Comscore Tracker

5 Alasan Generasi Muda Indonesia Kudu Lestarikan Bahasa Daerah

Sebab, bahasa daerah adalah identitas suatu bangsa

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai instrumen utama dalam berkomunikasi, bahasa juga menunjukkan identitas suatu bangsa yang menjadi ciri khasnya.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai kebudayaan lokal, termasuk keberagaman bahasa di setiap daerah. Walaupun bangsa Indonesia telah memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, bahasa daerah sebagai warisan budaya lokal harus tetap dilestarikan, terutama bagi para generasi muda sebagai pilar utama bangsa Indonesia saat ini.

Yuk, simak deretan alasan pentingnya peran generasi muda Indonesia dalam melestarikan bahasa daerah.

1. Sebagai identitas kedaerahan 

5 Alasan Generasi Muda Indonesia Kudu Lestarikan Bahasa Daerahilustrasi budaya Indonesia (pexels.com/Artem Beliaikin)

Saat menggunakan bahasa daerah, kita lebih mudah menunjukkan identitas diri kepada orang lain. Selain itu, identitas kedaerahan juga memberikan gambaran tentang karakter dan watak yang dimiliki oleh seseorang.

2. Meningkatkan rasa cinta tanah air 

5 Alasan Generasi Muda Indonesia Kudu Lestarikan Bahasa Daerahilustrasi perempuan Indonesia (pexels.com/Thor Garlan)

Keberagaman bahasa daerah merupakan salah satu bukti bahwa negara Indonesia memiliki segudang kekayaan dan warisan budaya lokal yang bahkan tidak dimiliki oleh negara manapun. Kesadaran akan hal ini menjadikan kita sepatutnya lebih cinta dan bangga terhadap tanah air kita, Indonesia.

3. Media pembelajaran 

5 Alasan Generasi Muda Indonesia Kudu Lestarikan Bahasa Daerahilustrasi di ruangan belajar (pexels.com/Pixabay)

Bahasa daerah merupakan bahasa yang eksklusif sehingga tidak semua orang dapat memahaminya dengan mudah. Maka dari itu, bahasa daerah dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Bahkan, bahasa daerah pun bisa sekeren bahasa asing dan bahasa Indonesia jika dipelajari secara tekun dan serius.

Baca Juga: 11 Kata Watak Manusia dalam Bahasa Sunda, Bahasa asli Urang Sunda

4. Media komunikasi 

5 Alasan Generasi Muda Indonesia Kudu Lestarikan Bahasa Daerahilustrasi sedang berdialog (pexels.com/Fauxels)

Penggunaan bahasa daerah sangat penting ketika kita ingin menjalin komunikasi dengan keluarga dan masyarakat yang memiliki latar belakang kedaerahan yang sama, sehingga tidak sulit menemukan bahan obrolan, serta lebih mempererat hubungan satu sama lain.

5. Ikut melestarikan kebudayaan daerah

5 Alasan Generasi Muda Indonesia Kudu Lestarikan Bahasa Daerahilustrasi budaya Indonesia (pexels.com/Renda Eko Riyadi)

Dengan memahami bahasa daerah, kita lebih mudah mempelajari berbagai ragam budaya daerah lainnya, misalnya saja tarian dan lagu, serta berbagai tradisi-tradisi unik yang mengandung unsur bahasa daerah di dalamnya.

Bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan dalam mempertahankan eksistensi kebudayaan lokalnya, termasuk bahasa daerah. Arus globalisasi yang kuat, turut mendorong masuknya berbagai kebudayaan asing ke negara kita. Hal ini, tentu saja menjadi tantangan besar bagi para generasi muda Indonesia dalam melestarikan bahasa daerah mereka.

Jadi, tidak ada salahnya untuk kita kembali bersama-sama belajar bahasa daerah, serta mengajarkannya kepada yang lain, agar bahasa ini tidak punah.

Baca Juga: 10 Ucapan Hari Sumpah Pemuda yang Bisa Kamu Gunakan

Muh. Ruslim Akbar Photo Writer Muh. Ruslim Akbar

Instagram @muhruslimakbar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya