali beristirahat. Terus berproses tentu tak boleh dilewatkan. Tetapi jangan lupa untuk selalu menyisakan waktu untuk bahagia, sesederhana apapun itu.

Mufida Hana Photo Verified Writer Mufida Hana

Instagram/Twitter : @mufidafm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You