8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa pun

Ikhlas itu, sesak di awal, membahagiakan di akhir

Sebuah kata yang mudah diucapkan, tapi sangat susah dilakukan, apalagi kalau bukan yang namanya ikhlas. Bener gak? Apalagi yang namanya manusia, dikit-dikit gampang banget niatnya berubah.

Ya, yang namanya hidup pasti memang keras. Terkadang kebaikan itu tak akan pernah disebut dan kesalahan akan selalu diungkap-ungkapkan. Mungkin, hal itulah yang mendasari susahnya meniatkan sesuatu yang benar-benar ikhlas, karena pasti saja selalu berharap yang namanya imbalan.

Walaupun demikian, jangan sampai dijadikan alasan untuk tak pernah belajar yang namanya ikhlas ya. Memangnya kenapa sih kita perlu ikhlas? Mau tahu alasannya? Yuk kita bahas satu per satu!

1. Menjadi orang yang tulus

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/pixabay

Jika kamu belajar ikhlas dari sekarang, maka kamu sudah belajar menjadi orang yang tulus sekaligus. Karena antara ikhlas dan tulus itu beda tipis. Ketika kamu ingin ikhlas melakukan sesuatu, kamu juga dituntut untuk tulus melakukan itu, gak akan pernah berbanding terbalik.

Bagaikan beningnya air yang terdapat di dalam sebuah gelas tanpa campuran apapun dan rela untuk diteguk oleh siapapun.

2. Selalu belajar untuk bersyukur

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punpexels.com/@hiteshchoudhary

Ikhlas merupakan salah satu cara kita sebagai seorang hamba untuk bersyukur atas apapun yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Karena dengan ikhlas artinya kita percaya bahwa apa yang diberikan tuhan itulah pemberian yang terbaik, dan tugas kita hanyalah terus bekerja keras menjalani hidup tanpa mengeluh apapun kepada-Nya.

3. Ikhlas merupakan sumber kekuatan

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/@brucemars

Dengan hati yang ikhlas, tentu akan menjadi sumber kekuatan yang mendorong kita untuk bergerak dan melakukan pekerjaan itu dengan sungguh-sungguh, karena tidak mengharapkan imbalan apapun. Sehingga ujung-ujungnya pun akan menghasilkan hasil yang sempurna dan maksimal.

4. Membuat kita menjadi percaya diri!

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/pixabay

Tanpa hati yang ikhlas, pekerjaan yang kita lakukan pasti berdasarkan atas apa yang akan kita dapatkan. Berbeda jika sebaliknya, jika pekerjaan yang kita lakukan berdasarkan hati ikhlas, tentunya akan membuat kita makin percaya diri. Sebab, kita bekerja karena kemauan sendiri dan bukan karena paksaan dari orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Hati Ikhlas Mengarungi Dinamika Hidup

5. Tidak terpengaruh dengan perkataan orang lain

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/@kripeshadwani

Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak terpengaruh oleh perkataan orang lain, seperti pujian maupun celaan. Karena ketika dipuji, haruslah kita untuk rendah diri. Ketika dicela, maka kita harus sadar bahwa itu adalah ujian.

6. Melatih kesabaran

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/@luisquintero

Rasa ikhlas juga dapat membuat kita menjadi orang yang sabar dalam menghadapi tantangan apapun. Apalagi jika impian yang kamu idam-idamkan merupakan cita-cita yang luar biasa besarnya, maka semakin luar biasa pula tantangan yang kamu hadapi, dan rasa ikhlas menjadi senjata ampuh menghadapi tantangan-tantangan itu.

7. Menjadi lebih rendah hati

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/@jhonismartins

Ketika kita sedang melakukan sesuatu, ikhlas dapat mendorong kita untuk gak pamer dalam melakukan amal kebaikan, istilah kasarnya sih "gak sombong". Karena orang yang benar-benar jujur dalam keikhlasannya pasti lebih senang menyembunyikan kebaikannya sebagaimana ia menyembunyikan kejelekannya sendiri.

8. Hidup bahagia

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ikhlas Melakukan Apa punPexels.com/pixabay

Nah, ikhlas juga ampuh untuk memandu gaya hidupmu lho! Karena dengan ikhlas, hidup akan menjadi tentram karena terbebas dari rasa pamrih dan riya. Sangat pas bagi kamu yang suka gengsi-gengsian, akhirnya kondisi finansial makin terpuruk. Jadi, belajarlah ikhlas yang sejujur-jujurnya dan hidup sesuai kemampuanmu ya!

Walaupun, ikhlas memang bukanlah perkara yang gampang untuk dilakukan sehari-hari. Sebagaimana kisah antara gula dan kopi diatas. Namun, tidak ada salahnya untuk terus belajar dan mencobanya, bukan?

Baca Juga: 5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan Sesuatu

Muhammad Afif Photo Community Writer Muhammad Afif

Penulis (abal-abal), fotografer (ecek-ecek), dan (sok) perfeksionis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You