5 Tips Mengatasi Barnum Effect dalam Pengambilan Keputusan Sehari-hari

Contohnya adalah terjebak dalam ramalan zodiak

Pernahkah kamu merasa tersentuh oleh ramalan zodiak atau tes kepribadian yang seolah-olah sangat memahami dirimu? Hati-hati, kamu mungkin sedang terjebak dalam Barnum Effect. Efek psikologis ini membuat kita mudah percaya dengan pernyataan umum dan samar yang bisa berlaku untuk siapa saja, seolah-olah dirancang khusus untuk kita.

Barnum Effect dapat memengaruhi pengambilan keputusan sehari-hari, lho. Misalnya, kamu jadi lebih mudah tergoda membeli produk yang "dibuat khusus" untuk kepribadianmu, atau mengikuti saran "ahli" yang sebenarnya omong kosong.

Tapi jangan khawatir. Ada beberapa tips jitu yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi Barnum Effect dan terhindar dari penipuan diri sendiri. Yuk, simak selengkapnya!

1. Tanyakan pertanyaan ini pada diri kamu

5 Tips Mengatasi Barnum Effect dalam Pengambilan Keputusan Sehari-hariilustrasi ramalan (pexels.com/Alina Vilchenko)

Setiap kali kamu menemukan informasi yang tampaknya menggambarkan kepribadian atau masa depan kamu, tanyakan pada diri kamu, "Apakah hal ini bisa diterapkan pada semua orang?". Pertanyaan ini membantu kamu untuk mengidentifikasi apakah informasi tersebut bersifat umum atau memang spesifik untuk kamu. Jika jawabannya adalah ya, kemungkinan besar itu adalah Barnum Effect.

Selain itu, pertimbangkan konteks di mana informasi itu diberikan. Apakah itu dalam situasi di mana seseorang mencoba meyakinkan kamu tentang sesuatu, seperti dalam astrologi atau ramalan? Jika demikian, ada kemungkinan besar bahwa apa yang kamu dengar atau baca adalah pernyataan umum yang dirancang untuk menarik perhatian banyak orang.

2. Apa yang tidak dikatakan?

5 Tips Mengatasi Barnum Effect dalam Pengambilan Keputusan Sehari-hariilustrasi ramalan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk mengatasi Barnum Effect, kamu perlu membaca setiap baris dan mendengarkan apa yang tidak dikatakan. Perhatikan detail yang mungkin tidak disebutkan yang bisa memberikan petunjuk lebih lanjut tentang keakuratan informasi tersebut.

Misalnya, jika seseorang memberikan deskripsi kepribadian yang sangat positif, tanyakan pada diri kamu apa yang mungkin mereka tinggalkan. Apakah ada aspek negatif atau tantangan yang tidak disebutkan yang juga penting untuk dipertimbangkan? Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan objektif.

Baca Juga: 5 Kiat Menghindari Contrast Effect dalam Pengembangan Karier

3. Pertimbangkan sumbernya

5 Tips Mengatasi Barnum Effect dalam Pengambilan Keputusan Sehari-hariilustrasi ramalan (pexels.com/RDNE Stock project)

Selalu pertimbangkan sumber dari informasi yang kamu terima. Apakah itu berasal dari sumber yang terpercaya atau hanya opini umum yang tidak spesifik? Informasi yang berasal dari sumber yang tidak dapat diandalkan sering kali bersifat umum dan dirancang untuk menarik perhatian sebanyak mungkin orang.

Kamu juga harus waspada terhadap konfirmasi bias, di mana kamu mungkin cenderung mencari informasi yang membenarkan keyakinan atau harapan kamu sendiri. Ini bisa membuat kamu lebih rentan terhadap Barnum Effect. Oleh karena itu, penting untuk secara kritis mengevaluasi sumber dan konten informasi yang kamu terima.

4. Verifikasi informasi

5 Tips Mengatasi Barnum Effect dalam Pengambilan Keputusan Sehari-hariilustrasi ramalan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jangan terburu-buru menerima informasi sebagai kebenaran. Lakukan pengecekan dan verifikasi untuk memastikan bahwa informasi tersebut akurat dan bukan hanya pernyataan umum. Ini bisa dilakukan dengan mencari informasi tambahan atau bukti yang mendukung klaim tersebut.

Selain itu, berdiskusi dengan orang lain tentang informasi yang kamu terima bisa membantu kamu mendapatkan perspektif yang berbeda dan mungkin mengungkapkan aspek-aspek yang belum kamu pertimbangkan sebelumnya.

5. Uji klaim dengan beberapa orang

5 Tips Mengatasi Barnum Effect dalam Pengambilan Keputusan Sehari-hariilustrasi ramalan (pexels.com/Anete Lusina)

Sebelum kamu menerima klaim apa pun, coba uji dengan beberapa orang untuk melihat apakah mereka juga merasa bahwa pernyataan tersebut berlaku untuk mereka. Ini adalah cara yang baik untuk menentukan apakah informasi tersebut bersifat umum atau spesifik.

Jika kebanyakan orang merasa bahwa pernyataan tersebut berlaku untuk mereka juga, maka itu adalah indikasi kuat bahwa kamu sedang menghadapi Barnum Effect. Dengan demikian, kamu harus lebih skeptis terhadap klaim tersebut dan tidak membiarkannya mempengaruhi keputusan kamu secara signifikan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menjadi individu yang lebih cerdas dan bijaksana dalam menghadapi informasi. Ingat, kamu memiliki kendali atas pikiran dan pengambilan keputusanmu. Jangan biarkan Barnum Effect memanipulasi dan menjerumuskanmu ke dalam penipuan diri sendiri. Selamat mencoba!

 

Baca Juga: 5 Fakta Hard-easy Effect, Fenomena yang Mengubah Cara Kamu Berpikir

Muhamad Aldifa Photo Verified Writer Muhamad Aldifa

Menulis di saat senggang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya