Comscore Tracker

Hindari Ini, 5 Mindset yang Selalu Membuatmu Mudah Menyerah

Kebanyakan manusia menginginkan hasil yang instan

Dalam mengerjakan sesuatu, pasti kita pernah menyerah, atau setidaknya pernah berpikir untuk menyerah. Menyerah adalah hal yang kita lakukan setelah lelah atau setelah gagal mengerjakan sesuatu. 

Tapi ternyata, menyerah juga berkaitan dengan mindset yang ada di dalam otak kita. Untuk menghindari kata menyerah dalam otak kita, berikut ini adalah lima mindset yang selalu membuatmu mudah menyerah.

1. Kegagalan menentukan nasib

Hindari Ini, 5 Mindset yang Selalu Membuatmu Mudah Menyerahilustrasi nasib (pexels.com/Alina Vilchenko)

Jika kita berbicara tentang seseorang yang menyerah, tentu kita tak akan luput dari kegagalan. Karena sering kita menemui orang yang menyerah karena mereka gagal dalam mengerjakan sesuatu. 

Kebanyakan orang melihat masa depan dari sebuah kegagalan. Walaupun dia hanya gagal sekali, orang-orang akan berpikir bahwa dia tidak memiliki masa depan yang bagus. Padahal, kebanyakan orang hebat pernah mengalami kegagalan, bahkan lebih banyak daripada dia sendiri. 

2. Menginginkan hasil yang cepat

Hindari Ini, 5 Mindset yang Selalu Membuatmu Mudah Menyerahilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal yang membuat kita menyerah lagi adalah kelelahan. Karena kita lelah, kita berhenti. Kita menyerah untuk menjemput mimpi kita. Padahal, semua orang sukses itu perlu membutuhkan proses yang panjang. 

Tetapi, kebanyakan manusia selalu menginginkan hasil yang cepat. 

Baca Juga: 5 Cara anti Takut Gagal Coba Hal Baru, Miliki Support System

3. Kegagalan adalah hal yang buruk

Hindari Ini, 5 Mindset yang Selalu Membuatmu Mudah Menyerahilustrasi gagal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagian orang, menilai kegagalan adalah hal yang buruk. Kegagalan adalah musibah terbesar, dan perlu kamu ketahui. Orang yang berpikir seperti itu kebanyakan adalah orang yang belum pernah berusaha. 

Ya atau tidaknya orang gagal sebenarnya ditentukan oleh usahanya. Jika kamu telah berusaha, kamu bukan orang yang gagal. Kamu adalah orang yang belum berhasil, dan kamu jauh lebih baik daripada orang yang tidak pernah mencoba atau berusaha. 

4. Sekali gagal, akan gagal selamanya

Hindari Ini, 5 Mindset yang Selalu Membuatmu Mudah Menyerahilustrasi terbebani (pexels.com/Monstera)

Kegagalan mungkin untuk sebagian orang adalah hal yang sangat buruk dalam hidupnya. Mereka tidak menginginkan kegagalan. Ketika mereka gagal dalam suatu hal, mereka mengatakan diri mereka adalah orang yang gagal. 

Bukan orang yang belum berhasil dalam suatu hal. Dengan mengecap diri sebagai orang gagal. Mereka mulai takut untuk mencoba sesuatu. 

5. Kemampuan yang tidak bisa berkembang

Hindari Ini, 5 Mindset yang Selalu Membuatmu Mudah Menyerahilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Hal yang membuat kita mudah menyerah adalah pemikiran bahwa kemampuan kita tetap. Kita tidak bisa berkembang dalam suatu bidang. Contohnya saja matematika, kebanyakan orang menganggap diri mereka adalah orang yang bodoh dalam matematika. 

Padahal sebenarnya, mereka belum pernah sekalipun berusaha untuk belajar matematika. 

Cobalah untuk menghindari setidaknya satu dari lima mindset di atas. Kamu juga bisa mencari support system di lingkungan sekitarmu. Jika kamu tidak ingin menjadi orang yang gagal, sudah tahu kan apa yang tidak harus kamu lakukan?

Baca Juga: 10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!

Muhammad alvian Photo Verified Writer Muhammad alvian

Hanya manusia yang juga mencintai manusia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya