Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Tegar Saat Kehilangan Orang yang Disayang

Kamu harus jauh lebih kuat

Banyak orang seringkali merasakan kepahitan, kesedihan hingga ketidakberdayaan ketika harus kehilangan orang yang ia sayang. Siapa pun itu, bisa orangtua, kekasih, sahabat, guru, hingga penjual mi ayam pun. Ketika kita memiliki rasa sayang terhadap mereka, rasanya sulit sekali jika mereka harus hilang dari hidup kita.

Silakan menangis, tapi ingat jangan tenggelam dalam kesedihan terlalu lama. Kehilangan orang yang disayang memang selalu menyedihkan. Tapi jangan pernah lupa untuk tetap tegar. Beberapa alasan di bawah ini harus kamu resapi mengapa tegar itu perlu saat kita harus kehilangan orang yang disayang.

1. Pertanda bahwa kamu bisa berdamai dengan kenyataan

5 Alasan Kamu Harus Tegar Saat Kehilangan Orang yang Disayangunsplash/authorkylebearden

Dengan tegarnya dirimu ketika harus kehilangan orang yang disayang. Itu membuktikan bahwa kamu bisa berdamai dengan kenyataan. Tegarnya dirimu penting membuatmu berpijak pada kenyataan bahwa hidup harus terus berlanjut. Tidak ada gunanya menangisi dan sedih terus menerus ketika pada akhirnya kita tahu bahwa kehilangan orang yang disayang adalah kenyataan yang tidak bisa diubah. Berdamailah dengan kenyataan dan lanjutkan hidup.

2. Membuatmu mengerti bahwa bahagia itu tidak abadi

5 Alasan Kamu Harus Tegar Saat Kehilangan Orang yang Disayangunsplash/felixrstg

Yakinlah tidak ada yang abadi di dunia ini. Hidup, penderitaan, hingga kebahagian, tidak ada keabadian di dalamnya. Ketika orang-orang yang kamu sayangi menghilang dan pergi, satu yang kamu harus tahu bahwa kamu harus tegar dan dengan tegar kamu akan sadar bahwa ternyata bahagia itu tidak ada yang abadi.

Kenangan indah dengan orang yang paling kamu sayang memang akan menamparmu dengan keras saat kamu harus kehilangannya. Tapi tamparan itu juga akan menyadarkanmu bahwa sekali lagi, bahagia itu tidak ada yang abadi.

3. Menjadi pribadi yang lebih kuat

5 Alasan Kamu Harus Tegar Saat Kehilangan Orang yang Disayangunsplash/camilleralston

Tidak ada perjalanan hidup manusia yang tidak ada ujiannya. Selalu ada jalan bergelombang dan berkerikil. Salah satu ujiannya yaitu ketika kamu harus kehilangan orang yang disayang. Ujian tersebut pastilah menyakitkan. Tapi itu sangat diperlukan untuk dirimu. Ujian yang akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat lagi.

Sebuah ujiannya yang akan membuatmu paham bahwa sedih saja tidak cukup saat harus kehilangan orang yang disayang. Tapi ada sebuah sikap bernama tegar yang harus terus dipupuk untuk bisa terus menjalani ujian tersebut.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!

4. Menjadi pengingat bahwa kehilangan tidak melulu tentang kesedihan tapi ada proses pembelajaran di dalamnya

5 Alasan Kamu Harus Tegar Saat Kehilangan Orang yang Disayangpixabay.com/ alfcermed

Tegarnya dirimu ketika kehilangan orang yang disayang sedikit demi sedikit akan membuka berbagai titik buta yang jarang kamu sadari. Kamu akan belajar banyak tentang arti kehilangan, rasa sayang, bagaimana bersikap tegar hingga bagaimana cara terus melanjutkan hidup saat hati sedang hancur kehilangan orang yang disayang. Banyaknya pelajaran saat kamu bersikap tegar pastinya sangat bermanfaat untuk emosional dan psikismu.

5. Terlatih untuk ikhlas atas apa yang telah ditakdirkan Tuhan

5 Alasan Kamu Harus Tegar Saat Kehilangan Orang yang Disayangbustle.com

Sikap tegar saat kehilangan orang yang disayang sama dengan berlatih untuk ikhlas terhadap ketetapan Tuhan. Ikhlas adalah soal bagaimana kamu menghargai takdir yang telah Tuhan berikan. Tegar dan ikhlas adalah kombinasi penting bahwa walau telah kehilangan orang yang disayang, kamu tidak kehilangan jati dirimu. Teruslah bahagia dan lanjutkan hidup.

Kehilangan orang yang disayang jangan sampai membuatmu hancur dan tidak bisa bangkit lagi. Sebaliknya kamu harus sadar bahwa di titik tersebut kamu harus jauh lebih kuat.

Baca Juga: Kehilangan Jati Diri setelah Putus Cinta? Coba 5 Hal Ini Agar Bangkit!

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya