Comscore Tracker

5 Manfaat Utama Sujud dalam Salat, Obat Galau 

Bersujud juga memiliki dampak baik bagi kesehatan, lho

Salat merupakan ibadah utama dalam agama islam yang dikerjakan lima kali dalam sehari. Seluruh gerakan yang dilakukan dalam salat mengandung makna yang berbeda dari setiap gerakannya.

Salat dimulai dari takbiratul ihram hingga diakhiri dengan mengucapkan salam sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu gerakan saat salat adalah bersujud.

Tidak hanya mengandung nilai spiritual saja, ternyata sujud juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Yuk, simak 5 manfaat utama yang didapatkan oleh tubuh saat kita melakukan sujud dalam salat.

1. Meningkatkan perasaan bahagia 

5 Manfaat Utama Sujud dalam Salat, Obat Galau ilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sujud dalam salat merupakan bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT. Saat sujud, kita akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan saat jiwa kita sedang terhubung kepada sang pencipta.

Hal ini memudahkan kita untuk mengatasi perasaan galau yang diakibatkan oleh perkara yang bersifat duniawi.

2. Melancarkan aliran darah ke otak 

5 Manfaat Utama Sujud dalam Salat, Obat Galau ilustrasi orangtua sehat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat sujud, posisi jantung yang berada lebih tinggi dari otak akan menghasilkan aliran darah yang lebih baik. Saat aliran darah ke otak tercukupi, kita lebih mudah terhindar dari penyakit sakit kepala serta akan meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga: Tata Cara Salat Jenazah dan Doa Lengkap

3. Mengatasi insomnia 

5 Manfaat Utama Sujud dalam Salat, Obat Galau ilustrasi orang bangun tidur (pexels.com/Ron Lach)

Faktor utama penyebab insomnia adalah aliran darah dalam tubuh yang tidak lancar. Selain itu, stres juga ikut mempengaruhi seseorang mengalami kesulitan tidur.

Saat sujud, posisi jantung yang berada di atas otak membuat aliran darah lebih lancar serta menghasilkan perasaan tenang saat beribadah. Hal ini tenyata bisa membantu kamu mengatasi masalah insomnia saat malam hari.

4. Baik untuk pencernaan 

5 Manfaat Utama Sujud dalam Salat, Obat Galau ilustrasi orangtua sehat (pexels.com/SHVETS Production)

Saat sujud, posisi lutut yang ditekuk ternyata sangat baik untuk mengatasi kejang dan nyeri kram pada otot. Posisi tubuh kita yang menunduk saat bersujud, serta dahi yang menempel pada tanah, akan membuat pencernaan kita menjadi lebih lancar.

5. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan 

5 Manfaat Utama Sujud dalam Salat, Obat Galau ilustrasi wanita berhijab (pexels.com/Monstera)

Tentunya, bersujud kepada Tuhan akan semakin meningkatkan ketakwaan kita. Memuji kebesaran Tuhan serta meminta pertolongan darinya akan membuat kita semakin yakin bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk lemah yang senantiasa membutuhkan pertolongan-Nya dalam mengarungi kehidupan ini.

Nah, itu dia sederet manfaat lain dari salah satu gerakan salat, bersujud. Selain salah satu gerakan wajib, ternyata sujud juga baik untuk kesehatan tubuh kita, ya, para kolega umat muslim

Baca Juga: Tata Cara Sujud Syukur dan Doanya  

Muh. Ruslim Akbar Photo Writer Muh. Ruslim Akbar

Instagram @muhruslimakbar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya