Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampus

Daripada kamu rebahan, mending ikut kegiatan sosial

Ketika memasuki dunia perkuliahan, kamu yang sudah menjadi mahasiswa pastinya menyadari bahwa ternyata ada banyak kegiatan di luar kampus. Salah satu yang bisa kamu ikuti adalah kegiatan sosial yang biasa diadakan oleh komunitas, organisasi, maupun birokrat kampusmu sendiri.

Ada banyak jenis kegiatan sosial yang bisa kamu coba, seperti membagikan sembako murah, memberikan pengajaran kepada anak-anak, membersihkan lingkungan, atau bahkan kamu juga bisa membantu korban bencana alam. Buat yang belum pernah ikut, ini lima alasan mengapa perlu coba kegiatan sosial di kampusmu.

1. Melatih kepekaan sosialmu terhadap masyarakat 

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampusilustrasi kegiatan sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebagai mahasiswa, memang sudah menjadi salah satu peranmu untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. Satu contoh sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan memabantu orang lain yang ada di sekitarmu melalui kegiatan sosial.

Kamu bisa lebih peka dan sadar terhadap berbagai kejadian dan persoalan yang ada di masyarakat. Melalui kegiatan sosial, pastinya kamu akan belajar memahami kondisi mereka yang sedang mengalami kesulitan. Dengan begitu, kamu akan merasa simpati dan tentu ingin menolongnya.

2. Kamu bisa berkenalan dengan teman dari lintas jurusan mauapun fakultas 

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampusilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Fauxels)

Beberapa kegiatan sosial yang ada di kampus biasanya melibatkan banyak mahasiswa. Hal ini bisa menjadi kesempatanmu untuk menambah relasi. Nantinya kamu akan bertemu dengan berbagai mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas yang juga menjadi relawan sepertimu.

Kamu dapat mencoba berkenalan dan berteman dengan mereka. Dengan begitu lingkup pertemananmu pun menjadi lebih luas lagi. Jadi sembari membantu orang lain, ternyata melalui kegiatan sosial kamu bisa menambah teman juga.

Baca Juga: 5 Kegiatan Volunteer Ini Latih Jiwa Sosialmu, Mau Coba?

3. Bantuanmu sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampusilustrasi anak-anak di pengungsian (pexels.com/Tehmasip Khan)

Sesuai namanya, tujuan dari kegiatan sosial adalah agar dapat membantu banyak orang. Misalnyam kegiatan sosial membantu korban bencana alam. Setelah mengalami musibah tentunya mereka perlu uluran bantuan dari orang lain agar bisa bangkit kembali.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan seperti pemberian dalam bentuk uang, pakaian, maupun tenaga yang kamu keluarkan. Sekecil apa pun bantuanmu akan sangat membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan.

4. Kamu juga dapat mengasah kemampuanmu 

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampusilustrasi mengajar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ternyata kegiatan sosial yang kamu ikuti gak hanya bermanfaat bagi mereka yang kamu bantu, lho. Kamu juga mendapatkan banyak kesempatan untuk melatih kemampuanmu dalam berbicara dan berinteraksi dengan orang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya.

Misalnya saja jika kamu mengikuti kegiatan mengajar anak-anak di rumah singgah. Kamu gak hanya membantu mereka agar lebih pintar, tapi juga akan terlatih untuk bisa berbicara dan mengedukasi. Kemampuan public speaking pun akan terasah dengan sendirinya. Ternyata kegiatan sosial juga sangat bermanfaat bagimu, bukan?

5. Mengisi waktu luangmu dengan kegiatan yang bermanfaat 

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampusilustrasi volunteer (pexels.com/Thirdman)

Sebagian mahasiswa yang belum memiliki kesibukkan di luar perkuliahan seperti bekerja, mengajar, atau lainnya. Pastinya kamu masih memiliki banyak waktu kosong di luar kelas yang bisa kamu manfaatkan.

Dibanding hanya rebahan dan main gadgetmu. Mengikuti kegiatan sosial bisa menjadi hal yang menarik dan menyenangkan bagimu. Kegiatan ini bukan hanya mengisi waktu luangmu, namun kamu juga bisa membantu banyak orang.

Terlebih, perkuliahan masih dilakukan secara daring. Dibanding di rumah saja, kamu bisa keluar rumah dan membantu banyak orang lain dengan usahamu sendiri. Banyak hal baru yang nantinya kamu temui dan yang pasti menambah pengalamanmu. Jadi, apakah kamu penasaran dan mau mencoba kegiatan sosial di kampusmu?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan jika Ikut Kegiatan Kepanitiaan di Kampus

Muhamad Suharjo Photo Writer Muhamad Suharjo

Hallo, selamat datang dan selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya